Kamis, 19 Jul 2018 22:47
  • Home
  • Ekonomi
  • Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Minggu, 17 Jun 2018 21:57
Maulana Syafii
Pelaku usaha cetak foto pengunjung di Kebun Binatang Gunung Tua, Paluta.
Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

Lumayan banyak juga pengunjung di lokasi wisata kebun binatang yang dikelola pihak swasta yang minta dicetakkan fotonya, sekedar sebagai kenangan pribadi mereka pernah berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Dedi Harahap, salah satunya pelaku bisnis cetak foto kepada wartawan, Minggu (17/06/2018) menyebutkan, dalam sehari ia mendapatkan pesanan cetak foto sebanyak 20-30 lembar ukuran 10 inci. "Untuk ukuran 10 inci cetak foto pengunjung kita hargai sebesar Rp 20.000 perlembarnya. Dalam sehari bisa dicetak sebanyak 20-30 lembar foto pengunjung ukuran 10 inci. Lumayanlah bang (wartawan-red) untuk ngisi waktu libur lebaran," ujarnya.

Untuk sewa tempatnya usaha tersebut, tambahnya, tidak dipatok besaran biaya sewa tempat, soalnya pemilik lokasi wisata kebun binatang masih terbilang memiliki hubungan keluarga dengannya. "Namanya juga pemilik kebun binatang ini keluarga kita, ya biaya sewa tempatnya tidak dipatok harganya. Tapi, setidaknya nanti kami bayarkan sekedar uang listriknya, bang," terangnya.

Disebutkannya, selama tiga hari terakhir libur lebaran, jumlah pengunjung yang datang ke lokasi wisata itu cukup membludak hingga mencapai angka ribuan pengunjung.

Usaha bisnis cetak foto pengunjung di kebun binatang ini, dilakoninya hanya musiman saja, yakni pada saat musim liburan seperti momen lebaran. "Kalau hari biasanya, saya buka usaha foto copi di Kota Gunung Tua, bang," katanya.
Editor: Adjie

T#g:ekonomifotoUMKM
Berita Terkait
  • Senin, 28 Mei 2018 04:28

    Sukses, Bermodal Bangkai Tikus

    "Cukup dengan memungut bangkai tikus ini, siapapun dengan kecerdikan, memiliki kemungkinan untuk memulai usahanya dan menghidupi seorang istri." Demikian suatu saat diungkapkan Cullakasehi, seora

  • Kamis, 24 Mei 2018 11:24

    Optimisme Tebing Tinggi Menjadi Kota Jasa Dan Pelayanan

    Tebing Tinggi salah satu kota di Sumatera Utara yang memiliki perjalanan sejarah yang panjang dalam perkembangannya. Perjalanan kota yang dikenal dengan julukan si Kota Lemang untuk lebih dikenal di t

  • Selasa, 22 Mei 2018 16:22

    Sihar: Mahasiswa Harus Kreatif, Bantu Pemerintah

    Enterpreneur sukses, Sihar Sitorus menilai peran penting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa dikesampingkan begitu saja. UMKM inilah yang menjadi salah satu tonggak dasar perekonomian nasional.

  • Selasa, 22 Mei 2018 03:22

    Kondisi Ekonomi Indonesia di Tahun 2018

    Tahun 2018 merupakan tahun baru bagi semua orang di dunia, tentu saja di tahun ini banyak harapan baru untuk banyak orang dalam berbagai bidang. Kondisi ekonomi merupakan salah satu harapan yang paling banyak dicari.

  • Jumat, 11 Mei 2018 14:01

    Djarot Bertekad Memajukan Usaha Kecil Di Sumut

    Cagubsu Djarot Saiful Hidayat hadir dalam acara Rakorwil I dan Pelantikan Pengurus DPW Akurindo (Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia) Sumatera Utara, di Convention Le Polonia Hotel, Medan, Jumat (11/5/2018).

  • Minggu, 06 Mei 2018 02:36

    Manfaat Kunjungan PM China, Secara Ekonomi dan Politik

    Indonesia akan kedatangan Perdana Menteri China Li Keqiang yang dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada 6-8 Mei 2018.  Lawatan ini menurut Kementerian China merupakan undangan Presiden Jo

  • Jumat, 04 Mei 2018 19:14

    Sihar Sitorus: Ekonomi berkeadilan harus berproses dari hulu ke hilir

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mendorong penataan ekonomi dari hulu. Ini dilakukan agar dapat terwujudnya ekonomi berkeadilan dengan melibatkan berbagai pihak.

  • Jumat, 27 Apr 2018 20:37

    Solusi dari Sihar Menghadapi Bonus Demografi di Sumut

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus terkesan saat diajukan pertanyaan soal bonus demografi, serta langkah apa yang dilakukannya bila diposisikan sebagai pengambil kebijakan.Pertanyaan tersebut dilont

  • Senin, 23 Apr 2018 19:53

    Merajut Benang Menguntai Kebersamaan

    Matahari bersinar cukup terang, pancarkan cahaya mengantarkan panas. Namun perempuan bernama Patricia Boru Siahaan itu tidak menghiraukannya. Dia melangkah menapaki jejak di Jalan Syahbandar, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimon, Senin (23/4/2018).

  • Jumat, 20 Apr 2018 16:20

    Peran Pemerintah Dorong Kebangkitan UMKM

    Dari tahun ke tahun, jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia terus menerus meningkat. Hal ini didapatkan dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang ada di tahu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak