Jumat, 20 Jul 2018 19:30

Gubernur: Kenaikan Harga Masih Wajar

Stok Bahan Pokok Cukup Selama Ramadhan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Kamis, 17 Mei 2018 04:07
Humas Pemprov Sumut
Gubernur didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw melakukan sidak ketersediaan pangan, Rabu (16/5).
Menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengunjungi lokasi pasar tradisional dan modern di Kota Medan, Rabu (16/5/2018). 

Dari pantauan harga di pasar, untuk bahan pokok kenaikan harganya dinilai masih dalam batas kewajaran antara 5 sampai 10 persen.

Dalam inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Petisah dan satu pasar modern di Kota Medan, Gubsu Erry Nuradi hadir bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut Arief Budi Santoso dan perwakilan Bulog. Turut mendampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Alwin Sitorus, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Dahler Lubis, Kepala Biro Perekonomian Ernita Bangun, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas Sitorus dan Kabag Humas Indah Dwi Kumala.

"Kami bersama ingin melihat dan mengecek harga-harga menjelang Ramadhan. Kita tahu besok (Kamis, 17/5) itu sudah masuk bulan puasa. Tentu sebagai umat Islam, yang diperlukan adalah stok bahan pokok, itu harus dipersiapkan," ujar Gubsu usai berkeliling di areal pasar tradisional, meninjau kondisi pedagang dan harga bahan pokok.

Disampaikan Erry, bahwa dalam hal stok kebutuhan bahan pangan, tidak ditemukan masalah berdasarkan penjelasan pedagang di pasar tradisional. Contohnya, bawang merah, daging ayam dan daging sapi, mengalami kenaikan hanya berkisar antara 5-10 persen.

"Saya kira ini hal biasa, karena dalam hukum ekonomi bila kebutuhan meningkat sementara suplaynya tetap, maka akan ada kenaikan harga, yang penting tentunya stabilitas kenaikan harga ini dapat kita jaga. Jangan sampai terjadi kenaikan yang sangat luar biasa. Jadi kalau naiknya masih 5-10 persen masih wajar," katanya.

Dengan kenaikan yang sifatnya temporer ini, Gubsu meyakini harga kebutuhan pokok akan kembali turun setelah Ramadhan dan Idul Fitri selesai. Namun untuk itu, pihaknya bersama Polda Sumut mempersiapkan mekanisme. Pertama melihat sisi produksi, jika tidak ada masalah, maka harga biasanya tidak akan bergejolak.

"Kalau di produksi tidak ada masalah seperti sayuran dan kebutuhan pokok lain, kemudian terjadi gejolak harga di masyarakat, berarti ada masalah di distribusinya. Dari sektor ini nanti ada tim Satgas Pangan. Itu kan untuk melihat, jangan sampai ada spekulan," sebutnya.

Jika spekulan yang ditemukan, akan ditindak tegas secara pidana. Karena itu Pemprovsu bersama Polda Sumut meminta agar distributor tidak melakukan spekulasi dan menimbun barang-barang. Begitu juga mekanisme lain, guna memastikan harga tidak naik, atau kenaikan masih dalam tahap wajar.

"Tadi ada juga mekanisme lain, apabila harga naik, dilakukan operasi pasar. Tadi saya menyampaikan pada pedagang dan pembeli, harga masih relative stabil. Bahkan Bulog siap mendistribusikan bahan pangan seperti daging beku yang bisa dipasok Rp80 ribu/kg," jelas Gubsu.

Sementara di pasar modern, Erry juga melihat perbedaan harga bahan pokok dibandingkan di pasar tradisional tidak begitu signifikan. Harga jual yang lebih mahal diakui karena kemasan, sehingga perbedaan bisa mencapai 10 persen.

"Yang terpenting bagi kita adalah ketersediaan stok. Jangan sampai pada saat Ramadhan dan Hari Raya, stok kita bermasalah. Jadi kalau kita lihat sekarang masih stabil," jelasnya.

Senada dengan itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemprovsu yang tergabung dalam tim Satgas Pangan, akan berkoordinasi setiap hari untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pokok. 

Bersama Gubsu, dirinya mengakui kondisi di lapangan sama dengan laporan yang disampaikan kepada mereka. "Untuk distribusi juga diakui pedagang, lancar. Bagi kami itu sudah cukup menjaga stabilitas keadaan pangan kita di Sumut," pungkasnya.

Editor: Erickson

T#g:ramadhanSembako
Berita Terkait
  • Selasa, 26 Jun 2018 20:46

    Syamsul Arifin Bantah Bagi-bagi Sembako Salah Satu Paslon

    Terkait acara bagi-bagi sembako di Jalan Puri, Kelurahan Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Selasa (26/6/2018) sore, membuat Mantan Gubernur Sumut angkat bicara. Tokoh Melayu itu menyayangkan adanya

  • Rabu, 13 Jun 2018 10:23

    Satgas Yonif 121/MK Jalin Silahturahmi Keagamaan Dengan Masyarakat

    Bagi umat Islam, bulan Ramadhan memberi banyak berkah dan sangat istimewa. Pertama, tentu karena ada ibadah puasa yang menjadikan muslim dapat membina dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat

  • Jumat, 08 Jun 2018 08:08

    Ramadhan Asah Integritas Dan Keadilan Sosial

    Selain belajar mengendalikan diri, berpuasa pada bulan Ramadhan juga banyak mengajarkan kita nilai-nilai moral dan kebaikan. Mengasah integritas dan keadilan sosial merupakan dua diantara nilai moral

  • Rabu, 06 Jun 2018 14:06

    Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Stabil di Langkat

    Ada yang berbeda pada bulan puasa tahun ini. Biasanya menjelang puasa dan lebaran, harga sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan. Ketersediaan bahan pangan kerap kali juga sulit didapatkan. Padahal ba

  • Senin, 04 Jun 2018 15:54

    Jelang Idulfitri, Harga Sembako di Palas Cenderung Stabil

    Menjelang H-11 perayaan hari raya Idulfitri 1439 hijriyah, kondisi dan keadaan harga sembako dan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) masih cenderung

  • Selasa, 29 Mei 2018 08:29

    Ramadhan Ajang Meningkatkan Persatuan Nasional

    Bulan Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ramadhan yang tahun ini mulai dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2018, menjadi momentum

  • Rabu, 23 Mei 2018 09:23

    Pemkab Palas Safari Ramadhan ke Kecamatan Sosa

    Dalam rangka meningkatkan hubungan silaturrahim dengan warga masyarakat di Kecamatan Sosa, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) laksanakan kegiatan Safari Ramadhan 1439 hijriyah, dalam ben

  • Selasa, 15 Mei 2018 00:15

    Sambut Ramadhan 1439 H, Prajurit dan PNS Mabes TNI Ikuti Ceramah Rohani

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. bersama segenap Prajurit dan PNS Mabes TNI serta Ibu-ibu Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI Pragati Wira Anggini (IKKT PWA)

  • Selasa, 19 Des 2017 16:19

    Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako Merangkak Naik

    Menjelang Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat di Lubuk Pakam Deli Serdang sekitarnya mulai merangkak naik.

  • Jumat, 15 Des 2017 20:35

    Dandim 0824 Dukung Stabilisasi Harga Pasar

    Mendekati momentum hari raya dan hari besar tertentu kondisi pasar terhadap harga sembilan bahan pokok (Sembako) utamanya selalu mengalami perubahan yang fluktuatif.Hal tersebut dikarenakan kebutuhan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak