Jumat, 17 Agu 2018 22:07

SPI Palas Lestarikan Budaya Marsialapari

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Selasa, 13 Feb 2018 13:53
Maulana Syafii
Sejumlah petani anggota SPI Palas sedang memanen padi sawah dengan menggiatkan budaya Marsialapari.

Sejumlah petani pertanian tanaman pangan dan holtiktura, anggota Dewan Pengurus Cabang Serikat Petani Indonesia (DPC SPI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), sampai saat ini masih menggiatkan dan melestarikan budaya Marsialapari.

Pernyataan ini ditegaskan oleh Ketua Badan Pelaksana Cabang (BPC) SPI Palas, Henri Chandra Hasibuan. "Budaya marsialapari adalah budaya khas suku Mandailing, salah satu suku khas di Provinsi Sumatera Utara. Budaya ini harus dipertahankan dan dilestarikan di tengah kemajuan zaman saat ini," kata Chandra di tempat tinggal di Desa Pasir Jae, Kecamatan Sosa, Selasa (13/02/2018).

"Marsialapari bisa diartikan kegiatan bergotongroyong secara bergantian antara sesama masyarakat petani. Misalnya, hari ini kita beramai-ramai gotongroyong di sawahku atau di ladangku. Nah besoknya, aku dan kawan-kawan petani lainnya gantian bergotongroyong mengerjakan sawah atau ladang teman petani lainnya," tambahnya.

Chandra melanjutkan, marsialapari ini berusaha untuk terus dilestarikan dan dilakukan oleh petani-petani anggota SPI di desanya, sebagai bagian dari mempertahankan budaya dan adat istiadat bangsa.



"Di tengah zaman sekarang yang katanya semakin modern dan canggih,  budaya ini wajib terus dipraktekkan, demi mempererat persatuan dan kesatuan, menyambung silaturrahmi antara sesama masyarakat petani," tuturnya.

Marsialapari, jelasnya, bukan hanya berlaku saat panen, bisa juga saat buka lahan, masa tanam, yang terpenting jiwa gotongroyong dan dilakukan secara bergantian bersama-sama, harus tetap dipertahankan.

"Karena hal ini juga dirasa cukup efektif dan efisien bagi petani dalam mengelola lahan pertaniannya, baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya", terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Badan Pelaksana Wilayah (BPW) SPI Sumatera Utara Zubaidah, saat berkunjung ke lokasi pertanian anggota SPI Kabupaten Palas. 

Zubaidah menuturkan, marsialapari adalah salah satu kearifan lokal yang menitikberatkan pada interaksi antara sesama manusia, yaitu antara petani dengan petani.

"Dengan menggiatkan marsialapari kita pun optimis kalau kedaulatan pangan bisa diwujudkan. Pada kesempatan musim panen padi saat ini, SPI dengan tegas menyatakan sikap tolak impor beras," tutupnya.
Editor: Tommy

T#g:BudayapadiSPI
Berita Terkait
  • Sabtu, 11 Agu 2018 13:51

    TNI Turunkan Ahli Spine Tangani Korban Patah Tulang Leher

    TNI turunkan ahli spine dalam hal ini, Kolonel Ckm A.J. Didi SpOT (K) Spine, Kolonel Ckm Edli Warman Sp.OT (K) Spine. dan dr. Drakel, Sp.OT melakukan pemeriksaan terhadap bpk. Sodok, pasien yang mende

  • Rabu, 04 Jul 2018 20:04

    Gapoktan Maju Jaya Panen Padi Sawah Lokal di Pasir Jae, Sosa

    Sebanyak 25 orang petani dari anggota gabungan kelompok tani (Gapoktan) Jaya Muda, Desa Pasir Jae, Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), melakukan panen padi sawah lokal di atas lahan seluas

  • Kamis, 24 Mei 2018 05:24

    Kunjungi Ratusan Masjid, Plt Bupati Lepas Tim Safari Ramadhan Deli Serdang

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars secara resmi melepas Tim Safari Ramadhan Pemkab Deliserdang, baik itu Tim Kabupaten maupun Tim Kecamatan untuk mengunjungi ratusan masjid di K

  • Rabu, 02 Mei 2018 11:02

    Penampilan Seni dan Budaya Pasukan Garuda Pukau Tentara Unifil di Lebanon

    Pagelaran seni dan budaya Indonesia yang ditampilkan oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Garuda Unifil (United Nations Interim Forces in Lebanon) Misi Perdamaian Dunia PBB di Lebanon, pada

  • Senin, 30 Apr 2018 14:40

    Satgas Indobatt XXIII-L/UNIFIL Gelar Culture Presentation di Lebanon

    Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Konga XXIII-L/UNIFIL (United Nations Interim Forces in Lebanon) menggelar acara pertunjukan seni bertajuk CulturePresentation dengan menampilkan seni dan budaya

  • Selasa, 24 Apr 2018 12:14

    Beginilah Cara Istri Sihar Menebar Inspirasi di Komunitas Peduli Anak

    Sekumpulan anak-anak sedang membaca buku di salah satu rumah baca milik Komunitas Peduli Anak atau yang disingkat dengan Kopa. Mereka merupakan anak-anak warga yang tinggal dan bermukim di bantaran Sungai Deli.

  • Senin, 23 Apr 2018 21:03

    Ketum Dharma Pertiwi: Ibu Harus Menjadi Sumber Inspirasi Keluarga

    Kaum Ibu harus menjadi sumber inspirasi bagi keluarga yang senantiasa memberikan perhatian kepada suami dan anak-anak, baik dalam menjaga kesehatannya, memperhatikan pendidikannnya serta memberi seman

  • Kamis, 19 Apr 2018 18:39

    Djarot Berkeinginan Merevitalisasi Istana Maimun Secara Total

    Dalam silaturahmi dengan keluarga Kesultanan Deli di Istana Maimun, Rabu (18/4/2018), Djarot Saiful Hidayat berkeinginan mendalami istana yang menjadi ikon Kota Medan dan Sumatera Utara tersebut untuk bisa direvitalisasi.

  • Selasa, 10 Apr 2018 16:10

    Tiba di Teluk Dalam, Sihar Disambut Tarian Fogaele

    Terdengar suara alat musik tradisional Nias melantun dengan lantang diiringi tarian yang dibawakan oleh sejumlah putra putri Nias. Dengan gemulai sejumlah penari menggerakkan tangan dan kaki disertai

  • Minggu, 01 Apr 2018 18:31

    Babinsa Sruni Dampingi Petani Panen Padi

    Babinsa Serda Gatot Pramono dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Didik S serta Ketua Gapoktan Kasmuri, hadir pada panen padi seluas 2,5 hektar di lahan milik Zainal, anggota Kelompok Tani Budi Luhur Dusu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak