Rabu, 14 Nov 2018 08:37
HUT Pemkab Labuhanbatu

Raup Untung Dari Batik Ala Avengers

Medan (utamanews.com)
Oleh: Rachel
Rabu, 20 Jun 2018 06:20
Istimewa
PRODUK kemeja batik yang bertemakan kostum superhero Marvels saat ini tengah viral di masyarakat. Terutama dengan munculnya film fenomenal Avengers Infinity War yang saat ini tengah diputar di bioskop.

Adalah Alfi Ridansyah, pemuda berusia 26 tahun yang memanfaatkan momen ini dengan sangat baik. Walau, Alfi yang kini tengah melanjutkan kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta ini sebenarnya telah lama menjalankan bisnis clothing line atau bisnis baju.

Alfi memulai bisnis ini di tahun 2011 dengan menjual kaos-kaos yang bergambarkan tokoh anime Jepang. Saat itu pria yang baru lulus SMA ini mencoba bisnis baju lantaran senang dengan desain dan menyalurkan dengan menggunakan media kaos sebagai hasilnya.

Tak disangka, kaos dengan desain anime yang dijualnya tersebut diminati oleh orang orang dan sejumlah kalangan pencipta anime yang dia sasar sehingga bisa terus menjalankan bisnis ini. Hal yang menarik lainnya adalah, Alfi memulai bisnis ini tanpa modal, lantaran hanya bermodalkan uang iuran dari para pelanggan yang ingin memesan produk kaos anime yang akan dia produksi saat itu.

"Jadi hitungannya nggak pakai modal karena biayanya dari pre order, jadi patungan. Dananya ada Rp 3 juta waktu lalu dari keuntungan itu bikin lagi yang lain. Harga kaos dijual Rp 65 ribu waktu itu, " katanya kepada detik Finance baru baru ini.



Usaha ini kemudian terus berlanjut hingga akhirnya di tahun 2014, Alfi memulai desain kaos dengan tema superhero. Kalangan yang dia incar adalah para pecinta superhero seperti Marvel. Namun tak sampai di sana, berbekal kecintannya pada desain, Alfi kemudian mengeluarkan produk ini tertanya juga memberikan respons yang positif.

Setiap bulannya, setidaknya ada 100 hingga 300 pieces baju yang dia bisa jual hasil dari pre order. Angka ini lantas memberikan keuntungan dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta, lewat jualan produknya mulai dari kaos kemeja topi hingga hoodie yang bertemakan kostum superhero dan dijual mulai kisaran Rp 90 ribu 200 ribu "Saya ambil untung 30 persen dari tiap produk. Total untungnya dari Rp 5-10 juta," katanya.

Kini Alfi tengah megejar gelar sarjananya sambil mengurus bisnisnya yang dijual secara online lewat "brain Artlantis Store" dan juga menjadi desainer kaos anak-anak di salah satu perusahaan produksi kaos anak di Jakarta.

Dengan usaha yang masih terbatas, dia ingin kedepan punya lebih banyak relasi dan sumber daya manusia yang bisa membantunya agar bisa memperbanyak produksi dan memperluas pasarnya sehingga bisnis ini bisa semakin berkembang.

"Pas waktu produksi kalau lagi banyak agak ngaret produksinya karena agak banyak. Jadi kesulitan di SDM dan manajemen waktu," pungkasnya.

Editor: Yaya

Sumber: detik.com

T#g:Batikbisnis
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 02 Okt 2018 16:02

    Ribuan Anggota Dharma Pertiwi Membatik Dengan Chanting Pecahkan Rekor MURI

    Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar membatik dengan Chanting melibatkan 9 (sembilan) ribu orang dari Ibu-ibu Dharma Pertiwi, beserta unsurnya yakni Persit Kartika Chandra Kir

  • Kamis, 10 Mei 2018 09:10

    Merokok Elektrik di Toilet, Batik Air Serahkan Penumpang ke Aparat

    FC, pelanggan Batik Air pada penerbangan ID 6950 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) dengan tujuan Bandar Udara Internasional Lombok Praya, Lombok Tengah, Nusa

  • Senin, 07 Mei 2018 22:07

    Ini Pesan Patricia kepada Pengusaha Perempuan Sumut

    Baru-baru ini, Patricia Siahaan istri dari Sihar Sitorus mengikuti pertemuan bersama para pengusaha muda perempuan di Sumatera Utara (Sumut).

  • Minggu, 25 Mar 2018 06:05

    Crowdo tempatkan Medan sebagai pusat pertumbuhan bisnis di Sumatera

    Crowdo, salah satu platform peer to peer lending terdepan di Asia Tenggara, hadir di Kota Medan dalam ajang Fintech Days 2018 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berlokasi di

  • Kamis, 22 Feb 2018 21:32

    Tengku Erry dan Anies Baswedan Kompak

    Tanpa disengaja Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi terlihat kompak berpakaian seragam kemeja batik warna biru dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.Pemandangan ini terlihat saat k

  • Sabtu, 02 Des 2017 01:02

    Bidik Ekspor Sawit dan Kopi, KBRI Cairo-Kemendag RI Gelar Forum Bisnis

    Dalam rangka mendukung terwujudnya peningkatan ekspor produk unggulan dan produk potensial serta penetrasi pasar Mesir dan sekitarnya, KBRI Cairo bersinergi dengan Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional

  • Kamis, 26 Okt 2017 17:56

    Alami CAT, Pramugari Batik Air Akan Jalani Operasi

    Pramugari pesawat Batik Air nomor penerbangan ID6890 tipe B737-800 NG dengan Regrestasi PK-PLY dari Jakarta tujuan Bandara Kualanamu mengalami Clear Air Turbulence (CAT) atas nama Sasi Yuni Triastuti

  • Minggu, 17 Sep 2017 19:27

    Manfaatkan Waktu Luang, Napi Narkoba ini Membatik

    Memanfaatkan waktu luang dan berharap bisa berguna untuk keterampilan, sejumlah narapidana (Napi) wanita di  Lapas narkotika kelas tiga di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, melaksanakan kegiata

  • Sabtu, 08 Jul 2017 12:58

    Bank OCBC NISP Percayakan Penanganan Barang Berharga kepada RPX

    Memberikan solusi pengiriman barang berharga dengan menawarkan nilai tambah lebih kepada nasabah Bank OCBC NISP di seluruh Indonesia, dengan mengedepankan ketelitian tinggi, perlindungan, ketepatan waktu, keamanan dan kerahasiaan.

  • Rabu, 17 Mei 2017 16:17

    Gubsu minta pelaku agribisnis kuasai teknologi dan berinovasi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Tebing Tinggi Agri Market dan Pameran Flora dan Fauna (TAM PFF) 2017 di Kota Tebing Tinggi, Selasa (16/5/2017).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak