Selasa, 14 Agu 2018 18:18
  • Home
  • Ekonomi
  • Proyek Strategis Nasional Berdampak Positif

Bagi Masyarakat Sumut

Proyek Strategis Nasional Berdampak Positif

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rinal
Jumat, 28 Jul 2017 11:28
Ist
Irwan Parlaungan Batubara
Selain Maritim, Ekonomi dan Pangan, Infrastruktur merupakan salah satu dari fokus arah pembangunan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Untuk mengupayakan peningkatan pembangunan infrastruktur, pemerintah telah menerbitkan Perpres No.58 tahun 2017 sebagai revisi Perpres No.03/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Dari total 248 proyek, Sumatera Utara mendapatkan jatah sebanyak 17 proyek di antaranya, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pembangunan Smelter Kuala Tanjung, Kawasan Industri Kuala Tanjung, Jalur Kereta Api Tebing Tinggi-Pelabuhan Kuala Tanjung dan Jalan Tol Medan-Binjai.

Kemudian, secara khusus dari 17 proyek, pemerintah pusat menaruh perhatian terhadap pengembangan Kuala Tanjung di Kab. Batubara dengan harapan agar mampu menjadi pesaing utama Singapura sebagai Kota Pelabuhan.

Menurut pemerhati pembangunan dari Masyarakat Peduli Pembangunan dan Pemerataan Ekonomi Sumut,  Irwan Parlaungan Batubara, dampak pembangunan sudah bisa dirasakan secara nyata dengan dioperasionalkannya Tol Medan-Binjai dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi pada idul fitri 1438 H pada Idul Fitri 1438 H/ 2017 M.

Meski pengerjaan belum mencapai 100%, Tol medan-Binjai dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sudah cukup membantu kelancaran arus mudik, mengurangi angka kecelakaan serta meningkatkan stabilitas harga bahan pokok. 

Selain itu, banyaknya proyek pembangunan infrastuktur sebagai upaya pemerataan pembangunan di Indonesia, akan memberikan dampak pada peningkatan iklim investasi.

"Pada Lebaran 1438 H kemarin, arus mudik cukup lancar, angka kecelakaan berkurang dan distribusi bahan pokok lancar sehingga harga stabil. Ini berkat operasional Tol medan-Binjai dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Lalu banyaknya proyek pembangunan memicu adanya predikat investment grade serta naiknya peringkat Indonesia pada level BBB-/stable per 19 Mei 2017 oleh lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's (S&P)", ujar Irwan saat berbincang-bincang dengan UTAMANEWS, di Kamis (27/7).

Dikatakannya, itikad baik pembangunan dari pemerintah tidak akan mampu berjalan dengan lancar tanpa mendapatkan dukungan dari masyarakat selaku target akhir dari proses pembangunan itu sendiri. 

"Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat, terutama yang berdomisili di Kuala Tanjung, Batubara, sebagai salah satu wilayah prioritas pembangunan oleh Pemerintah harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitas SDM. Kualitas SDM yang baik sangat diperlukan agar masyarakat tidak hanya menjadi penonton saja, tapi dapat turut berperan sebagai aktor pembangunan," tambahnya.

Kepada semua pihak, khususnya aparat keamanan, juga hendaknya meredam tingginya peredaran Narkoba di Kuala Tanjung, Batubara. 

"Karena narkoba akan merusak SDM masyarakat di wilayah tersebut. Bisa saja negara asing yang tidak mau Indonesia maju melalui pembangunan kota Pelabuhan Kuala Tanjung merusak rencana Pemerintah melalui Narkoba. Masyarakat harus berperang melawan Narkoba untuk siap menyongsong persaingan dunia yang semakin kompetitif", tutup Irwan.

Editor: Sam

T#g:ekonomiIrwan Parlaungan BatubaraKEK
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Jun 2018 21:57

    Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

    Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

  • Senin, 28 Mei 2018 04:28

    Sukses, Bermodal Bangkai Tikus

    "Cukup dengan memungut bangkai tikus ini, siapapun dengan kecerdikan, memiliki kemungkinan untuk memulai usahanya dan menghidupi seorang istri." Demikian suatu saat diungkapkan Cullakasehi, seora

  • Selasa, 22 Mei 2018 16:22

    Sihar: Mahasiswa Harus Kreatif, Bantu Pemerintah

    Enterpreneur sukses, Sihar Sitorus menilai peran penting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa dikesampingkan begitu saja. UMKM inilah yang menjadi salah satu tonggak dasar perekonomian nasional.

  • Selasa, 22 Mei 2018 03:22

    Kondisi Ekonomi Indonesia di Tahun 2018

    Tahun 2018 merupakan tahun baru bagi semua orang di dunia, tentu saja di tahun ini banyak harapan baru untuk banyak orang dalam berbagai bidang. Kondisi ekonomi merupakan salah satu harapan yang paling banyak dicari.

  • Minggu, 06 Mei 2018 02:36

    Manfaat Kunjungan PM China, Secara Ekonomi dan Politik

    Indonesia akan kedatangan Perdana Menteri China Li Keqiang yang dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada 6-8 Mei 2018.  Lawatan ini menurut Kementerian China merupakan undangan Presiden Jo

  • Jumat, 04 Mei 2018 19:14

    Sihar Sitorus: Ekonomi berkeadilan harus berproses dari hulu ke hilir

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mendorong penataan ekonomi dari hulu. Ini dilakukan agar dapat terwujudnya ekonomi berkeadilan dengan melibatkan berbagai pihak.

  • Selasa, 17 Apr 2018 18:57

    Bakamla RI Bahas Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim

    Badan Keamanan Laut RI membahas Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim Indonesia dalam Kegiatan Diskusi Kelompok Terarah. Kegiatan ini bekerja sama dengan Intensif Agromaritim Indonesia (I AM Indonesia

  • Sabtu, 24 Mar 2018 07:24

    Pemko Sibolga Akui Perekonomian Alami Penurunan

    Pemerintah Kota Sibolga mengakui bahwa perekonomian di kota ini mengalami penurunan.

  • Sabtu, 24 Mar 2018 04:44

    Melawan Guncangan Ekonomi Internasional

    Pergerakan nilai tukar rupiah tahun-tahun terakhir mengalami pelemahan yang cukup mengkhawatirkan, bahkan bulan Maret 2018 mencapai kurs 13.783. Semenjak bulan Februari 2018 secara perlahan nilai tuka

  • Minggu, 11 Mar 2018 00:41

    Jika Terpilih, Pedagang Meminta Djarot-Sihar Tata Pasar Aek Nabara

    Dalam blusukan dan pertemuan bersama masyarakat dan Pedagang di pasar tradisional Aek Nabara, Rantauprapat, Labuhan Batu, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (10/3), Calon Wakil Gubernur Sumut Sihar Sitorus

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak