Selasa, 17 Jul 2018 22:31
  • Home
  • Ekonomi
  • Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai

Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai

SERDANG BEDAGAI (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 19 Jul 2017 12:49
Dok
Kegiatan pelatihan pengembangan administrasi pembukuan UMKM berbasis IT pada IBDM, di Kampung Bordir Mangga Dua, Sergai.
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar dan jadi backbone perekonomian nasional, serta penggerak ekonomi riil di Indonesia. Hal tersebut menjadi fokus tersendiri bagi dunia kampus, khususnya Universitas Negeri Medan (Unimed).

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan Dr. Fitrawati, M.Si., di sela sela kegiatan pelatihan pengembangan administrasi pembukuan UMKM berbasis IT pada program Ipteks Bagi Desa Mitra (IBDM) di Kampung Bordir Mangga Dua, yang dilaksanakan oleh LPM Unimed bersama pemerintahan Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. 

Kegiatan yang dilaksanakan di aula desa, Selasa (18/7) ini, dihadiri oleh Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan Dr. Fitrawati, M.Si sekaligus Ketua Program IBDM, Kepala Desa Mangga dua Mustakim, Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta yang diwakili Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah M.Si, Koordinator Bidang Kerjasama dan Pengembangan Wilayah LPM Unimed Irfandi, M.Si dan puluhan pelaku usaha UMKM Bordir yang ada di kabupaten Serdang Bedagai. 

Dr. Fitrawati mengatakan, "UMKM memiliki urgensi yang vital untuk menggerakkan ekonomi rakyat, maka perlu pendampingan yang kompeherensif agar UMKM mampu menjadi kampiun di negeri sendiri. Maka pelatihan Manajemen, Administrasi pembukuan Kuangan, strategi Pemasaran secara manual maupun berbasis IT merupakan sebuah Keniscayaan." 

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua LPM Dr. Unimed Kustoro Budiarta yang diwakili Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah M.Si, mengungkapkan bahwa Selain memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap kelompok UMKM yang ada di Sergai, Tim Pengabdi Unimed Juga memberikan bantuan mesin bagi para pelaku usaha, yaitu 5 Unit Mesin Bordir elektrik dan 3 unit Mesin jahit elektrik yang kesemuanya diberikan secara cuma-cuma atau gratis untuk mendukung produktifitas para pelaku usaha. 

"Jadi tidak hanya Ilmu saja yang diberikan sampai fasilitas pun disahuti oleh Unimed, karena sesuai dengan visi misi Unimed, Universitas yang Unggul dalam bidang Pendidikan, Rekayasa Industri dan Budaya, dan hari ini semua diejawantahkan," beber alumnus ITB tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Mustakim Kepala Desa Mangga Dua didampingi Oleh Ketua Kelompok UPPKS Kemuning Netty memengungkapkan terima kasih kepada LPM unimed yang telah membantu kelompok dari segi keilmuan dan fasilitas kebutuhan pelaku usaha untuk mendukung Desa Mangga Dua sebagai kampung Bordir di Sumatera Utara. 

"Dan yang membuat kami begitu terharu pemateri-pemateri yang didatangkan merupakan pakar-pakar yang langsung mendampingi dan memberikan pelatihan kepada warga, ini merupakan prestasi bagi kami untuk terus bekerjasama dengan Unimed. Dan saat ini desa menggulirkan program "Simpan Pinjam Perempuan", yaitu program bagi ibu-ibu untuk dapat memberikan modal usaha, untuk membeli bahan baku dan perlengkapan usaha untuk mensukseskan Program kampung bordir dan mempersempit ruang gerak para tengkulak dan rentenir," ungkap Mustakim.

Hal yang sama ditambahkan oleh Netty, bahwa selama program Kampung Bordir Mangga Dua berjalan, membawa banyak dampak yang positif bagi masyarakat di antaranya banyak ibu-ibu yang selama menjadi buruh tani atau bekerja menanam dan memanen padi berubah menjadi pengerajin bordir dengan penghasilan ratusan ribu hingga jutaan yang tidak didapatkan ketika menjadi buruh. 

"Tidak hanya itu, anak-anak gadis yang selama ini enggan untuk mempelajari bordir dan lebih memilih menjadi pelayan toko dan pekerja pabrik di kota, mulai ikut tertarik untuk berlatih kerajinan bordir melihat pembinaan bergulir yang dilakukan kampus," imbuh Netty.

Editor: Sam

T#g:LPM UnimedUMKMUnimed
Berita Terkait
  • Selasa, 26 Jun 2018 16:46

    DPK GMNI UNIMED Gelar Dialog Publik Bertema Soekarno

    Bulan Juni merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi kaum Nasionalis, karena pada bulan Juni, Bung Karno sebagai The Founding Father Republik Indonesia dilahirkan dan wafat, begitu juga dengan Panca

  • Minggu, 17 Jun 2018 21:57

    Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

    Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

  • Kamis, 31 Mei 2018 18:11

    Dukungan Terhadap Putra Batak, Akademisi: Sihar Preferensi Pilkada Sumut

    Dukungan para Raja Luat di Padang Sidimpuan dan Tapanuli Selatan (Tapsel) terhadap Sihar Sitorus menunjukkan keinginan yang kuat bahwa putra asli daerah yang sepatutnya menjadi katrol penggerak dalam perubahan Sumatera Utara.

  • Kamis, 24 Mei 2018 11:24

    Optimisme Tebing Tinggi Menjadi Kota Jasa Dan Pelayanan

    Tebing Tinggi salah satu kota di Sumatera Utara yang memiliki perjalanan sejarah yang panjang dalam perkembangannya. Perjalanan kota yang dikenal dengan julukan si Kota Lemang untuk lebih dikenal di t

  • Jumat, 11 Mei 2018 14:01

    Djarot Bertekad Memajukan Usaha Kecil Di Sumut

    Cagubsu Djarot Saiful Hidayat hadir dalam acara Rakorwil I dan Pelantikan Pengurus DPW Akurindo (Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia) Sumatera Utara, di Convention Le Polonia Hotel, Medan, Jumat (11/5/2018).

  • Jumat, 27 Apr 2018 20:37

    Solusi dari Sihar Menghadapi Bonus Demografi di Sumut

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus terkesan saat diajukan pertanyaan soal bonus demografi, serta langkah apa yang dilakukannya bila diposisikan sebagai pengambil kebijakan.Pertanyaan tersebut dilont

  • Senin, 23 Apr 2018 19:53

    Merajut Benang Menguntai Kebersamaan

    Matahari bersinar cukup terang, pancarkan cahaya mengantarkan panas. Namun perempuan bernama Patricia Boru Siahaan itu tidak menghiraukannya. Dia melangkah menapaki jejak di Jalan Syahbandar, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimon, Senin (23/4/2018).

  • Sabtu, 21 Apr 2018 21:51

    Akademisi Menilai Aksi Spontan Sihar Menjadi Nilai Tambah

    Aksi spontanitas yang kerap dilakukan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus akan menjadi nilai tambah bagi pasangan nomor urut dua itu.

  • Jumat, 20 Apr 2018 16:20

    Peran Pemerintah Dorong Kebangkitan UMKM

    Dari tahun ke tahun, jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia terus menerus meningkat. Hal ini didapatkan dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang ada di tahu

  • Jumat, 06 Apr 2018 18:36

    Keasyikan Ngobrol Soal UKM, Sihar Habiskan Dua Bungkus Dodol Tanjungpura

    Bertemu dengan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) selalu disempatkan Sihar Sitorus di sela-sela kampanye damai yang dilakukan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara nomor urut dua ini.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak