Minggu, 24 Jun 2018 13:57
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemprovsu Berupaya Maksimal Alokasikan Anggaran PKH

Pemprovsu Berupaya Maksimal Alokasikan Anggaran PKH

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Minggu, 25 Feb 2018 16:15
Humas Pemprov Sumut
Penyerahan Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat Kota Medan
Selamat Puasa Paluta

Gubsu Tengku Erry Nuradi mendampingi Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada masyarakat Kota Medan di kantor Camat Medan Tembung, Sabtu (24/2/2018).

Hadir juga disitu anggota DPR RI Meutya Hafid, Dirjen Linjamsos Hary Hikmat, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Andi ZA Dulung, para pejabat Eselon II Kemensos RI, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, pimpinan Bank BRI Medan, Kadis Sosial Provsu Rajali, Ketua Karang Taruna Sumut Solahudin Nasution.

Gubsu Erry pada kesempatan itu mengatakan dalam rangka meningkatkan pelayanan Program Keluarga Harapan (PKH), Provinsi Sumatera Utara senantiasa berusaha semaksimal mungkin mengalokasikan anggaran sesuai dengan kemampuan/dana yang tersedia.


"Untuk itu melalui P. APBD Provinsi Sumatera tahun 2017 telah diadakan 473 unit sepeda motor yang didistribusikan untuk koordinator kecamatan, kabupaten/kota dan operator provinsi. Serta 1 unit mobil untuk koordinator wilayah Sumatera Utara," ujar Erry.

Erry juga menyampaikan berdasarkan data BPS Sumut tahun 2017. Jumlah penduduk Sumut kurang lebih 14 juta jiwa. Jumlah penduduk miskin pada September tahun 2017 sebanyak 1.326.570 jiwa atau 9,28 persen turun sebesar 1,44 persen dibanding jumlah penduduk miskin September 2016 sebesar 1.452.600 jiwa atau 10,72 persen.

Sentuhan pelayanan sosial melalui PKH berkontribusi positif bagi upaya penanggulangan masalah kemiskinan warga masyarakat Sumatera Utara. "Dengan program PKH ini jumlah penduduk miskin semakin berkurang ke depannya," kata Erry.

Mensos Idrus Marham mengatakan bahwa kedatangan dirinya untuk memastikan bahwa tidak ada lagi masyarakat khususnya di Kota Medan yang tidak mampu yang tidak dibantu pemerintah.

Ini adalah pesan Presiden RI pak Joko Widodo kepada saya sebagai Menteri Sosial. 

Diceritakan Idrus, "Sebelum saya dilantik menjadi Mensos, Presiden RI Joko Widodo memanggil saya dan mengatakan, Pak Idrus, saya mau melantik saudara menjadi Menteri Sosial dengan satu syarat. Saudara sebagai Menteri Sosial harus keliling Indonesia untuk memastikan bahwa tidak ada lagi anak bangsa yang tidak mampu yang tidak ditangani pemerintah. Itu pesan Presiden Joko Widodo kepada saya. Oleh karenanya saya keliling Bapak Ibu," katanya.

Idrus juga mengatakan bahwa Kementerian Sosial telah mencanangkan bahwa bantuan sosial harus tuntas pada bulan Februari 2018.

Pesan Presiden lagi, bahwa tidak hanya pernyataan bahwa program Bantuan Sosial bulan Februari tuntas. Saya diperintahkan cek langsung ke lapangan. Karena itu saya hadir disini memastikan apakah masyarakat Medan yang belum dapat kartu PKH," katanya.

Dia menegaskan bantuan pemerintah kepada peserta PKH gratis. "Bila ada yang minta bayar, segera laporkan. Jangan takut," tegas Idrus.

Idrus juga meminta kepada Wali Kota Medan agar bantuan non tunai PKH dan BPNT yang bernilai kurang lebih Rp190 miliar bulan Februari sudah dapat disalurkan keseluruhannya. "Pak walikota diharapkan untuk menelusuri apakah masih ada rakyat yang belum masuk program PKH padahal memenuhi syarat. Sehingga setiap 6 bulan ada upaya untuk memperbaharui data-data orang yang tidak mampu di setiap daerah," sebutnya.
Editor: Erickson

T#g:miskinPKH
Berita Terkait
  • Kamis, 24 Mei 2018 12:54

    Menteri Pertanian RI dan Aster Kasad "Bedah Kemiskinan" di Jember

    Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mendatangi komplek rumah tangga miskin di Desa Sukogidri Kec Ledokombo Kabupaten Jember dan berdialong dengan masyarakat miskin, Rabu (23/05/2018).

  • Kamis, 24 Mei 2018 03:24

    Djarot-Sihar Prihatin Kehidupan Pas-pasan 2 Orangtua Renta Ini

    Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus, prihatin dengan kehidupan kakak-beradik, Juminem (70) dan Sarinah (67).Keprihatinan pasangan yang kerap disapa D

  • Minggu, 15 Apr 2018 19:15

    Wanita Paruh Baya Menangis Berharap Sihar Jadi Pemimpin

    Aksi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara, Sihar Sitorus menjadi perawat dadakan di pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis terhenti. Adalah jeritan tangis wanita paruh baya yang menghent

  • Sabtu, 24 Feb 2018 15:34

    Bantuan Sosial PKH Non Tunai Disalurkan

    Sebanyak 1.387 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kecamatan Padang Bolak terima bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) di alun-alun Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padan

  • Sabtu, 24 Feb 2018 10:24

    10 tahun, Sahiruddin Dg. Nompo hidupi keluarga dengan Rp16 ribu per hari

    Hijrah dari kampung halaman Desa Bontosunggu, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto Sulawesi-Selatan dan memilih hidup di tanah rantau, Kabupaten Kepulauan Selayar, menjadi keputusan yang sudah sep

  • Rabu, 29 Nov 2017 12:09

    Silaturahmi dan Musyawarah Besar Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kualuh Hilir

    Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kualuh Hilir (IPKHI) Kota Medan mengadakan acara silaturahmi dan Musyawarah Besar (Mubes) pertama. Kegiatan tersebut berlangsung di Ponpes Hidayatullah Sari Rejo Polon

  • Sabtu, 09 Sep 2017 02:09

    LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan

    Unimed sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di Sumatera Utara tidak ingin berada di menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi.

  • Rabu, 23 Agu 2017 06:33

    Mensos RI: Dana PKH Diawasi, Jika Ketahuan Beli Rokok atau Pulsa, Kartunya Dicabut

    Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa meninjau pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) dari tunai ke non tunai pada Selasa (22/8/2017) di Gedung Tanjung Indah, Keca

  • Kamis, 10 Agu 2017 09:10

    445 Keluarga di Parmonangan, Taput, Terima Bantuan PKH

    Sebanyak 445 kepala keluarga (KAK) dari 14 Desa se-Kecamatan Parmonangan, Taput, menerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial RI.Bantuan ini diserahkan langsung secara simbo

  • Senin, 07 Agu 2017 21:37

    Bank Mandiri salurkan Bansos PKH pada 206 KPM di Baktiraja

    Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan PT. Bank Mandiri, Tbk kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Baktiraja (7/8) dipusatkan di Kantor Camat Baktiraja. Untuk

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak