Sabtu, 20 Apr 2024 04:17
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

PLN: Jaringan Khatulistiwa Surplus 126 MW

Pontianak (utamanews.com)

Oleh: John

Senin, 10 Apr 2017 08:29

Bima Putrajaya, General Manager PLN Wilayah Kalbar mengatakan adanya empat unit mesin PLTG MPP Jungkat yang berkapasitas 4 x 25 megawatt membuat jaringan sistim khatulistiwa saat ini surplus 126 megawatt.


Sistem khatulistiwa yang memasok listrik untuk Kota Pontianak-Kubu Raya-Mempawah-Singkawang-Sambas-Bengkayang saat ini memiliki daya mampu sebesar 426 megawatt, kata Bima di Pontianak, Minggu (9/4/2017).

Beban puncak tertinggi saat ini, kata dia, masih di bawah 300 megawatt sehingga surplus 126 megawatt.

Dengan daya mampu yang ada, menurut Bima, membuat spare daya sekitar 30 persen dari seluruh kebutuhan listrik masyarakat.

Bahkan, pada tahun 2017 juga di sistem khatulistiwa akan mendapatkan tambahan pasokan listrik sebesar 2 x 50 megawatt dengan akan beroperasinya PLTU Kalbar 1 dan 3. Dengan demikian, total daya mampu kita menjadi 526 megawatt.

"Kondisi kelistrikan seperti ini tentu saja akan makin kondusif menopang potensi industri yang tumbuh di Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Singkawang, Sambas, dan Bengkayang," katanya.

Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat, khususnya di sektor industri, PLN Kalbar terus berupaya meningkatkan daya mampu mesin pembangkit, baik di sistem khatulistiwa maupun daerah-daerah isolated, seperti Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, telah beroperasi PLTU berkapasitas 2 x 10 megawatt.

"Hingga 2017, nantinya kita akan memiliki kelebihan daya sekitar 226 megawatt. Hal ini sangat lebih dari cukup untuk mengakomodasi kebutuhan listrik di segala sektor dunia usaha," katanya.

Beberapa gardu induk (GI) akan dibangun pula. Menurutnya, dalam satu unit GI dapat menopang kebutuhan listrik sebesar 30 megawatt.

"Hal itu tentu saja lebih dari cukup untuk sebuah kawasan industri di mana pun lokasinya berada," katanya. 

Editor: Sam

T#g:ListrikplnPONTIANAK
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Rabu, 06 Mar 2024 21:46

    Dentuman keras ledakan meteran listrik gegerkan Tangsi

    Suara dentuman keras diiringi dengan munculnya api, terjadi di Kantor Cabang PT Federal International Finance (FIF) yang beralamat di Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Rabu (6/3)


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️