Selasa, 16 Okt 2018 01:20

Mengapa Harga BBM Naik?

Medan (utamanews.com)
Oleh: Arjuna Wiwaha, Mahasiswa FISIP Universitas Brawijaya
Selasa, 05 Des 2017 13:15
Ist
Truk pengangkut Bahan Bakar Minyak

Di akhir bulan Nopember di penghujung tahun 2017, masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan salah satu kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Meskipun tidak ada resistensi apalagi aksi demonstrasi yang rusuh menolak kebijakan tersebut, namun dirasa publik perlu mengetahui alasan mengapa pemerintah menaikan harga/tarif aspek di atas di awal tahun ini. 

Harga BBM Naik

Kenaikan harga BBM oleh PT Pertamina (Persero) di penghujung tahun ini dilakukan sebagai bentuk penyesuaian kondisi harga minyak mentah dunia yang kembali meningkat di awal tahun ini. Alasan mengenai kenaikan harga minyak tersebut secara tegas dijelaskan oleh Adiatma Sardjito, VP Corporate Communication Pertamina, Minggu (19/11), yang mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan review pemerintah terkait harga minyak secara berkala, sekaligus penyesuaian kenaikan harga minyak mentah dunia. Terlebih harga minyak mentah Brent dunia kembali naik pada level tertinggi dalam dua tahun terakhir. 

Patokan global, minyak mentah Brent naik 47 sen atau 0,7 persen menjadi menetap di USD 61,37 per barel, mendekati level tertinggi Juli 2015 yang dicapai awal pekan ini. Harga hari ini juga tercatat naik sekitar 37 persen dari level terendah 2017 pada Juni.

Sementara patokan minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) naik 23 sen atau 0,4 persen menjadi berakhir di USD 54,38 per barel, masih mendekati level tertinggi sejak Februari dan mendekati level tertinggi dalam lebih dari dua tahun. Sehingga ekspor minyak mentah AS melonjak mendekati dua juta barel per hari (bph) dan produksi C-OUT-T-EIA telah meningkat hampir 13 persen sejak pertengahan 2016 menjadi 9,5 juta barel per hari.

Meskipun harga BBM naik, perlu diketahui bahwa kenaikan harga tersebut hanya berlaku untuk masyarakat dengan golongan ekonomi menengah ke atas. Hal ini disebabkan bahwa kebijakan subsidi BBM untuk masyarakat miskin tetap menjadi prioritas dan akan terus diratakan hingga ke daerah-daerah terpencil oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Review Kenaikan Harga

Berdasarkan hasil review dari website Pertamina terkait dengan daftar kenaikan harga BBM, berikut daftar kenaikannya: harga Pertamax di DKI Jakarta per 17 Nopember berada di level Rp 8.400 per liter atau naik Rp 150 jika dibandingkan harga Pertamax per 11 Oktober 2017 yang dipatok Rp 8,250 per liter.

Sementara itu, harga BBM lain tetap sama. Harga Pertalite tercatat Rp 7,500 /liter, Pertamax Turbo Rp 9,350/liter, Pertamax racing Rp 42,000/liter, Dexlite Rp 7,300 /liter dan Pertamina Dex Rp 8,800/liter.

Selain menaikkan harga Pertamax, Pertamina sejati memiliki hasrat juga untuk menaikkan harga BBM penugasan yaitu solar subsidi dan premium. Hal ini dikarenakan sejak April 2016, Pemerintah belum mengubah harga Solar dan Premium padahal di sisi lain, harga minyak dunia terus menerus mengalami peningkatan.

Meskipun bukan sebuah keputusan yang dapat disepakati secara keseluruhan, namun tampaknya kebijakan pemerintah untuk menaikan harga BBM, dapat dikatakan wajar. Terlebih Pertamina telah menghitung potensi selisih harga sebesar Rp 20 triliun yang harus ditanggung perseroan karena harga BBM penugasan yang tidak diubah oleh Pemerintah hingga akhir tahun.

Bukan mendukung apalagi pro dengan kebijakan kenaikan harga. Namun apabila dinilai dari kaca mata yang objektif, kenaikan tersebut dapat dimaklumi lantaran memang negara kita saat ini sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan keseriusan pemerintah dalam melakukan pemerataan pembangunan fasilitas dan infrastruktur publik dari Sabang hingga Marauke.

Selain itu, aspek lain yang perlu diapresiasi adalah di tengah-tengah pertumbuhan ekonomi negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Inggris dan negara-negara lainnya yang melemah dan hanya mencapai re-rata 2 hingga 3 persen, kita negara Indonesia hingga detik ini masih terus berpacu dengan persentase peningkatan ekonomi yang mencapai angka 5 persen di penghujung tahun 2017. Itu pun di tengah gejolak perekonomian global. Lantas baguskah itu?

Editor: Sam

T#g:BBMPertamaxPertamina
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Jumat, 20 Jul 2018 12:20

    Hemat 21 Juta Dollar/Hari, Jokowi Tekankan Perlunya Percepat Penggunaan Biodiesel

    Presiden Jokowi mengkritisi penggunaan energi fosil yang masih sangat dominan dari bauran energi nasional. Ia menekankan perlunya melakukan percepatan penggunaan biodiesel dan energi baru terbarukan.

  • Sabtu, 16 Jun 2018 18:16

    Nahkoda Kapal Wanita Pertama Indonesia, Captain Agustin Nurul Fitriyah

    Pekerjaan sebagai nahkoda kapal sangatlah tidak mudah. Karena harus mempunyai jiwa yang besar dan tangguh. Jiwa yang besar dan tangguh itulah yang dimiliki nahkoda cantik bernama Agustin Nurul Fitriya

  • Rabu, 23 Mei 2018 17:53

    Pertamina Lapor Gubernur, Stok BBM, LPG Aman Selama Ramadhan dan Lebaran

    Pemprovsu mendukung PT Pertamina yang telah menyiapkan pengamanan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) di wilayah Sumatera Utara (Sumut) selama Ramadhan dan Lebaran 2018.

  • Selasa, 22 Mei 2018 13:12

    Dugaan Solar Campur Air, SPBU By Pass Sirandorung beroperasi seperti biasa

    SPBU No.14.214.255, jalan Adam Malik by pass Lingkungan Al-Huda kel. Sirandorung Kec. Rantau utara Kabupaten Labuhanbatu masih tetap beroperasi seperti biasa setelah insiden dugaan BBM Bio Solar yang

  • Minggu, 15 Apr 2018 20:45

    Naiknya BBM Non Subsidi Demi Pemenuhan Kebutuhan Minyak Tahun 2025

    Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto, menjelaskan bahwa kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Non-subsidi jenis Pertalite bermuara pada peningkatan produksi minyak P

  • Jumat, 06 Apr 2018 19:16

    Siap Menangkan DJOSS, Warga Teluk Aru Curhat Soal Nasib Mereka Sejak Kilang Minyak Ditutup

    Warga Teluk Aru Kabupaten Langkat mengadu ke Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus, saat bertemu, Kamis (5/4/2018) kemarin. Curhatan mereka menyangkut tak lagi beroperasi

  • Rabu, 28 Mar 2018 06:08

    Pengamat: Demo Mahasiswa Soal Kenaikan Harga BBM Kurang Tepat

    Pengamat kebijakan pemerintah, Osriel Limbong menyatakan bahwa aksi demo yang digelar puluhan mahasiswa kemarin (26/3) untuk memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), kurang tepat, bahkan ter

  • Selasa, 27 Mar 2018 22:27

    Pertamina gandeng LPM Unimed Launching Ekowisata Kampung Mangrove

    PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menggandeng Lembaga Pegabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan untuk melestarikan lingkungan dengan konsep Eduwisata dan Ekowisata di

  • Sabtu, 23 Des 2017 13:43

    Edarkan BBM Ilegal dari Langkat, Pria ini Ditangkap Polres Tanjungbalai

    Pak Lobe, warga jalan DI Panjaitan Lk-III Kel. Pasar Baru Kec. STR, Kota Tanjung Balai ditangkap aparat kepolisian dari Polres Tanjungbalai karena diduga mengedarkan bahan bakar minyak (BBM) Ilegal, J

  • Senin, 11 Des 2017 17:41

    Pertamina Pangkalan Susu & PMI Langkat Gelar Donor Darah

    Dalam rangkaian HUT Pertamina ke 60, PT. Pertamina EP. Pangkalan Susu bekerja sama dengan PMI Kab langkat menggelar kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah.Kegiatan yang dipusatkan di Poliklinik PT. Pertam

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak