Kamis, 17 Agu 2017 13:04
Iklan Kota1
  • Home
  • Ekonomi
  • LPM Unimed dampingi Standarisasi dan Sertifikasi UMKM Sergai

LPM Unimed dampingi Standarisasi dan Sertifikasi UMKM Sergai

Serdang Bedagai (utamanews.com)
Oleh: Rls
Kamis, 20 Jul 2017 11:20
Dibaca: 146 kali
Dok
LPM Unimed di sela-sela penyerahan bantuan alat TTG mesin pembuat jamu, Rabu, (19/7).

Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan sedang gencar-gencarnya melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM). Karena ekonomi kerakyatan yang digawangi oleh koperasi merupakan pilar penting ekonomi riil di Indonesia. 

Oleh karena itu kampus ikut memberi peran dalam pembangunan perekonomian lewat pembinaan dan pendampingan serta pemberian teknologi tepat guna (TTG) serta tak kalah penting standarisasi dan sertifikasi produk UMKM agar mampu bersaing dengan produk-produk modren yang ada ritel-ritel raksasa yang menjamur di berbagai wilayah di Sumatera Utara. 

Hal ini diungkapkan oleh ketua Program Iptek Bagi Masyarakat (IbM) LPM Unimed Fahmy Syahputra, M. Kom., di sela-sela penyerahan bantuan alat TTG mesin pembuat jamu bagi pelaku usaha jamu tradisional di kecamatan Teluk mengkudu Serdang Bedagai. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, (19/7), mengambil tempat langsung di lokasi usaha Jariah Jamu milik ibu Siti Jariah.

Dosen ilmu komputer Fakultas Teknik Unimed tersebut mengatakan penyerahan bantuan alat TTG tersebut merupakan bentuk nyata Unimed dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Tidak hanya bantuan mesin saja para pelaku usaha jamu tradisional tersebut ikut dilatih dalam bidang Manajemen Usaha, Administrasi dan dan pembukuan usaha, serta pemasaran sehingga kelompok-kelompok UMKM jamu tersebut dapat lebih baik dengan diberikan mesin penggiling jamu agar hasil gilingan jamu dapat standar dan mampu diatur ukuran tepungnya. Serta dikuatkan lagi manajemen dan administrasi usaha sehingga dapat bersaing dalam menghadapi persaingan yang cukup ketat. 

"Dan targetnya di akhir tahun ini tim juga mendampingi UMKM dalam standarisasi produk dengan pengurusan sertifikat P-IRT dan sertifikasi halal produk lewat LPPOM MUI, agar produk benar-benar dapat terstandarisasi dan dapat bersaing dipasaran karena tuntutan saat ini agar produk UMKM mampu bersaing di ritel besar harus memenuhi standart tersebut", tegas Fahmy.

Hal senada juga diungkapkan Ketua LPM Unimed yang diwakili oleh koordinator bidang kerjasama dan pengembangan wilayah LPM Unimed Irfandi, M.Si mengungkapkan bahwa program ini merupakan program rutin Unimed yang merupakan aplikasi dari visi misi Universitas Negeri Medan dalam selain unggul dalam bidang pendidikan dan rekayasa budaya, rekayasa industri pun menjadi prioritas untuk mensejahterakan rakyat. 

"Jadi unimed tidak hanya berkutat dalam bidang pendidikan saja akan tetapi juga kesejahteraan masyarakat ikut menjadi perhatian tersendiri bagi kampus. Karena kesejahteraan masyarakat akan mendorong banyak hal terutama masyarakat akan menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan pokok sehingga ketika masyarakat cerdas akan mampu mendorong negara ini menjadi negara yang terkemuka", imbuh Irfandi

Rasa bahagia diungkapkan Siti Jariah, ketua kelompok "JJ Jamu" yang mengapresiasi program yang dilaksanakan LPM Unimed yang sejak awal tahun sudah melakukan survey analisis kebutuhan UMKM sehingga programnya benar-benar sesuai dengan kebutuhan,dan tidak disertai janji-janji muluk akan tetapi langsung memberikan bantuan dan pelatihan. 

"Dan yang membuat kami terharu, Unimed juga turut mendampingi dalam pengurusan administrasi standarisasi dan sertifikasi halal sehingga kami sangat terbantu", ungkap finalis pelaku usaha teladan Sergai tersebut.

Editor: Elya

T#g:JamuLPM UnimedsergaiUMKM
Berita Terkait
  • Selasa, 01 Agu 2017 21:31

    Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

    Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

  • Sabtu, 22 Jul 2017 02:42

    Tengku Erry: Kembangkan Pesta Budaya Pantai Timur

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Pesta Budaya Pantai Timur yang pertama di Theme Park, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (20/7/2017).

  • Rabu, 19 Jul 2017 12:49

    Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar dan jadi backbone perekonomian nasional, serta penggerak ekonomi riil di Indonesia. Hal tersebut menjadi fokus tersendiri bagi dunia kampus, khususnya Universitas Negeri Medan (Unimed).

  • Sabtu, 15 Jul 2017 18:15

    BNN Gerebek Transaksi 50 Kg Sabu di Pantai Cermin Sergai, 2 tewas

    Badan Narkotika Nasional (BNN) menggerebek transaksi sabu di daerah pantai Cermin, kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu pagi (15/7/2017). Tak tanggung-tanggung barang bukti yang disita sebanyak 50 Kg narkotika jenis sabu.

  • Sabtu, 15 Jul 2017 18:25

    Kapoldasu lepas peserta Bhayangkara Tour Bike Polda Sumut Polres Sergai

    Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw didampingi para Pejabat Utama Polda Sumut melepas peserta Bhayangkara Tour Bike Polda Sumut yang diadakan Polres Serdang Bedagai, Sabtu (15/7),

  • Jumat, 14 Jul 2017 22:14

    Forkopimda Jember Sambut Panglima Divisi Infantri 2 Kostrad

    Menyambut kedatangan Panglima Divisi Infantri 2 Kostrad, Mayor Jenderal TNI Agus Suhardi bersama rombongan, di Pendopo Wahya Wibawa Graha Pemkab Jember dilaksanakan Jamuan Makan Malam, yang dihadiri o

  • Selasa, 11 Jul 2017 20:51

    Gubernur Minta 16 Aplikasi e-Government Sergai Terus Dikembangkan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi resmi meluncurkan aplikasi e-Government Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) di halaman kantor bupati di Sei Rampah, Selasa (11/7/2017).

  • Selasa, 16 Mei 2017 16:56

    LSM Penjara Dampingi Kelompok Tani Rampah menghadapi PT. Soeloeng Laoet

    Tim DPD LSM PENJARA Sumut di bawah pimpinan Marlon Purba, SH (foto) mempertanyakan penanganan kasus perkembangan sesuai Laporan Polisi No.STTPL/284/III/2017/SPKT "III" terkait penghinaan dan pengerusa

  • Jumat, 26 Mei 2017 02:26

    Sambut Ramadhan dengan meriah dan penuh suka cita

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan, atas nama pemerintah maupun pribadi, dirinya menyambut baik kegiatan silaturahim menjelang tibanya Ramadhan. Sebagai umat Islam, datangnya bulan suci selalu disambut meriah penuh suka cita.

  • Rabu, 17 Mei 2017 22:57

    Sambut Ramadhan, Tengku Erry Lepas Rindu dan Beri Hadiah Umrah

    Gubsu Tengku Erry dan ustadz kondang Muhammad Nur Maulana (Ustadz Maulana) meriahkan kegiatan peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriyah, di Pantai Romantis Sergai, Selasa (16/05).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak