Selasa, 24 Okt 2017 14:32
  • Home
  • Ekonomi
  • Jaga Inflasi, Tengku Erry Minta Bulog Ikut Stabilkan Harga

Jaga Inflasi, Tengku Erry Minta Bulog Ikut Stabilkan Harga

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Kamis, 05 Okt 2017 06:45
Dibaca: 140 kali
Dok
Gubsu dan Direktur Bulog di Medan
Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan agar Bulog ikut membantu menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok di Provinsi Sumatera Utara.

"Kita berharap inflasi Sumut tetap stabil. Kita jaga paling tidak tetap berada dibawah rata-rata nasional. Karena pertumbuhan ekonomi Sumut diatas rata-rata nasional dan cukup baik. Oleh karenanya selain pertumbuhan ekonomi yang tinggi, inflasinya juga bisa ditekan," ujar Tengku Erry saat menerima kunjungan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Arief Budi Santoso dan Kepala Bulog Divre Sumut Imran Rasydi, di ruang kerja Gubsu lantai 10 kantor Gubsu di Medan, Rabu (4/10/2017).

Tengku Erry mengatakan seperti diketahui lebih dari 63 persen inflasi itu dipengaruhi oleh pangan walaupun banyak faktor lain yang mempengaruhinya. Dari Januari hingga September 2017 Inflasi Sumatera Utara 1,82 persen dan memang masih dibawah inflasi nasional sekitar 2,66 persen. 

"Cabai, merupakan salah satu yang mempengaruhi inflasi di Sumatera Utara. Harga cabai tidak stabil. Oleh karenanya kami mengharapkan agar Bulog juga ikut serta dalam menjaga kestabilan harga cabai. Perlu adanya koordinasi antara BI dan Bulog untuk kestabilan harga khusus cabai yang merupakan salah satu penyumbang tingginya angka inflasi di Sumatera Utara," sebut Erry.

Jika inflasi dapat ditekan dan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara tinggi nantinya akan dapat menambah kesejahteraan bagi masyarakat Sumatera Utara. "Pendapatan naik, kalau inflasinya tinggi itu tidak pengaruh. Jika pendapatan naik inflasinya bisa ditekan itu tentunya harapan kita. Oleh karenanya kita berharap inflasi di Sumatera Utara dapat tetap terjaga," harap Erry.

Kepala Bulog Divre Sumut Imran Rasydi menanggapi inflasi di Sumut mengatakan bahwa Bulog Divre Sumut menyambut baik dan siap untuk bekerjasama dengan TPID untuk menjaga harga-harga pangan dalam rangka menekan inflasi di Provinsi Sumatera Utara.

Dikatakannya untuk melakukan langkah-langkah tersebut diperlukan informasi daerah-daerah mana saja yang angka Inflasinya terhadap cabai tinggi dan pemain-pemain cabai yang sering membuat harga cabai tidak stabil. Selain itu juga diperlukan informasi kemana saja daerah pendistribusiannya. "Harus ada team work dilapangan untuk menginformasikan situasi harga dan juga pendistribusiannya serta memantau para pemain-pemain cabai," ujarnya.

Pada kesempatan itu Imran juga mengatakan bahwa tujuannya berkunjung ke Kantor Gubsu dalam rangka melaporkan dan berpamitan bahwa dirinya akan mengakhiri masa tugasnya di Sumatera Utara dan mendapat tugas yang baru di Jakarta. "Saya sekalian berpamitan kepada Pak Gubernur. Mudah-mudahan pengganti saya nantinya lebih gesit lagi pak," katanya.

Kepala BI wilayah Sumut Arif Budi Santoso pada kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan kepada pelaku-pelaku pasar khususnya pedagang cabai. Setelah berkoordinasi kepada para pedagang cabai, bahwa para pedagang cabe akan membentuk suatu asosiasi pedagang cabai. Sehingga TPID bisa terus berkomunikasi dengan asosiasi terkait cabe. "Kami juga meminta kepada asosiasi pedangang cabai untuk ikut membantu mejaga kestabilan harga cabai," ujarnya.

Editor: Budi

T#g:BulogCabai
Berita Terkait
  • Sabtu, 07 Okt 2017 11:47

    Evi Diana Kunjungi Desa Di Nias & Pakpak Bharat Nominasi Gertam Cabai Nasional

    Desa Fodo, Kota Gunung Sitoli, Nias dan Desa Perduhapen di Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara masuk nominasi nasional untuk gerakan tanam cabai (Gertam) dan dimonitoring serta dievaluasi

  • Selasa, 01 Agu 2017 17:31

    Serapan Gabah di Wilayah Kodim 0824 Jember, Maksimal

    Sesuai data per Selasa (25/07/2017), yang didapat berdasarkan keterangan dari Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre XI Jember, Antok Hendrianto, perolehan penyerapan untuk Kabupaten Jember su

  • Rabu, 05 Jul 2017 08:15

    Bupati Nikson Nababan Programkan Jaminan Harga untuk Komoditi Cabai

    Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Edward Tampubolon dan para asisten memimpin langsung rapat koordinasi lingkup OPD, seluruh Camat se Taput da

  • Kamis, 01 Jun 2017 06:01

    Harga Cabai Merah di Medan Anjlok, Kini Rp8.000/Kg

    Harga cabai merah kembali terpuruk, bahkan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pantauan di Pusat Pasar Medan, harga cabai merah anjlok hingga di kisaran Rp5.000 hingga Rp8.000 per Kg.

  • Selasa, 30 Mei 2017 17:50

    Babinsa Koramil 0824/24 Ambulu Dampingi Pendistribusian Rastra

    Sejak beberapa hari yang lalu beras bantuan pemerintah melalui Bulog Sub Divre Jember untuk warga pra sejatera (Rastra) atau dikenal juga dengan beras miskin (Raskin) pendistribusiannya berjalan di be

  • Sabtu, 27 Mei 2017 01:27

    Gubernur Minta Masyarakat Manfaatkan Operasi Pasar Bulog Sepanjang Ramadhan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meminta masyarakat benar-benar memanfaatkan operasi pasar yang dilakukan Bulog sepanjang bulan puasa Ramadhan untuk harga daging, bawang putih, gula pasir dan beras dengan harga stabil.

  • Jumat, 12 Mei 2017 19:52

    Rastra Triwulan I Kecamatan Sosa Sudah Didistribusikan

    Jatah beras untuk masyarakat prasejahtera (Rastra), yang tersebar di Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas, periode triwulan I, Januari-Maret 2017, sudah selesai didistribusikan kepada rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) Rastra.

  • Jumat, 12 Mei 2017 14:22

    Kunjungan Tim Sergap Mabesad ke Pasuruan

    Komandan Kodim 0819/Pasuruan yang diwakili oleh Pasi Teritorial Kodim 0819/Pasuruan menyambut kunjungan kerja Tim Sergab (Serapan Gabah) dari Mabesad (Markas Besar Angkatan Darat) yang dipimpin Kolone

  • Rabu, 03 Mei 2017 12:42

    Menteri Perdagangan dan Gubsu Pastikan Stok Sembako Jelang Ramadhan Cukup

    Demi memastikan stok dan stabilitas harga sembilan bahan pokok (sembako) menjelang Ramadhan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meninjau pro

  • Rabu, 12 Apr 2017 18:54

    Harga Cabai Merangkak Naik di Manado

    Hasil pantauan secara langsung UtamaNews.Com di Pasar Bersehati Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara pada Rabu (12/4/2017), secara keseluruhan harga bahan pokok di Manado masih stabil, meskipun harga cabai mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak