Kamis, 19 Okt 2017 14:22
  • Home
  • Ekonomi
  • Ironi, Gedung IKM & UKM Langkat "Mati Suri"

Ironi, Gedung IKM & UKM Langkat "Mati Suri"

Langkat (utamanews.com)
Oleh: Amin Nur
Rabu, 09 Agu 2017 19:19
Dibaca: 152 kali
Dok
Gedung sia-sia di Pemkab Langkat. Gedung serta Stan yang kosong ditinggal para pengerajin 

Meski sempat mendapat pujian dari pejabat Kementerian Perindustrian (Kemenperin​), Gedung Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), yang terletak Dusun Sei Karang, Desa Kwala Begumit, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, seolah "mati suri". 

Amatan UTAMANEWS, Rabu (9/8), tak ada sedikitpun aktifitas di gedung yang sudah terbangun 8 bulan lalu, yang saat itu diresmikan oleh pejabat Kemenperin​, Umi Salamah dan Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH. 

Beberapa stan dan gedung yang dibangun sudah mulai rusak. Stan yang terbuat dari terpal sudah rubuh hilang tak berbekas. Demikian juga dengan gedung hanya plafon sudah mulai rusak. 

"Sudah lama kosong ini bang, sudah berbulan-bulan yang lalu ditinggal para pengerajin meninggalkan lokasi," kata Suprik, salah satu pekerja pengerajin kursi bambu. 

Menurut pria berusia 22 tahun ini, dirinya masih bertahan karena ditugaskan pemilik untuk membuat kursi rotan dan menjaga gedung itu. Dan kemungkinan mereka juga akan pergi meninggalkan gedung jika masa sewa gedung sudah habis. 

"Setahun ini memang tidak bayar, tapi entah kalau tahun berikutnya. Kalau membayar, mungkin kami juga akan pergi, karena lokasi di sini sunyi bang, dari awal buka tidak ada pengunjung," terang dia. 

"Oleh sebab itulah satu persatu stan ditutup dan ditinggalkan pemiliknya. Bahkan, stan yang terbuat dari tenda terpal sudah rusak dan entah kemana hilang. Di sini ada 10 gedung model gini dan stan terpal juga ada 10 buah awalnya," timpal pria bertubuh ceking ini. 

Akibat hal ini, beberapa warga pun sangat menyayangkan tidak difungsikan IKM dan UKM tersebut. 

Menurut warga, pembangunan tersebut dinilai hanya menghambur-hamburkan angaran saja.

"Semestinya Pemkab khususnya Disperindak yang memiliki gawean harus buat terobosan, jangan dibiarkan begitu saja, yang mengakibatkan pembuangan anggaran secara sia-sia," kata Sucipto, menyikapi kosongnya Stan. 

Jika memang tidak berguna, jelasnya, kenapa harus dibangun. Mending uang pembangunannya dipergunakan untuk kepentingan lain. Contoh membangun rumah warga yang kurang mampu atau apalah.

"Apa gak malu apa Kadisnya ini, kok diam-diam saja Kadisnya, gak ada manuver membuat terobosan agar lokasi dapat dikenal khalayak ramai," kritisnya.

Namun, sejauh ini Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindak) Supyar Mulyamin, tidak bisa dihubungi. Nomor telpon yang dihubungi, bahkan sms yang dilayangkan tak kunjung dibalas. 

Untuk diketahui, pejabat dari Kementerian Perindustrian RI menilai, bahwa Kabupaten Langkat punya potensi dalam bidang Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Penilaian disampaikan Umi Salamah ketika menyaksikan peresmian Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Sei Karang Desa Kwala Begumit, Kecamatan Stabat, oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, Selasa (28/2) lalu.

Sebut saja, kata Umi Salamah, keramik buatan masyarakat Hinai yang pemasarannya sudah sampai ke luar Negeri, dan beberapa waktu lalu, pelaku usahanya Khaidir berhasil meraih juara II Nasional.

"Oleh karena itu, semoga dengan adanya gedung Sentra IKM ini dapat mewujudkan realisasi keberhasilan IKM di Indonesia, khususnya di Kabupaten Langkat, sehingga masyarakat semakin sejahtera dan semakin mandiri," ujar Umi Salamah.

Terlebih lagi, imbuhnya, posisi gedung Sentra IKM sangat strategis, yaitu terletak di pinggir jalan raya, tidak jauh dengan pusat Pemerintahan dan dikelilingi oleh Pemukiman padat penduduk.

Editor: Budi

T#g:IKMLangkatSia-siaSia siaUKMuneg2
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Okt 2017 13:18

    Kabid Bina Marga PU & PR Paluta Bantah sebut "Semua Kontraktor Maling"

    Kabid Bina Marga Dinas PU & PR Paluta membantah dan menyatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan "Semua Kontraktor Maling''.

  • Jumat, 13 Okt 2017 10:53

    Kasipem Medan Marelan: Ciptakan budaya antri agar dapat dilayani dengan baik

    Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Medan Marelan​, Juli, mengakui bahwa dalam menjalankan tugas ingin menciptakan budaya antri. Sehingga seluruh masyarakat dalam mengurus berbagai andministrasi

  • Kamis, 05 Okt 2017 18:05

    Kembali, Mobil Dinas Ketua Panwaslu Langkat Dibakar OTK

    Hingga kini misteri terbakarnya mobil dinas Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Langkat Aidil Fitri, masih belum terkuak. Apakah memang dibakar dengan muatan politik atau dendam pribadi terhadap Aidil.Ai

  • Kamis, 05 Okt 2017 11:35

    Pengerjaan Paket Proyek Rp3,5 M Diduga Milik Sekretaris DPD Partai, Amburadul

    Pengerjaan proyek peningkatan jalan yang disebut sebut milik Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Padang Lawas sebesar  Rp. 3,5 M lebih, berukuran 4 M x

  • Selasa, 03 Okt 2017 17:03

    Anggota Banggar DPRD Palas, Dinilai Lecehkan Masyarakat

    Oknum Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD dari Partai Kebangkitan Bangsa dinilai lecehkan Masyarakat Padang Lawas, pasalnya, ia disebut-sebut miliki paket proyek senilai Rp6,1 Milyar lebih, dan hasi

  • Senin, 02 Okt 2017 22:02

    Warga Pasar Baru Stabat Panik Dengar Dentuman Disertai Api

    Ledakan disertai api sempat menyambar sebagian lantai dua toko mas Agung, jalan Perniagaan, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

  • Senin, 02 Okt 2017 19:02

    Nurhajizah Dorong Pemanfaatan Jalan Tembus Karo-Langkat

    Dalam rangka percepatan pemanfaatan jalan alternatif Karo- Langkat yang berada di sekitar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Nurhajizah Marpaung meninjau dan menyusu

  • Senin, 02 Okt 2017 13:12

    Permudah Parpol, KPU Langkat Sosialisasikan SIPOL

    Pilkada serentak semakin mendekati waktunya, untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat, memberikan pengumuman kepada seluruh Partai Politik tingkat Kabupaten Langkat. Pengumuman tersebut

  • Minggu, 01 Okt 2017 10:01

    Kodim 0203/Langkat Kembali Gelar Nobar Film G30S/PKI

    Untuk mengingatkan kembali kekejaman penghianatan PKI, Kodim 0203/ Langkat kembali menggelar nonton bareng (Nobar) film penghianatan G30S/ PKI di Pujerasera, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Satria, Kec

  • Kamis, 28 Sep 2017 10:48

    Kebakaran Hebat di Brandan, Langkat, Sekeluarga Tewas

    Kebakaran hebat terjadi di Jalan Mesjid, Kelurahan Berandan Timur, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak