Rabu, 20 Sep 2017 14:29
  • Home
  • Ekonomi
  • Ini latar belakang MJC diskusikan soal infrastruktur

Ini latar belakang MJC diskusikan soal infrastruktur

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Kamis, 24 Agu 2017 18:34
Dibaca: 98 kali
Dok
Narasumber dan panitia diskusi publik membahas infrastruktur yang digelar oleh MJC, Kamis (28/4).

Pembangunan infrastruktur secara nasional tahun 2017 ini terkesan jor-joran. Dan dari 248 proyek strategis nasional, Sumatera Utara mendapatkan jatah 17 proyek, di antaranya, yang cukup menarik perhatian adalah pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, jalan tol Medan-Binjai dan pembangunan pelabuhan internasional Kuala Tanjung di kabupaten Batubara.

Demikian disampaikan oleh Samuel Nababan, selaku Sekretaris Panitia Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh Medan Jurnalis Club (MJC), bertema "Peranan perbankan dalam pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara."

"Tidak banyak yang tahu bahwa fokus pembangunan infrastruktur pemerintah pusat di Sumatera Utara adalah pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung. Publik selama ini lebih terfokus pada pengembangan kawasan danau Toba, padahal selain itu, Presiden berambisi menjadikan Kuala Tanjung pelabuhan internasional menyaingi pelabuhan Singapura," ujar Samuel dalam sambutan pembukaannya mewakili panitia.

Pembangunan infrastruktur ini, katanya, mendapat stigma negatif karena maraknya isu hutang negara yang mencapai hampir Rp 4.000 triliun.

"Padahal di lain sisi, dampak dari pembangunan infrastruktur sangat terasa bagi masyarakat, contoh nyata adalah jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing yang sudah sangat membantu arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, berdampak langsung pada kemeriahan hari raya Idul Fitri," lanjutnya.

Sebelumnya, Samuel Nababan mengatakan Medan Jurnalis Club (MJC) adalah wadah berdiskusi sejumlah jurnalis di kota Medan dari lintas media. 

"Diskusi ini merupakan kegiatan yang keempat dilaksanakan, yang pertama membahas netralitas PNS pada Pilkada, kedua dan ketiga membahas bagaimana solusi konflik lahan eks HGU PTPN 2, dan ini membahas pembangunan infrastruktur yang kini sedang jor-joran dilakukan pemerintah," pungkasnya.

Diskusi MJC kali ini menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Lima Bangun, Deputi Direktur Bank Mandiri, Iswahyudi, Kabid Perencanaan Dinas PU Bina Marga Sumut dan Efin R Naibaho dari penyedia jasa konstruksi, serta moderator Coking Susilo Sakeh.

Editor: Budi

T#g:InfrastrukturMJC
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Sep 2017 10:20

    Pengerjaan Paket Proyek Peningkatan Jalan Rp6,1 Milyar, Diduga Amburadul

    Pengerjaan Peningkatan Jalan SP-Provinsi-Tanjung Baringin Simarulak-Simpang Batang Bulu (Lanjutan) Rp6 millyar lebih, berukuran 4 x 2000 meter (4 m x 2 Km) dikhawatirkan tidak akan bertahan lama akiba

  • Selasa, 19 Sep 2017 21:59

    Jalan Provsu Sosopan-Sibuhuan Terancam Putus Lagi

    Musim hujan datang, kondisi dan keadaan jalan Provinsi Sumut (Provsu) Sosopan-Sibuhuan, di titik Desa Hulim dan Desa Sianggunan, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) terancam putus lagi.&

  • Kamis, 14 Sep 2017 19:04

    Pembangunan Jalan Lahusa Gomo, PPK Ancam Putus Kontrak PT Netral Lindo

    Terkait pembangunan Jalan Lahusa Gomo Nias Selatan yang sampai saat ini belum juga dikerjakan oleh pihak rekanan (PT Netral Lindo Jaya Mandiri) sebagai pemenang tender.

  • Selasa, 12 Sep 2017 09:52

    Proyek pengecoran di kota Medan terkesan bahayakan pengguna jalan

    Pembangunan infrastruktur jalan di Kota Medan sepertinya belum jauh dari keluhan.

  • Minggu, 03 Sep 2017 10:33

    Infrastruktur di Kualuh Hilir Labura memprihatinkan

    Kondisi infrastruktur di wilayah kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) masih memprihatinkan, bahkan masih ada jalan di Labura yang sama sekali belum pernah tersentuh oleh pembangunan.Tokoh mahasiswa L

  • Jumat, 01 Sep 2017 21:41

    Jalan Lahusa Gomo Belum Dikerjakan Rekanan

    Proyek jalan Lahusa Gomo telah dilelang sejak bulan Juni 2017 lalu, namun tak kunjung dikerjakan oleh pihak rekanan (kontraktor).

  • Senin, 28 Agu 2017 08:08

    Bobby Dalimunthe : Suhu politik jangan sampai ganggu pembangunan daerah

    Suhu politik Sumatera Utara meningkat dengan beredarnya rekomendasi-rekomendasi partai politik dan sejumlah pernyataan dari tokoh lokal maupun nasional yang siap untuk bertarung pada Pilkada Sumatera Utara 2018.

  • Kamis, 24 Agu 2017 19:44

    Anak Wartawan Dibegal di wilayah Polsek Sunggal

    Raul Alexander Tambunan (13) pelajar di SMP Negeri 10 Medan, anak dari salah satu wartawan yang bertugas di Unit Pemerintahan Provinsi Sumut (Kantor Gubsu), Roland Tambunan, dirampok dua pria diduga b

  • Kamis, 24 Agu 2017 18:24

    Perbankan sangat mendukung proyek infrastruktur di Sumut

    2017 dinyatakan sebagai tahun infrastruktur oleh pemerintah, dimana pembangunan dilakukan secara masif di berbagai daerah. Dalam sambutannya di rapat paripurna pembahasan Undang-Undang tentang Perubah

  • Rabu, 23 Agu 2017 10:23

    Penggunaan Dana Haji untuk Investasi Bidang Infrastruktur

    Salah satu prioritas pemerintah saat ini adalah pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah Indonesia. Pembangunan infrastruktur bertujuan untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dan untuk meningk

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak