Selasa, 19 Jun 2018 19:50
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Ekonomi
  • Harga Jual Sawit di Palas Terus Melorot, Petani Minta Perhatian Pemerintah

Harga Jual Sawit di Palas Terus Melorot, Petani Minta Perhatian Pemerintah

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Selasa, 13 Mar 2018 14:43
Maulana Syafii
Terlihat dua orang petani sedang mengumpulkan hasil panen buah sawit.
Selamat Puasa Paluta

Tercatat selama dua pekan terakhir harga jual tandan buah segar (TBS) sawit petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) terus merosot. Padahal, saat ini kondisi panen buah sawit sudah memasuki musim trek, atau penurunan hasil panen. 

"Biasanya, kalau panen sawit lagi turun atau trek, harga jual buah sawit akan naik. Apalagi saat ini harga dolar sedang tinggi. Tapi, kenapa harga sawit di sini kok turun terus, ya," ungkap Zulkarnaen, satu petani sawit di Kecamatan Sosa, kepada wartawan, Selasa (13/3/2018).

Saat ini, Kata Zulkarnaen, dari seluas 5 hektare kebun sawitnya, hasil panennya sebanyak 3,8 ton. Padahal, pada putaran musim panen sebelumnya, hasilnya mencapai 4,3 ton. 

"Memang hasil panennya turun sedikit dari kondisi normalnya. Mungkin karena dibantu curah hujan, sehingga trek buah sawitnya tidak begitu banyak," lanjutnya. 

Sedangkan untuk harga jual di lapangan, tambahnya, saat ini harganya berkisar Rp1.460-Rp 1.480/Kg. Sebelumnya, harga jualnya di tingkat petani berkisar Rp1.520-Rp 1.540/Kg, harga di tingkat petani.

Sementara, Riswan Nasution, petani sawit di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) mengatakan, kondisi hasil panen sawit dari seluas 2 hektare kebun sawitnya, juga mengalami penurunan hasil panen sebanyak 10% dari Biasanya. 

"Biasanya, dari seluas dua hektare kebun sawit ku, hasil panennya sebanyak 2 ton. Tapi, pada putaran minggu ini hasil panennya turun sedikit jadi sebanyak 1,8 ton," sambungnya.

Untuk harga jual di toke, Kata Riswan, saat ini harganya sebesar Rp1.480-Rp 1.500/Kg. Sebelumnya, harga jual buah sawit jenis buah besar di tempatnya berkisar Rp1.580-Rp 1.600/Kg.

Menyikapi kondisi harga jual buah sawit yang kurang menguntungkan saat ini, petani di daerah Palas meminta perhatian dan peran aktif dari pemerintah. Setidaknya, pemerintah bisa memperbanyak jumlah pasokan pupuk bersubsidi kepada petani sawit, di saat hasil panen turun dan harga jualnya belum membaik.

Editor: Herda

T#g:sawit
Berita Terkait
  • Senin, 28 Mei 2018 11:48

    Surya Dayan: "Kami menghimbau, Masyarakat berhati-hati Membeli Produk Olahan Kelapa Sawit PT. Sinarmas Grup"

    Sehari-hari saya memperhatikan bagaimana proses pemanenan sampai pengangkutan kelapa sawit yang dilakukan oleh buruh Perkebunan PT. Smart,Tbk Padang Halaban. Saya merasa ada yang salah dengan hal ters

  • Kamis, 08 Mar 2018 14:58

    Musim Trek, Harga Jual TBS Sawit Petani di Palas Turun

    Tercatat selama lebih dari sebulan terakhir, hasil produksi tandan buah segar (TBS) sawit sejumlah petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengalami penurunan, seiring memasuki musim trek buah

  • Selasa, 30 Jan 2018 06:40

    Harga TBS Sawit Petani di Palas Naik

    Tercatat di akhir bulan januari 2018, harga jual tandan buah segar (TBS) sawit petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini dipengaruhi hasil pane

  • Kamis, 21 Des 2017 15:51

    Jelang Natal Harga TBS Sawit di Palas Naik Tipis

    Menjelang perayaan Natal, harga jual tandan buah segar (TBS) di tingkat petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengalami kenaikan tipis, berkisar Rp20 hingga Rp50 perkilogram. Sejumlah petani

  • Jumat, 17 Nov 2017 21:47

    Distan Palas Programkan Replanting Kelapa Sawit Masyarakat

    Dalam rangka meningkatkan produksi dan produktifitas pertanian tanaman kelapa sawit masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), Dinas Pertanian (Distan) programkan replanting pertanian kelapa

  • Selasa, 31 Okt 2017 23:51

    Produksi TBS Sawit Petani di Palas Meningkat 50%

    Tercatat di akhir bulan Oktober, produksi tandan buah segar (TBS) sawit sejumlah petani sawit di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengalami peningkatan hingga 50% dari kondisi sebelumnya. Sedangk

  • Selasa, 26 Sep 2017 15:16

    63 Petani Kelapa Sawit UD Lestari Terima Sertifikasi RSPO

    Kelompok Petani Kelapa Sawit Mandiri, UD Lestari, menerima sertifikasi sawit berkelanjutan atau RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) yang pertama di Sumatera Utara.

  • Rabu, 12 Jul 2017 21:02

    Tim Operasi Pemulihan Kawasan Hutan Musnahkan Tanaman Sawit di Leidong Sumut

    Tujuh puluhan aparat gabungan dari unsur TNI, Polri, Sat Brimob, Pemprov Sumut, Pemkab Labura, Pemerintah Kecamatan Kualauh Leidong dan pemerintahan Desa Simandulang serta Kelurahan Tanjung Leidong, m

  • Minggu, 11 Jun 2017 19:51

    Jelang Lebaran, Harga TBS Sawit di Palas Turun Rp. 80/Kg

    Memasuki hari ke-16 Ramadhan 1438 Hijriyah, kondisi harga tandan buah segar (TBS) sawit di beberapa daerah di Padang Lawas (Palas) mengalami penurunan. Penurunan harga TBS sawit ini berkisar Rp.50 hingga Rp.80/Kg dari harga minggu lalu.

  • Rabu, 17 Mei 2017 08:47

    Meski ada surat KPH, Penggarap Hutan Lindung di Leidong masih beraktivitas

    Meskipun penggarap HL di Leidong sudah mendapat surat pemberhetian aktivitas oleh UPT Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Wilayah-III Kisaran pada 02 Maret 2017, namun para penggarap masih tetap melakukan aktivitasnya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak