Sabtu, 23 Sep 2017 07:06
  • Home
  • Ekonomi
  • Gubsu Erry Resmikan PLTMH Pergetteng-getteng Sengkut

Gubsu Erry Resmikan PLTMH Pergetteng-getteng Sengkut

Pakpak Bharat (utamanews.com)
Oleh: Rls
Minggu, 13 Agu 2017 12:43
Dibaca: 204 kali
Dok
Gubernur dan Bupati saat peresmian PLTMH

Gubsu Tengku Erry Nuradi melakukan ground breaking pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTMH​) Lae Ordi 1 yang terletak di Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat, Sabtu (12/8/2017).

Pembangunan PLTMH berkapasitas 10 mega watt ini ditargetkan dapat diselesaikan selama dua tahun.

Peletakan batu pertama pembangunan ini turut dihadiri Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu dan Wakil Bupati Pakpak Bharat Maju Ilyas Padang, mewakili BKPM Pusat, mewakili Dirjen Ketenagalistrikan, mewakili Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, tokoh adat Sulang Silima, Komisaris PT Phakpak Bumi Energi (PBE) Indra Utama, Direktur Utama PT PBE, Yufa Artha Sari serta sejumlah SKPD di jajaran Pemprov Sumut.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry Nuradi mengatakan  pembangunan PLTMH Lae Ordi 1 ini merupakan hal yang positif bagi Sumut karena dapat mendorong sektor perekonomian. Apalagi Sumut sangat membutuhkan energi listrik terutama energi listrik terbarukan.

Erry menjelaskan, kondisi kelistrikan Sumut pada beban puncak mencapai 2.000 mega watt, sementara daya mampu pasok kurang lebihn 2.200 MW, sehingga mempunyai cadangan listrik sebesar 200 MW. Kondisi sistem kelistrikan dengan cadangan daya kurang lebih 200 MW, tentunya cukup beresiko karena apabila terjadi kerusakan pada unit pembangkit maka akan terjadi pemadaman listrik. Idealnya, kebutuhan listrik harus sama dengan pertumbuhan ekonomi di satu daerah, setidaknya kalau di Sumut, investasi kelistrikan harus sama pertumbuhannya sekitar 5 persen setahun.

Apalagi lanjut Erry, Sumut sebenarnya memiliki sumber energi terbarukan seperti tenaga air, panas bumi, biomassa, biogas dan tenaga surya. Potensi ini tentunya sangat mungkin untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi energi listrik. Apalagi sistem kelistrikan di Sumut masih mengandalkan energy fosil berbahan diesel yang biayanya sangat mahal yakni 25 sen per kwh, sementara kalau energi terbarukan biayanya hanya 5 sen per kwh.

Oleh karenanya sangat diperlukan untuk memanfaatkan potensi sumber energi terbarukan. Apalagi, untuk pemanfaatan potensi tenaga air menjadi tenaga listrik telah ditetapkan dalam  UU No.30 tentang ketenagalistrikan. Namun, dari total potensi air di Sumut berkapasitas 2.500 MW, potensi yang sudah dimanfaatkan baru berupa 5 PLTA berkapasitas 950 mw dan 7 PLTMH berkapasitas 54 MW.

"Untuk itulah kehadiran pembangkit listrik yang baru sangat diharapkan untuk membantu kondisi kelistrikan di Sumut. Makanya, saya mengapresiasi PT PBE yang mau membangun PLTM ini untuk membatu kelistrikan di Sumut,"kata Erry.

Apalagi PT PBE lanjut Erry, sebelumnya melalui PT Humbahas Bumi Energi telah berhasil membangun PLTMH di kabupaten Humbahas yaitu PLTMH Hutaraja dengan kapasitas 5 MW dan telah beroperasi selama 2 tahun. "Saya harap pembangunan PLTMH Lae Ordi 1 ini bisa berjalan lancar sehingga dapat berkontribusi maksimal bagi pemenuhan kebutuhan listrik di Sumut," terang Erry.

Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu mengatakan pihaknya sangat senang karena ada investor yang bersedia untuk memajukan daerah yang dipimpinnya. "Investasi ini tentunya tidak hanya menguntungkan bagi investor, melainkan juga menguntungkan bagi kami. Makanya kami akan membantu untuk mempermudah perizinannya," ujar Remigo.

Dirut PT PBE, Yufa Artha Sari mengucapkan terima kasih kepada Gubsu juga pihak-pihak yang membantu sehingga pembangunan PLTMH Lae Ordi 1 ini sudah dapat mulai dibangun. "Saya yakin ke depan akan lebih banyak lagi investor yang akan bersedia untuk membangun Sumut," ujar Yufa.

Dijelaskannya kalau pembangunan PLTMH Lae Ordi 1 ini dilakukan dengan memanfaatkan air dari sungai Lae Ordi, untuk itu pihaknya akan membangun dari pembuatan jalan masuk, bangunan bending, kolam pengendap air, hingga membangun jaringan transmisi yang nantinya akan dihubungkan dengan gardu induk PT PLN yang berada di Salak, Pakpak Bharat.

Editor: Sam

T#g:ListrikPLTMHPakpak Bharat
Berita Terkait
  • Minggu, 13 Agu 2017 21:13

    Ini Syair & Pantun Bahasa Pakpak untuk Tengku Erry dari Siswa SMA

    Kunjungan Gubsu Tengku Erry Nuradi ke SMA Negeri 1 Salak, Kabupaten Pakpak Bharat disambut heboh ribuan siswa SMAN 1 Salak, Sabtu (12/8/2017).

  • Sabtu, 12 Agu 2017 19:02

    Ribuan Siswa SMAN 1 Sidikalang dan SMAN 1 Salak Antusias Sambut Gubernur

    Negara Indonesia seharusnya dapat mengejar negara maju yang tidak memiliki sumber daya alam yang banyak, syaratnya harus mampu meningkatkan sumber daya manusianya (SDM) dengan baik. Peningkatan S

  • Rabu, 09 Agu 2017 11:09

    Kapolda Sumut minta masyarakat tidak tutup akses jalan PT Wampu Electric

    Kapolda Sumut meminta agar masyarakat tidak melakukan penutupan jalan terhadap operasional PT. Wampu Electric Power (WEP), sehingga perusahaan dapat beroperasi kembali dan dapat memberikan kewajibanny

  • Selasa, 08 Agu 2017 14:28

    2 Desa Terisolir di Labura Dapat "Kado Kemerdekaan" dari PLN

    Komitmen PT PLN (Persero) untuk menerangi negeri terus dilakukan. Kemarin, Senin (7/8), PLN wilayah Rantau Prapat melakukan peresmian penyalaan listrik pertama bagi pelanggan dalam program listrik ped

  • Kamis, 27 Jul 2017 07:07

    Kantor Pemerintahan di Pemko Binjai curi arus listrik PLN?

    Pemutusan jaringan listrik Sat Pol PP yang dilakukan PLN Kota Binjai masih menjadi gunjingan.

  • Rabu, 26 Jul 2017 16:46

    Diduga menunggak, Listrik Kantor Satpol PP Binjai diputus PLN

    Beredar informasi PLN melancarkan razia di sejumlah perkantoran Pemerintah Kota (Pemko) Binjai yang dipimpin Walikota Idaham.

  • Rabu, 19 Jul 2017 17:19

    DPD RI Serap Masukan Sumut Soal RUU Energi Terbarukan

    Delegasi Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Sumut, Selasa (18/7), dengan tujuan menggali masukan dan menginventarisir berbagai masalah terkait soal RUU energi terbarukan yang saat ini sedan

  • Senin, 10 Jul 2017 07:10

    Wanita setengah telanjang tergantung di kabel listrik

    Wanita setengah telanjang tengah tergantung di kabel listrik beredar viral di media sosial China. Dalam video viral itu tubuh wanita bercelana dalam merah itu tampak lemas, tidak diketahui masih bernyawa atau tidak.

  • Minggu, 18 Jun 2017 00:28

    Naas, pekerja air isi ulang tewas kesetrum listrik

    Carmudi, 25 tahun, warga dusun Pangkah, Desa Kendaldoyong, Kecamatan Petarukan, Kabupeten Pemalang, Jawa Tengah, tewas akibat sengatan listrik di tempat pengisian air minum isi ulang milik H Rohani, Kamis (15/06/2017).

  • Senin, 05 Jun 2017 02:55

    Kapal Listrik Dioperasikan, Gubernur Optimis Masalah Listrik Sumut Teratasi

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meninjau dimulainya uji coba operasional Kapal Pembangkit Listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) di pusat pembangkit listrik PLN Sicanang, Belawan, Minggu (4/6/2017) sore.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak