Sabtu, 18 Agu 2018 23:49
  • Home
  • Ekonomi
  • Gubernur Sambut Baik Rencana CHSR Bangun Rel Kereta Di Sumut

Gubernur Sambut Baik Rencana CHSR Bangun Rel Kereta Di Sumut

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Selasa, 05 Jun 2018 17:05
Humas Pemprovsu
Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyambut baik rencana China High Speed Railway (CHSR) untuk membangun infrastruktur jalur kereta api di Sumatera Utara (Sumut). Karena, infrastruktur transportasi dapat mendorong percepatan pembangunan di daerah ini.

"Ini sebenarnya sudah lama ditunggu masyarakat Sumatera Utara, khususnya untuk membangun infrastruktur di Sumut, selain pemerintah juga dalam membangun infrastruktur butuh investor," ujar Gubsu Erry Nuradi, saat menerima perwakilan dari China High Speed Rail Way Edyson Lim, di ruang kerja Gubsu lt. 10 Kantor Gubsu, Senin (4/6/2018).

Dikatakan Gubsu Erry Nuradi, Sumatera Utara merupakan provinsi yang strategis dengan jumlah penduduk keempat terpadat di Indonesia. Karenanya, transportasi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan.



Dicontohkannya, saat ini jalan di Kota Medan mulai stagnan dan jumlah mobil semakin banyak. Padahal, sepuluh tahun yang lalu jalan di Kota Medan, di sekitar Jalan Diponegoro masih lengang. "Sebenarnya ini merupakan tanda-tanda positif dalam suatu daerah bila mobil sudah banyak. Menunjukkan bahwa masyarakatnya semakin sejahtera, namun juga infrastrukturnya harus dibangun," sebut Gubsu Erry.

Menindaklanjuti rencana itu, Erry Nuradi pun meminta kepada perusahaan untuk menurunkan tim guna melakukan survei. Tim survei nantinya dapat menyesuaikan dari sisi populasi dan kemampuan masyarakat, serta lainnya, agar investasi yang akan direncanakan ini nantinya dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Perwakilan CHSR Imron Cotan mengatakan bahwa perusahaan CHSR bergerak di bidang perkeretaapian yang telah beroperasi di 50 negara. Dengan markas besar di Beijing, perusahaan ini juga didukung pemerintah Tiongkok. "Perusahaan cukup bonafit, punya dana sendiri untuk investasi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dengan pemegang saham terbesar pemerintah Tiongkok," kata Imron, yang hadir bersama Chief Representative CHSR Edyson Lim.

Setelah melihat Danau Toba, pihak perusahaan berkeinginan untuk berinvestasi dalam hal pengembangannya. "Untuk itu, kami diutus perusahaan CHSR guna menindaklanjuti kerjasama dengan pemerintah pusat dan terutama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kami akan menurunkan tim survei terkait rencana ini," ujar Imron.

Pihaknya sangat berkeinginan agar investasi di Sumatera ini, khususnya di Danau Toba ini dapat segera dilakukan. "Kami berharap Pak Gubernur berikan disposisi kepada instansi terkait agar kerjasama ini dapat berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Kita benar-benar serius bagaimana Sumut nantinya sebagai pilot project," ujarnya.

Turut hadir kesempatan tersebut, Inspektur Provsu OK Henry, Kepala BPBD Provus Riadil Lubis dan para pejabat Eselon III dari Bappeda, Dinas Perhubungan, Dinas Kehutanan dan Biro Hukum.

Editor: Dito

T#g:ChinaKAI
Berita Terkait
  • Sabtu, 11 Agu 2018 06:11

    Panglima TNI Terima Audiensi Dirut PT. KAI

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI  Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah dan Waaster Panglima TNI Brigj

  • Sabtu, 04 Agu 2018 06:44

    Tangan Nelayan Tanjungbalai Putus Digilas di Rel Kereta Api, Diduga Mabuk

    Muhammad Irwansyah Lubis alias Topo (38), mengalami kecelakaan terlindas kereta api Putri Deli tujuan Medan dari Tanjungbalai.Peristiwa ini terjadi di simpang perumahan PNS, kelurahan Pasarbaru Kecama

  • Kamis, 02 Agu 2018 11:22

    Kantor Bea Cukai Kualanamu Ikuti Lomba Gender Mainstreaming

    Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu satu-satunya yang mewakili Kanwil DJBC Sumatera Utara untuk ikut lomba Kantor Pelayanan terbaik dan lomba implementasi pengarusutamaan gender (gender

  • Selasa, 24 Jul 2018 10:34

    Perang Dagang USA vs CHINA

    Genderang perang Amerika Serikat (USA) dengan China sudah dikumandangkan. Namun perang ini bukan perang senjata (hard power) tetapi ini adalah perang ekonomi (soft power) yaitu perang dagang.

  • Kamis, 19 Jul 2018 08:19

    Dari Tapsel, Kapolda Sumut Sambangi Polres Labuhanbatu

    Selesai melakukan Agenda kunjungan kerjanya ke Polres Tapsel, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol. Paulus Waterpauw, didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Sumut,antara lain Karo Rena, Dir PAM Obvit, K

  • Rabu, 18 Jul 2018 12:48

    RRC Jalin Kerjasama dengan Pemkab Deli Serdang Kembangkan Kerajinan Bambu

    Tim The Belt and Road Bamboo Art Development Aliance Sichuan China sebuah Organisasi dari Pemerintah China yang mengembangkan pemberdayaan masyarakat desa khususnya pengrajin dan petani bambu di jalur

  • Jumat, 13 Jul 2018 11:43

    Inspektur Jenderal Kemenkeu Sidak Kantor Bea Cukai Kualanamu

    Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia Sumiyati melakukan kunjungan mendadak ke KPPBC TMP B Kualanamu bersama rombongan Inspektorat Jenderal Kemenkeu.Informasi diperoleh

  • Rabu, 04 Jul 2018 03:24

    Panglima TNI Saksikan Penyerahan Rumdis TNI AU Pengganti Proyek KCIC

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Menteri Badan Usaha Milik Usaha Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, menyaksikan peresmian dan penyerahan Rumdis TNI AU pengganti proyek Kereta Api Cepat Indonesia Cina (KCIC).

  • Sabtu, 30 Jun 2018 12:40

    Taksi di China Sediakan Jajanan Untuk Penumpang

    Sebuah perusahaan di China telah mengubah sedikitnya 400 taksi menjadi lebih menarik. Jika banyak warga yang merasa bosan dengan situasi macet dan sebagainya, mereka bisa mengisi waktu dengan berbelanja sejumlah barang-barang termasuk makanan.

  • Kamis, 14 Jun 2018 14:44

    Ini Antisipasi PT KAI Pada Calon Penumpang Terhambat Tiba Di Stasiun Saat Takbiran

    Guna mengantisipasi kemacetan di depan stasiun Medan, di seputaran lapangan Merdeka, akibat 'Malam Takbiran' hari Raya Idul Fitri 1439 H, Kamis malam (14/6/2018), Divre 1 Sumut melakukan rek

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak