Minggu, 22 Jul 2018 15:54
  • Home
  • Ekonomi
  • Gubernur Minta Pertamina Jaga Kebutuhan BBM Idul Fitri

Gubernur Minta Pertamina Jaga Kebutuhan BBM Idul Fitri

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Selasa, 06 Jun 2017 18:36
Menghadapi masa Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah pada akhir Juni mendatang, Gubsu Tengku Erry Nuradi meminta penyediaan stok bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina ditambah sesuai perkiraan penambahan kebutuhan penggunaan dari masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur saat menerima kunjungan silaturahim General Manager Pertamina MOR I Sumbagut Erry Widiastomo, di ruang kerja Gubsu, Selasa (06/06/2017). 

Hadir juga diantaranya Manager Retail Fuel Marketing Agus Taufik Harahap, Manager Pomgas Sasongko dan Humas Pertamina Fitri Erika. Sementara Gubernur didampingi Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Sumut Sarmadan Hasibuan, Asisten Ekbang Ibnu Hutomo dan Kabag Humas Indah DK.

"Kita sampaikan kepada Pertamina agar jangan sampai ada kelangkaan stok BBM di Idul Fitri. Jangan sampai BBM di SPBU kosong. Sebab pasti banyak kebutuhan pada saat momentum arus mudik/arus balik," ujar Tengku Erry.

Disampaikannya juga persoalan kelangkaan pasokan BBM di beberapa daerah di Sumut masih terjadi. Meskipun diakuinya, kawasan dimaksud termasuk yang sulit dijangkau. Sehingga seperti di Nias, harganya relatif tinggi di atas rata-rata.

"Pertamina juga harus pastikan harganya sesuai. Termasuk dengan pengadaan beberapa depo BBM di sejumlah daerah yang dianggap perlu. Karena BBM ini kan bukan untuk kendaraan saja, tetapi industri juga seperti pembangkit listrik yang mengunakan solar," sebutnya.

Selain itu dirinya meminta agar Pertamina memberikan data penggunaan BBM di Sumut. Hal ini karena penjualan tersebut berkaitan dengan pajak yang diterima pemerintah provinsi (Pemprov) Sumut. Sebab dengan transparansi, akan tercapai good corporate government (GCG).

Terkait data tersebut, Kepala BP2RD Sumut Sarmadan Hasibuan mengatakan pihaknya diminta oleh DPRD Sumut memberikan data penggunaan BBM sesuai dengan penjualannya. Sebab untuk daerah seperti Jawa Barat katanya, justru setiap transaksi BBM, tertera berapa peruntukan pajak bagi pemerintah daerah.

"Harapan kami data tersebut bisa diberikan. Sehingga kalaupun ada laporan penjualan naik atau turun, itu bisa dijelaskan," sebutnya.

Sementara General Manager Pertamina MOR I Sumbagut Erry Widiastomo menyebutkan pihaknya telah menyiapkan langkah dalam mengantisipasi kebutuhan BBM yang meningkat pada momentum lebaran, baik sebelum atau setelah 1 Syawal mendatang. 

"Kita akan tingkatkan stok. Kemudian meningkatkan kapasitas kemampuan mobil tangki untuk beroperasi. Intinya kami akan menjaga agar jangan ada kekosongan di SPBU," katanya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan Pertamina MOR I Sumbagut juga akan mempersiapkan posko berikut satgas, mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di beberapa titik lokasi seperti kawasan wisata. Termasuk mengintruksikan agar SPBU yang ada di Sumut, beroperasi selama 24 jam.

"Ini akan kita siapkan, antisipasi sejak lima hari sebelum lebaran (H-5) dan lima hari setelah lebaran (H+5). Sedangkan untuk data BBM, kita akan minta izin ke pusat dulu, sebab untuk jumlhanya sendirim sudah diaudit juga," katanya.

Editor: Sam

T#g:LebaranPertamina
Berita Terkait
  • Senin, 18 Jun 2018 16:48

    Lebaran Kedua, Tengku Erry Bergembira Bersama Masyarakat Marjinal

    Gubsu Tengku Erry Nuradi bergembira ria bersama masyarakat marjinal (masyarakat kecil yang terpinggirkan seperti gelandangan, pengemis dan lainnya) di Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah (lebaran ke-2)

  • Sabtu, 16 Jun 2018 19:36

    Hari Kedua Idul Fitri Masyarakat Mulai Banjiri Lokasi Wisata

    Kebiasaan masyarakat setelah hari pertama merayakan Idul Fitri dengan Sholat Idul Fitri dilanjutkan bermaaf-maafan bersama keluarga dan tetangga lain halnya di hari ke dua sambil bersilaturahmi kepada

  • Sabtu, 16 Jun 2018 08:06

    Djarot, Tengku Erry, Eldin dan Ribuan Umat Muslim Shalat Idul Fitri Di Lapangan Merdeka

    Djarot Saiful Hidayat bersama ribuan umat muslim memadati Lapangan Merdeka Medan, Jumat 15/6/2018), untuk menunaikan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah.Djarot yang datang bersama istrinya, Ny. H

  • Jumat, 15 Jun 2018 17:15

    Malam Takbiran Di Doloksanggul, Sumut

    Ratusan umat muslim Doloksanggul melaksanakan pawai takbir malam Lebaran 1439H dengan mengendarai puluhan kendaraan roda empat dan roda dua, Kamis, (14/06/2018).Pawai takbir yang dilepas langsung oleh

  • Kamis, 14 Jun 2018 14:44

    Ini Antisipasi PT KAI Pada Calon Penumpang Terhambat Tiba Di Stasiun Saat Takbiran

    Guna mengantisipasi kemacetan di depan stasiun Medan, di seputaran lapangan Merdeka, akibat 'Malam Takbiran' hari Raya Idul Fitri 1439 H, Kamis malam (14/6/2018), Divre 1 Sumut melakukan rek

  • Sabtu, 16 Jun 2018 18:16

    Nahkoda Kapal Wanita Pertama Indonesia, Captain Agustin Nurul Fitriyah

    Pekerjaan sebagai nahkoda kapal sangatlah tidak mudah. Karena harus mempunyai jiwa yang besar dan tangguh. Jiwa yang besar dan tangguh itulah yang dimiliki nahkoda cantik bernama Agustin Nurul Fitriya

  • Jumat, 15 Jun 2018 12:15

    Idul Fitri Momentum untuk Instropeksi Diri

    Tak terasa Ramadhan sebentar lagi akan meninggalkan kita, bulan puasa hanya tinggal menghitung hari. Sebentar lagi umat muslim akan merayakan idul fitri. Momen Idul Fitri bagi masyarakat Indonesia men

  • Selasa, 12 Jun 2018 23:12

    Kasdim 0824 Serahkan Bingkisan Lebaran Pangdam V/Brw

    Kasdim 0824 Jember Mayor Inf Sampak memimpin apel luar biasa yang diikuti oleh seluruh anggota Kodim 0824 Jember sekaligus penyerahan secara simbolis Bingkisan Lebaran Pangdam V/Brw kepada anggota Kod

  • Minggu, 10 Jun 2018 11:10

    Dandim 0824: Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Lebaran

    Pelaksanaan Idul Fitri 1439 H di Kabupaten Jember sebagai Kabupaten yang memiliki 95% penduduk beragama Islam dari tahun ke tahun memang berjalan relatif kondusif namun dalam rangka mengantisipasi per

  • Kamis, 07 Jun 2018 19:07

    Bazar Ramadhan Wujudkan Silaturahmi Prajurit dan PNS TNI

    Bazar murah yang diselenggarakan pada bulan ramadhan merupakan sarana komunikasi yang baik bagi kita bersama dan saling bertukar informasi, sehingga apa yang dilaksanakan pada hari ini memiliki makna

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak