Kamis, 26 Apr 2018 18:10
  • Home
  • Ekonomi
  • Gubernur Minta Pertamina Jaga Kebutuhan BBM Idul Fitri

Gubernur Minta Pertamina Jaga Kebutuhan BBM Idul Fitri

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Selasa, 06 Jun 2017 18:36
Menghadapi masa Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah pada akhir Juni mendatang, Gubsu Tengku Erry Nuradi meminta penyediaan stok bahan bakar minyak (BBM) dari Pertamina ditambah sesuai perkiraan penambahan kebutuhan penggunaan dari masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur saat menerima kunjungan silaturahim General Manager Pertamina MOR I Sumbagut Erry Widiastomo, di ruang kerja Gubsu, Selasa (06/06/2017). 

Hadir juga diantaranya Manager Retail Fuel Marketing Agus Taufik Harahap, Manager Pomgas Sasongko dan Humas Pertamina Fitri Erika. Sementara Gubernur didampingi Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Sumut Sarmadan Hasibuan, Asisten Ekbang Ibnu Hutomo dan Kabag Humas Indah DK.

"Kita sampaikan kepada Pertamina agar jangan sampai ada kelangkaan stok BBM di Idul Fitri. Jangan sampai BBM di SPBU kosong. Sebab pasti banyak kebutuhan pada saat momentum arus mudik/arus balik," ujar Tengku Erry.

Disampaikannya juga persoalan kelangkaan pasokan BBM di beberapa daerah di Sumut masih terjadi. Meskipun diakuinya, kawasan dimaksud termasuk yang sulit dijangkau. Sehingga seperti di Nias, harganya relatif tinggi di atas rata-rata.

"Pertamina juga harus pastikan harganya sesuai. Termasuk dengan pengadaan beberapa depo BBM di sejumlah daerah yang dianggap perlu. Karena BBM ini kan bukan untuk kendaraan saja, tetapi industri juga seperti pembangkit listrik yang mengunakan solar," sebutnya.

Selain itu dirinya meminta agar Pertamina memberikan data penggunaan BBM di Sumut. Hal ini karena penjualan tersebut berkaitan dengan pajak yang diterima pemerintah provinsi (Pemprov) Sumut. Sebab dengan transparansi, akan tercapai good corporate government (GCG).

Terkait data tersebut, Kepala BP2RD Sumut Sarmadan Hasibuan mengatakan pihaknya diminta oleh DPRD Sumut memberikan data penggunaan BBM sesuai dengan penjualannya. Sebab untuk daerah seperti Jawa Barat katanya, justru setiap transaksi BBM, tertera berapa peruntukan pajak bagi pemerintah daerah.

"Harapan kami data tersebut bisa diberikan. Sehingga kalaupun ada laporan penjualan naik atau turun, itu bisa dijelaskan," sebutnya.

Sementara General Manager Pertamina MOR I Sumbagut Erry Widiastomo menyebutkan pihaknya telah menyiapkan langkah dalam mengantisipasi kebutuhan BBM yang meningkat pada momentum lebaran, baik sebelum atau setelah 1 Syawal mendatang. 

"Kita akan tingkatkan stok. Kemudian meningkatkan kapasitas kemampuan mobil tangki untuk beroperasi. Intinya kami akan menjaga agar jangan ada kekosongan di SPBU," katanya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan Pertamina MOR I Sumbagut juga akan mempersiapkan posko berikut satgas, mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM di beberapa titik lokasi seperti kawasan wisata. Termasuk mengintruksikan agar SPBU yang ada di Sumut, beroperasi selama 24 jam.

"Ini akan kita siapkan, antisipasi sejak lima hari sebelum lebaran (H-5) dan lima hari setelah lebaran (H+5). Sedangkan untuk data BBM, kita akan minta izin ke pusat dulu, sebab untuk jumlhanya sendirim sudah diaudit juga," katanya.

Editor: Sam

T#g:LebaranPertamina
Berita Terkait
  • Minggu, 15 Apr 2018 20:45

    Naiknya BBM Non Subsidi Demi Pemenuhan Kebutuhan Minyak Tahun 2025

    Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto, menjelaskan bahwa kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Non-subsidi jenis Pertalite bermuara pada peningkatan produksi minyak P

  • Jumat, 06 Apr 2018 19:16

    Siap Menangkan DJOSS, Warga Teluk Aru Curhat Soal Nasib Mereka Sejak Kilang Minyak Ditutup

    Warga Teluk Aru Kabupaten Langkat mengadu ke Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus, saat bertemu, Kamis (5/4/2018) kemarin. Curhatan mereka menyangkut tak lagi beroperasi

  • Selasa, 27 Mar 2018 22:27

    Pertamina gandeng LPM Unimed Launching Ekowisata Kampung Mangrove

    PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menggandeng Lembaga Pegabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan untuk melestarikan lingkungan dengan konsep Eduwisata dan Ekowisata di

  • Senin, 11 Des 2017 17:41

    Pertamina Pangkalan Susu & PMI Langkat Gelar Donor Darah

    Dalam rangkaian HUT Pertamina ke 60, PT. Pertamina EP. Pangkalan Susu bekerja sama dengan PMI Kab langkat menggelar kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah.Kegiatan yang dipusatkan di Poliklinik PT. Pertam

  • Selasa, 05 Des 2017 13:15

    Mengapa Harga BBM Naik?

    Di akhir bulan Nopember di penghujung tahun 2017, masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan salah satu kebijakan pemerintah terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Meskipun tidak ada res

  • Kamis, 29 Jun 2017 22:29

    Komandan Indobatt XXIII-K Silaturahmi dengan Prajurit di Perbatasan Israel dan Lebanon

    Komandan Indobatt XXIII-K Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. beserta Perwira Indobatt, beberapa waktu lalu melaksanakan silaturahmi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1438 H bersama prajurit-prajurit Indobatt yang berada di perbatasan Israel dan Lebanon.

  • Rabu, 28 Jun 2017 16:08

    Densus 88 Bawa 3 Tersangka Teror Lebaran ke Jakarta, 1 dimakamkan keluarga

    Detasemen Khusus 88 Anti Teror (Densus 88 AT) membawa 3 (tiga) tersangka pelaku teror terhadap polisi di hari Lebaran 1438 H, Minggu dini hari (25/6), ke Jakarta melalui bandara Kualanamu.

  • Senin, 26 Jun 2017 07:16

    AKBP Robert Da Costa Salurkan Bantuan pada Fakir Miskin di Deli Serdang

    Dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017, Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa SIK, MH, bersama Ny Silviana Robert Da Costa dan pengurus Bhayangkari Cabang Deliserdang serta rombongan, men

  • Minggu, 25 Jun 2017 22:35

    Ibunda Kepada Tengku Erry, Jangan Lengah Memperhatikan Masyarakat

    Hj Rafiah, ibu kandung Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menitip pesan kepada putra bungsunya bahwasannya dalam memegang amanah rakyat harus juga memperhatikan rakyat.

  • Senin, 26 Jun 2017 00:26

    Kehabisan BBM di jalan Tol? Hubungi Satgas BBM

    Bagi yang kehabisan bahan bakar minyak dalam macet perjalanan, terutama di ruas jalan tol, tentu akan merasa jengkel dan frustasi. Terlebih dalam kondisi mudik Lebaran, di mana kepadatan arus lalu lin

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak