Selasa, 14 Agu 2018 18:21
  • Home
  • Ekonomi
  • Ekspor Ikan Pindang dan Patin Targetkan AS dan Eropa

Ekspor Ikan Pindang dan Patin Targetkan AS dan Eropa

Medan (utamanews.com)
Oleh: Rachel
Jumat, 18 Mei 2018 09:18
Twitter/Lubana Sengkol
Ilustrasi
Siapa yang tidak kenal ikan patin dan pindang yang termasuk dalam hasil laut Indonesia yang cukup terkenal dan berperan penting dalam perekonomian karena konsumsi dalam negeri akan ikan patin dan pindang semakin lama semakin meningkat.

Saat ini pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan akan berusaha untuk menembus pasar hingga ke luar negeri terutama ke Amerika Serikat dan juga pasar Eropa. Sebagai informasi, selama ini hanya ada 3 jenis ikan yang terus diusahakan oleh pemerintah kita untuk dapat menembus pasar luar, yaitu ikan pindang, patin, dan juga ikan bandeng. Di lain pihak, di wilayah Sumatera Utara juga terdapat jenis ikan teri yang akrab disebut teri Medan yang sudah dilirik untuk dapat digenjot hingga dipasarkan ke mancanegara. Dan sebagian sudah diekspor ke berbagai negara tetangga.

Seperti yang diutarakan Saud Hutagulung dari pihak Dirjen Pengolahan serta Pemasaran Hasil Perikanan, mengatakan bahwa negara yang menjadi target pemasaran adalah China, Jepang, Amerika Serikat, dan juga Uni Eropa.



"Tujuan utama pemasaran bandeng adalah Amerika Serikat, dan target lainnya adalah Timur Tengah dan Afrika. Dan Tren pasar terlihat terus meningkat", ungkapnya.

Dari sisi lain, pemerintah masih membatasi bahwa hasil ikan yang akan diekspor hanya sebesar 30% saja dari total produksi selama satu tahun. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan konsumsi dalam negeri tetap menjadi prioritas yang dalam hal ini berada di angka 70%.

Pemerintah juga tidak tanggung-tanggung dalam mewujudkan masyarakat yang gemar makan ikan, terbukti dari anggaran sebesar Rp. 600 juta yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka penyediaan ratusan cold storage yang diperuntukkan kepada industri pengolahan ikan di berbagai wilayah.

Editor: Tessa

T#g:bandengikanpatinpindang
Berita Terkait
  • Selasa, 24 Jul 2018 18:54

    Lomba Masak Serba Ikan TP PKK Doloksanggul Juara I

    Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan, Dinas Peternakan dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK menggelar lomba masak serba ikan bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (24/7).

  • Kamis, 12 Jul 2018 12:12

    Manfaat Buah Apel untuk Kulit Wajah Berminyak

    Ternyata, buah apel mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. Bukan hanya vitaminnya saja yang baik untuk perkembangan tubuh, tetapi buahnya juga bisa dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit wajah.

  • Senin, 09 Jul 2018 00:09

    5 Buah yang bisa mencerahkan wajah

    Banyak yang menginginkan kecerahan wajah dan memilih melakukan perawatan pada dokter kecantikan. Melakukan perawatan wajah pada dokter kecantikan bukanlah hal yang murah.

  • Kamis, 05 Jul 2018 12:05

    Manfaat Labu Untuk Kecantikan Kulit Wajah

    Labu merupakan bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi serta kaya akan vitamin dan mineral. Sehingga, selain baik untuk dikonsumsi, labu juga memiliki mafaat untuk kecantikan wajah.

  • Jumat, 22 Jun 2018 13:42

    Mendagri Lantik Pejabat Gubernur Sumatera Utara, Eko Subowo

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri ) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, SH, resmi melantik Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen BAK) Kementerian Dalam Negeri Eko Subowo menjadi Pejabat (

  • Kamis, 31 Mei 2018 03:31

    Sihar: Lubuk Larangan Kekayaan Budaya yang Harus Dilestarikan

    Keberadaan Lubuk Larangan di sejumlah desa di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dinilai sebagai kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Karena itu, Sihar Sitorus mengharapkan agar masyarakat tetap

  • Rabu, 23 Mei 2018 18:53

    Panglima TNI Hadiri Pelantikan Kasal

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P. menghadiri upacara pelantikan Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) oleh Presiden RI Ir. H. Joko Wid

  • Senin, 21 Mei 2018 15:21

    Apakah ikan pernah tidur?

    Para ilmuwan mengukur tidur dengan melihat gelombang di otak. Mereka tahu kapan ikan tidur dengan melihat gelombang di otak.

  • Sabtu, 19 Mei 2018 03:19

    Ikan Hiu Buta Warna

    Menurut penelitian baru, mengenakan pakaian renang berwarna putih atau biru muda dapat melindungi manusia dari serangan hiu.

  • Jumat, 04 Mei 2018 19:04

    Sejumlah SDN di Palas Serentak Gelar USBN

    Sejumlah sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) yang tersebar di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tahun pelajaran 2017-2018, dimulai sejak Kamis-Sabtu (3-5/5/2018).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak