Selasa, 19 Jun 2018 15:28
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Ekonomi
  • Dinas Perindag Sumut: Stok Garam Sumut Aman

Tinjau Garam Masuk di Belawan,

Dinas Perindag Sumut: Stok Garam Sumut Aman

BELAWAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Senin, 28 Agu 2017 06:38
Dok
Kepala Disperindag Sumut, Alwin dan jajaran saat meninjau gudang garam di Belawan, Minggu (27/8).
Selamat Puasa Paluta
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut menjamin stok garam di daerah itu dengan mulai masuknya garam dari dalam dan luar negeri.

"Pekan ini sudah ada masuk 3.600 ton garam yang dipasok PT Garindo dan ada 22.500 ton asal Australia yang sebagian di antaranya untuk Sumut," ujar Kepala Disperindag Sumut, Alwin di Medan, Minggu (27/8).

Dia mengatakan hal tersebut usai meninjau pembongkaran garam asal Australia yang diimpor PT Garam di Pelabuhan Belawan dan meninjau gudang garam tersebut di kawasan Rumah Potong Hewan, Medan Deli.

Alwin dan jajarannya langsung meninjau garam yang berada di Kapal Uni Challege Singapore dengan nomor buritan IMO 9606546.

Alwin yang didampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sumut, Misbah dan Kepala UPT Perlindungan Konsumen dan Pengelolaan Standar Medan, Disperindag Sumut, Perdana Pandia menyebutkan kebutuhan garam daerah itu per tahun sebanyak 28.200 ton. 

Kebutuhan itu mengacu pada jumlah penduduk Sumut yang 14,1 juta jiwa dengan kebutuhan per kapita 2 kilogram per tahun.

"Disperindag Sumut terus berkoordinasi dengan semua yang terkait termasuk perusahaan pemasok untuk bisa mengatasi kelangkaan garam yang sempat tejadi pascaketatnya pasokan garam dari Madura," katanya.

Pasokan ketat dari Madura terjadi karena daerah itu mengàlami gagal panen akibat curah hujan dan kelembaban udara yang tinggi. 

Sumut sendiri, katanya sudah langsung berkoordinasi dan menginformasikan termasuk ke pemerintah pusat saat mulai terjadi kelangkaan.

"Mudah-mudahan kelangkaan garam bisa teratasi di Sumut," ujar Alwin.

Dengan kelangkaan teratasi, maka harga jual juga bisa ditekan kembali ke angka normal.

Akibat langka, harga garam kualitas bagus sempat mencapai Rp8.000 per kg dari harga normal Rp6.000 per kg.

Corparate Secretary PT Garam (Persero), Hartono mengakui, garam impor asal Australia yang dipasok perusahaan tersebut sudah masuk ke Pelabuhan Belawan, Sumut pada Jumat lalu.

"Garam impor yang masuk Pelabuhan Belawan sebanyak 22.500 ton dan sedang dalam proses bongkar itu untuk kebutuhan di Sumatera termasuk Sumut," katanya.

Dia tidak merinci berapa alokasi untuk Sumut karena akan didistribusikan ke industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil  menengah sesuai permintaan pemerintah kota/kabupaten yang sudah diverifikasi.

"Distribusi diharapkan lancar apalagi diawasi Satgas Pangan," katanya.

Hartono mengatakan garam sebanyak 22.500 ton yang masuk ke Pelabuhan Belawan merupakan tahap ketiga .
      
Tahap pertama sebanyak 25.000 ton melalui pelabuhan di Banten, 10 Agustus 2017 yang diperuntukkan bagi warga Jawa Barat, sebagian wilayah di Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Adapun tahap kedua melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebanyak 27.500 ton untuk didistribusikan ke Jawa Timur dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

"Garam baku yang disalurkan melalui berbagai IKM itu harus diyodisasi atau pemberian yodium ke garam," katanya.

Editor: Sam

T#g:belawangaramSembako
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Jun 2018 00:16

    Mengapa air laut mengandung garam?

    Mengapa air laut mengandung garam dan bagaimana garam masuk ke dalamnya? Seberapa besar kandungan garam di Laut Mati?

  • Rabu, 06 Jun 2018 14:06

    Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Stabil di Langkat

    Ada yang berbeda pada bulan puasa tahun ini. Biasanya menjelang puasa dan lebaran, harga sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan. Ketersediaan bahan pangan kerap kali juga sulit didapatkan. Padahal ba

  • Senin, 04 Jun 2018 15:54

    Jelang Idulfitri, Harga Sembako di Palas Cenderung Stabil

    Menjelang H-11 perayaan hari raya Idulfitri 1439 hijriyah, kondisi dan keadaan harga sembako dan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) masih cenderung

  • Kamis, 17 Mei 2018 04:07

    Stok Bahan Pokok Cukup Selama Ramadhan

    Menjelang memasuki bulan suci Ramadhan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengunjungi lokasi pasar tradisional dan modern di Kota Medan, Rabu (16/5/2018). Dari pantauan harga di

  • Kamis, 01 Feb 2018 22:01

    Pangdam I/BB : Tegakkan Hukum dan Disiplin Prajurit Secara Profesional

    Penegakan hukum dan disiplin Prajurit secara profesional, disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri pada upacara Pembukaan gelar Operasi Penegakkan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi POM TNI TA 2

  • Kamis, 18 Jan 2018 19:18

    Menteri Keuangan Pimpin Diskusi Lapangan Perluasan Pelabuhan Belawan

    Peninjauan sejumlah proyek pembangunan di Sumatera Utara (Sumut) oleh tiga menteri yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PU-PR Basuki Hadimuldjono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumandi, dis

  • Minggu, 07 Jan 2018 21:27

    Setelah 7 Tahun, Kereta Api Medan-Belawan Kembali Angkut Penumpang

    Berbarengan dengan jadwal kedatangan/keberangkatan Kapal Penumpang Kelud tiba di Belawan, Selasa (9/1/2018) nanti, manajemen PT Kereta Api Indonesia menyiapkan lima kereta untuk mengangkut penumpang r

  • Selasa, 19 Des 2017 16:19

    Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Sembako Merangkak Naik

    Menjelang Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat di Lubuk Pakam Deli Serdang sekitarnya mulai merangkak naik.

  • Jumat, 15 Des 2017 20:35

    Dandim 0824 Dukung Stabilisasi Harga Pasar

    Mendekati momentum hari raya dan hari besar tertentu kondisi pasar terhadap harga sembilan bahan pokok (Sembako) utamanya selalu mengalami perubahan yang fluktuatif.Hal tersebut dikarenakan kebutuhan

  • Selasa, 21 Nov 2017 03:41

    Harga Jual Cabe di Palas Turun

    Tercatat sejak seminggu terakhir ini, harga jual komoditas cabe di Pusat Pasar tradisional di Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) mengalami penurunan.Pantauan wartawan di Pasar

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak