Rabu, 20 Sep 2017 20:00
  • Home
  • Ekonomi
  • Dinas Perindag Sumut: Stok Garam Sumut Aman

Tinjau Garam Masuk di Belawan,

Dinas Perindag Sumut: Stok Garam Sumut Aman

BELAWAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Senin, 28 Agu 2017 06:38
Dibaca: 86 kali
Dok
Kepala Disperindag Sumut, Alwin dan jajaran saat meninjau gudang garam di Belawan, Minggu (27/8).
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut menjamin stok garam di daerah itu dengan mulai masuknya garam dari dalam dan luar negeri.

"Pekan ini sudah ada masuk 3.600 ton garam yang dipasok PT Garindo dan ada 22.500 ton asal Australia yang sebagian di antaranya untuk Sumut," ujar Kepala Disperindag Sumut, Alwin di Medan, Minggu (27/8).

Dia mengatakan hal tersebut usai meninjau pembongkaran garam asal Australia yang diimpor PT Garam di Pelabuhan Belawan dan meninjau gudang garam tersebut di kawasan Rumah Potong Hewan, Medan Deli.

Alwin dan jajarannya langsung meninjau garam yang berada di Kapal Uni Challege Singapore dengan nomor buritan IMO 9606546.

Alwin yang didampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sumut, Misbah dan Kepala UPT Perlindungan Konsumen dan Pengelolaan Standar Medan, Disperindag Sumut, Perdana Pandia menyebutkan kebutuhan garam daerah itu per tahun sebanyak 28.200 ton. 

Kebutuhan itu mengacu pada jumlah penduduk Sumut yang 14,1 juta jiwa dengan kebutuhan per kapita 2 kilogram per tahun.

"Disperindag Sumut terus berkoordinasi dengan semua yang terkait termasuk perusahaan pemasok untuk bisa mengatasi kelangkaan garam yang sempat tejadi pascaketatnya pasokan garam dari Madura," katanya.

Pasokan ketat dari Madura terjadi karena daerah itu mengàlami gagal panen akibat curah hujan dan kelembaban udara yang tinggi. 

Sumut sendiri, katanya sudah langsung berkoordinasi dan menginformasikan termasuk ke pemerintah pusat saat mulai terjadi kelangkaan.

"Mudah-mudahan kelangkaan garam bisa teratasi di Sumut," ujar Alwin.

Dengan kelangkaan teratasi, maka harga jual juga bisa ditekan kembali ke angka normal.

Akibat langka, harga garam kualitas bagus sempat mencapai Rp8.000 per kg dari harga normal Rp6.000 per kg.

Corparate Secretary PT Garam (Persero), Hartono mengakui, garam impor asal Australia yang dipasok perusahaan tersebut sudah masuk ke Pelabuhan Belawan, Sumut pada Jumat lalu.

"Garam impor yang masuk Pelabuhan Belawan sebanyak 22.500 ton dan sedang dalam proses bongkar itu untuk kebutuhan di Sumatera termasuk Sumut," katanya.

Dia tidak merinci berapa alokasi untuk Sumut karena akan didistribusikan ke industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil  menengah sesuai permintaan pemerintah kota/kabupaten yang sudah diverifikasi.

"Distribusi diharapkan lancar apalagi diawasi Satgas Pangan," katanya.

Hartono mengatakan garam sebanyak 22.500 ton yang masuk ke Pelabuhan Belawan merupakan tahap ketiga .
      
Tahap pertama sebanyak 25.000 ton melalui pelabuhan di Banten, 10 Agustus 2017 yang diperuntukkan bagi warga Jawa Barat, sebagian wilayah di Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Adapun tahap kedua melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebanyak 27.500 ton untuk didistribusikan ke Jawa Timur dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

"Garam baku yang disalurkan melalui berbagai IKM itu harus diyodisasi atau pemberian yodium ke garam," katanya.

Editor: Sam

T#g:belawangaramSembako
Berita Terkait
  • Senin, 11 Sep 2017 11:21

    Masyarakat Pinggiran Rel Belawan Demo Kantor Gubernur Sumut

    Puluhan masyarakat yang mengaku korban penggusuran di bantaran rel kereta api oleh PT KAI di kecamatan Medan Belawan, kota Medan, melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Gubernur Sumut, jalan Diponegoro M

  • Senin, 04 Sep 2017 19:54

    BPS: Agustus, Deflasi 0,77 Persen

    Berdasarkan hasil pantauan di 82 kota di tanah air, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, secara umum menunjukkan adanya penurunan harga komoditas utama, termasuk pengeluaran kelompok bahan makanan

  • Selasa, 29 Agu 2017 18:39

    Dahler: Stok Daging menjelang Lebaran Haji 2017 aman

    Secara umum ketersediaan pangan menjelang Idul Adha 2017 cukup aman. Harga pangan menjelang Idul Adha juga cenderung stabil.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 17:22

    Personel Propam Polres Belawan kena tes urine mendadak

    Polres Pelabuhan Belawan mengadakan kegiatan Test Urine terhadap personil Polres Pelabuhan Belawan pada Jumat, (11/8/2017).

  • Sabtu, 12 Agu 2017 13:02

    Indonesia dinilai belum manfaatkan teknologi untuk produksi garam

    Susan Herawati, Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menilai impor garam yang setiap tahun dilakukan untuk mengatasi kelangkaan stok merupakan dampak dari tidak serius I

  • Kamis, 27 Jul 2017 11:07

    Harga Garam di Padang Lawas Utara Naik Hingga 100%

    Akmal Soleh Tanjung, pemilik grosir bahan sembako di Pasar Gunung Tua, mengaku sepekan belakangan, pasokan garam yang ia terima kurang dan harganya naik hingga 100%."Minggu lalu masih bisa menjual gar

  • Minggu, 23 Jul 2017 07:33

    Danramil Belawan motivasi Satgas TMMD di Sicanang

    Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 tahun 2017 hingga hari ke-19, Sabtu, 22 Juli 2017, difokuskan mengejar pengerjaan sasaran fisik yang belum tuntas.

  • Kamis, 20 Jul 2017 19:50

    Tingkatkan Sinergi, Bakamla RI Gelar Forum Koordinasi Ke-4

    Melalui forum ini hendaknya dapat dijalin komunikasi yang efektif dan efisien antara Bakamla RI dengan instansi pusat maupun daerah serta terjalinnya sinergi antarinstansi untuk menjaga keamanan dan k

  • Senin, 17 Jul 2017 14:27

    PDAM Tirtanadi suplai 5000 liter per hari untuk TMMD di Belawan

    Perusahaan Daerah Air Minun (PDAM) Tirtanadi ikut ambil andil dalam menyukseskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 tahun 2017, di kawasan Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Bel

  • Kamis, 13 Jul 2017 19:13

    Polisi Cegah Bentrok Susulan, Pasca Penyerangan Ketua PP Marelan

    Polres Pelabuhan Belawan meningkatkan pengamanan berupa patroli dan stasioner pasca penyerangan terhadap Ketua Pemuda Pancasila (PP) Marelan, Medan Sumatera Utara, Kamis (13/7).Kapolres Belawan, AKBP

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak