Jumat, 20 Jul 2018 07:55
  • Home
  • Ekonomi
  • Angin Koncang, Sudah Seminggu Nelayan Tak Melaut

Angin Koncang, Sudah Seminggu Nelayan Tak Melaut

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Wan
Kamis, 07 Des 2017 21:47
Dok
Perahu nelayan di Tanjung Tiram tampak banyak bersandar.

Nasib nelayan kecil di wilayah perairan Kabupaten Batubara semakin terpuruk. Pasalnya, angin kencang melanda wilayah tersebut sehingga membuat para nelayan kecil ini tidak dapat melaut.

Pantauan Wartawan, Kamis (7/12), di Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, tampak beberapa perahu milik nelayan hanya tersandar di perairan tersebut. Sejumlah nelayan terlihat mengisi waktu luang mereka dengan memperbaiki jaring dan perahu mereka.

Salahsatu nelayan setempat, Erik (38), mengakui tidak bisa melaut untuk mencari ikan karena tingginya gelombang air laut dan angin kencang tersebut sudah terjadi seminggu belakangan ini, hal tersebut membuatnya menjadi kehilangan penghasilan dari melaut.

"Udah seminggu hari ini terjadi angin kencang, jadi gak bisa melaut, terpaksalah harus nganggur dulu, kalau dipaksakan nanti takutnya diterjang ombak pula di tengah laut," ujarnya.

Erik juga menjelaskan, dalam kondisi seperti ini ikan juga sulit didapatkan. Akibatnya, hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan.
 
"Kalau angin kencang, jaring payah ditebar, lagian pun percuma melaut sebab ikan pun payah didapat, disamping itu resikonya pun besar," tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Cecep (40), karena tidak dapat melaut, beliau harus beralih profesi demi mencukupi kebutuhannya.

"Kalau udah gak bisa melaut terpaksalah kerja serabutan gini, yang penting keluarga masih bisa makan," ujarnya. 

Editor: Budi

T#g:ekonomiNelayanTanjung Tiram
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Jun 2018 21:57

    Usaha Cetak Foto Kebun Binatang Paluta Raup Untung

    Sejumlah usahawan muda yang melakoni usaha bisnis cetak foto di lokasi wisata kebun binatang yang berlokasi di Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meraup untung dari sejumlah pengunjung yang mendatangi lokasi wisata marga satwa tersebut

  • Senin, 28 Mei 2018 04:28

    Sukses, Bermodal Bangkai Tikus

    "Cukup dengan memungut bangkai tikus ini, siapapun dengan kecerdikan, memiliki kemungkinan untuk memulai usahanya dan menghidupi seorang istri." Demikian suatu saat diungkapkan Cullakasehi, seora

  • Rabu, 23 Mei 2018 01:23

    Diundang Warga Bagan Deli, Sihar Sedih Lihat Kondisi Warga yang Merasa Terpinggirkan

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus sedih melihat kondisi warga Bagan Deli Kelurahan  Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.Menghilangkan stigma masyarakat yang merasa terpinggirkan menj

  • Selasa, 22 Mei 2018 16:22

    Sihar: Mahasiswa Harus Kreatif, Bantu Pemerintah

    Enterpreneur sukses, Sihar Sitorus menilai peran penting Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak bisa dikesampingkan begitu saja. UMKM inilah yang menjadi salah satu tonggak dasar perekonomian nasional.

  • Selasa, 22 Mei 2018 03:22

    Kondisi Ekonomi Indonesia di Tahun 2018

    Tahun 2018 merupakan tahun baru bagi semua orang di dunia, tentu saja di tahun ini banyak harapan baru untuk banyak orang dalam berbagai bidang. Kondisi ekonomi merupakan salah satu harapan yang paling banyak dicari.

  • Minggu, 06 Mei 2018 02:36

    Manfaat Kunjungan PM China, Secara Ekonomi dan Politik

    Indonesia akan kedatangan Perdana Menteri China Li Keqiang yang dijadwalkan melakukan lawatan ke Indonesia pada 6-8 Mei 2018.  Lawatan ini menurut Kementerian China merupakan undangan Presiden Jo

  • Jumat, 04 Mei 2018 19:14

    Sihar Sitorus: Ekonomi berkeadilan harus berproses dari hulu ke hilir

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mendorong penataan ekonomi dari hulu. Ini dilakukan agar dapat terwujudnya ekonomi berkeadilan dengan melibatkan berbagai pihak.

  • Kamis, 26 Apr 2018 10:36

    Nelayan Tapteng Dilaporkan Hilang di Perairan Mandailing Natal

    Mail Sitanggang (35), nelayan asal Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dilaporkan hilang di perairan Kabupaten Madina.

  • Kamis, 19 Apr 2018 12:19

    Peduli Keselamatan Nelayan, Bakamla RI Bagikan Life Jacket di Sulut

    Bakamla RI melalui Direktorat Kerja Sama membagikan 55 unit perlengkapan keselamatan melaut Life Jacket kepada nelayan kapal tradisional katinting di Sekretariat ANTRA (Asosiasi Nelayan Tradisional), Manado, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu.

  • Rabu, 18 Apr 2018 08:38

    Bakamla RI Persiapkan Sosialisasi Keselamatan Laut di Medan

    Beberapa saat setelah tiba di Medan, Tim Sosialisasi Bakamla RI yang dipimpin oleh Kasubdit Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut Kombes Pol. Suharwiyono, S.H., M.H. langsung bertolak menuju Kantor Di

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak