Selasa, 14 Agu 2018 18:19
  • Home
  • Ekonomi
  • Airasia Akuisisi 50% Saham Touristly, Startup Perencanaan Perjalanan

Airasia Akuisisi 50% Saham Touristly, Startup Perencanaan Perjalanan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 19 Apr 2017 20:23

AirAsia Berhad mengakuisisi 50% saham perusahaan startup yang bergerak di bidang perencanaan perjalanan online, Touristly Travel Sdn Bhd (Touristly), dengan menyuntikkan aset dan kesepakatan pinjaman senilai 11,5 juta Ringgit Malaysia atau sekitar Rp34 miliar. Demikian diperoleh UTAMANEWS dari Head of Corporate Secretary and Communications AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono, Rabu (19/4/2017).
 
Pada transaksi ini AirAsia Berhad juga menyuntikkan asetnya, yaitu program digital dari majalah inflight AirAsia, Travel 3Sixty senilai 6,5 juta Ringgit atau sekitar Rp19 miliar kepada Touristly melalui AirAsia Investments Ltd dan memberikan fasilitas pinjaman (convertible loan) kepada Touristly senilai 5 juta Ringgit atau sekitar Rp15 miliar untuk modal kerja dan pengembangan.
 
Rangkaian program digital tersebut terdiri dari branding secara online untuk majalah inflight AirAsia, Travel 3Sixty; touchpoint di airasia.com dan aset untuk beriklan secara online lainnya, yang memungkinkan Touristly untuk menjangkau 60 juta pelangganAirAsia setiap tahunnya.
 
Touristly, yang setelah kesepakatan ini akan beroperasi dengan nama Travel 3Sixty, juga akan mendapatkan akses ke aset untuk beriklan secara offline, termasuk di majalah fisik Travel 3Sixty, ruang penyimpanan bagasi kabin di atas tempat duduk penumpang dan meja yang terdapat di depan kursi penumpang di pesawat AirAsia.
 
CEO Grup AirAsia Tony Fernandes juga akan berperan sebagai Ketua Dewan Touristly setelah selesainya akuisisi.
 
Kesepakatan ini akan memperkuat portfolio layanan pendukung AirAsia selain layanan penerbangan, dengan penawaran menarikdari berbagai restoran, taman hiburan, atraksi, spa dan paket tur wisata lainnya di lebih dari 70 destinasi yang AirAsia layani.
 
CEO Touristly, Aaron Sarma mengatakan, "Kami telah memikirkan untuk bekerja sama dengan AirAsia sejak awal. PemahamanAirAsia yang telah berkiprah selama 15 tahun di industri perjalanan akan membantu kami untuk lebih memahami pasar Asia Pasifik dan beradaptasi dengan cepat untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan. Mimpi kami adalah untuk membantu wisatawan yang ingin menjelajahi wilayah Asia Pasifik untuk menemukan hal-hal menakjubkan dan kami sangat senang dapat berbagi platform kamidengan lebih banyak orang."
 
CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, "Kami melihat potensi yang sangat besar pada Touristly, yang akan menyempurnakan penawaran perjalanan yang ada di AirAsia. Pelanggan kami akan dapat memilih dari ribuan kegiatan wisata saat membeli tiket penerbangan, dan hal ini dapat membawa kami selangkah lebih dekat untuk menjadi maskapai digital yang sesungguhnya."
 
Pada Mei 2016, Touristly berhasil medapatkan pendanaan dari inkubator startup Tune Grup, Tune Labs, yang dipimpin oleh Tony Fernandes, Datuk Kamarudin Meranun dan Lim Kian Onn.
 
Touristly juga merupakan salah satu dari dua startup yang terpilih pada Pitch@Palace Malaysia pada Juni 2016 lalu untuk mewakili negaranya di Pitch@Palace Global, yang digelar di St James Palace di London, Inggris pada bulan Desember 2016.

Editor: Dian

T#g:AirAsiatechno
Berita Terkait
  • Kamis, 02 Agu 2018 21:42

    AirAsia membawa dunia internasional lebih dekat dengan Danau Toba

    AirAsia memperluas jejaknya di ASEAN dengan peluncuran penerbangan langsung empat kali seminggu dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2), Malaysia ke Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utar

  • Jumat, 20 Jul 2018 11:20

    Konfirmasi pesanan 66 unit pesawat Airbus A330neo, Airasia tambah pesan 34 unit

    Maskapai jarak jauh berbiaya hemat, AirAsia X, baru saja menambahkan jumlah pesanan pesawat berbadan lebar Airbus A330neo sebanyak 34 unit.

  • Kamis, 21 Jun 2018 00:21

    Desa Unik Ini Memiliki Matahari Buatan

    Manusia tercipta sebagai mahluk berakal yang mampu mencari solusi dari sebuah masalah. Seperti misalnya cara mengatasi musim dingin yang ekstrim, sebuah kreatifitas berhasil mengembalikan kehangatan di sebuah desa di Italia.

  • Senin, 14 Mei 2018 23:14

    Perlombaan Teknologi Tepat Guna Tebing Tinggi

    Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan membuka perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan BPMK Rabu (9/5) di aula BPMK dan diikuti oleh 21 orang peserta dari pelajar SMA/SMK se Tebing Tinggi.

  • Kamis, 03 Mei 2018 10:53

    AirAsia X Indonesia resmikan penerbangan perdana Jakarta-Tokyo Narita

    AirAsia X Indonesia (kode penerbangan XT) hari ini meresmikan pengoperasian rute baru yang menghubungkan Jakarta, Indonesia, dan Tokyo Narita, Jepang, menjadikannya satu-satunya maskapai berbiaya hema

  • Sabtu, 28 Apr 2018 14:28

    Masih Berfungsi, Planetarium Tertua di Dunia

    ILMU sains abad pertengahan di balik Planetarium Royal Eise Eisinga cukup mencengangkan siapapun yang melihatnya. Astronom amatir Belanda Eise Essinga berhenti sekolah pada usia 12 tahun, tapi dia membangun model sistem tata surya yang sempurna di ruang t

  • Jumat, 20 Apr 2018 08:20

    Peserta ISTX 2018 Laksanakan Latihan Aplikasi Cyber Lindungi Network

    Peserta Information System and Technology Exchange (ISTX) 2018 antara prajurit TNI dengan tentara Angkatan Bersenjata Amerika Serikat melaksanakan latihan aplikasi keamanan Cyber untuk melindungi Network dari serangan dan ancaman Cyber luar, bertempat di

  • Kamis, 19 Apr 2018 20:19

    Aslog Panglima TNI: Kemajuan Teknologi Rubah Budaya Kerja Secara Komputerisasi

    Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang teknologi telah memudahkan dalam mengerjakan tugas menjadi lebih cepat dan lebih baik. Kemajuan teknologi akan merubah budaya kerja dari budaya konvens

  • Sabtu, 07 Apr 2018 06:27

    Dampak Erupsi Sinabung, AirAsia Batalkan dan Jadwal Ulang Sejumlah Penerbangan

    AirAsia menginformasikan bahwa sejumlah penerbangan dari dan menuju Medan (Kualanamu) terdampak erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara.Baskoro Adiwiyono, Head of Communications, AirAsia Indonesiamen

  • Kamis, 29 Mar 2018 19:29

    Mahasiswa Dituntut Miliki Kemampuan 3 M

    Sumber Daya Manusia (SDM) Sumatera Utara (Sumut) yang unggul merupakan salah satu kunci utama yang menentukan keberhasilan program pembangunan daerah.Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak