Kamis, 19 Jul 2018 16:29

Pekerja Tidak Didaftarkan BPJS, Perusahaan Bisa Kena Sanksi

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Senin, 18 Sep 2017 21:28
Dok
Kepala BPJS Kabupaten Palas, Mourinho Felly Latuferisa alias Neno, memberikan keterangan pers.

Bila diketahui masih ada perusahaan yang beroperasi di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), dan perusahaan tidak atau belum mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS, maka perusahaan bisa dikenakan sanksi. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Palas, Mourinho Felly Latuferisa, kepada wartawan, di kantonya, Senin (18/9/2017).

"Ketentuan kepesertaan BPJS bagi setiap pekerja, sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS," jelas Neno, panggilan akrabnya. 

"Hal ini termaktub dalam Bab V pendaftaran peserta dan pembayaran iuran. Pada Pasal 14 disebutkan, setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial," ungkap Neno. 

Dalam Pasal 15, lanjutnya, pemberi kerja secara bertahap wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya sebagai peserta kepada BPJS sesuai dengan program jaminan sosial yang diikuti. 

Ketentuan mengenai itu, jelasnya, tertuang dalam Perpres nomor 109 tahun 2003 tentang penahapan kepesertaan program jaminan sosial.

Dalam Pasal 2, ayat 1 dan 2 dari Perpres nomor 109 tahun 2003 disebutkan, setiap pemberi kerja dan pekerja berhak atad jaminan sosial. 

"Jaminan sosial sebagaimana dimaksud pada ayat 1 meliputi,  jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian," paparnya.

Sedangkan sanksi bagi perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya ke BPJS, ucap Neno, tertuang dalam PP nomor 86 tahun 2013 tentang tata cara sanksi.

"Menurut informasi yang kami terima, sampai saat ini masih banyak perusahaan di Kabupaten Palas yang belum mendaftarkan pekerjanya ke BPJS. Perusahaan seperti ini yang akan kami surati," sebutnya. 

Sesuai aturannya, BPJS Ketenagakerjaan akan melayangkan surat pemberitahuan pertama kepada perusahaan. Bila surat pemberitahuan pertamanya dilayangkan, dalam waktu 7 hari tidak ditanggapi perusahaan, BPJS akan melayangkan surat pemberitahuan kedua. 

"Apabila BPJS sudah dua kali melayangkan surat pemberitahuan ke perusahaa, dan perusahaan belum juga menanggapi. Maka BPJS bersama Disnaker Palas akan melakukan kunjungan ke perusahaan tersebut," katanya. 

Selanjutnya, untuk memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak juga mendaftarkan pekerjanya ke BPJS, surat pemberitahuan pertama dan kedua, berikut berita acara kunjungan ke perusahaan akan diserahkan ke Kejari Palas untuk diproses secara hukum. 

Menurut Neno, perusahaan yang tidak mendaftarkan pekerjanya ke BPJS, sementara perusahaan sudah bertahun-tahun beroperasi di daerah Palas, tentunya bukan hanya pekerja yang dirugikan, tetapi juga merugikan negara. 

"Bentuk sanksi yang akan diberikan kepada perusahaan yang tidak daftarkan pekerjanya ke BPJS, dapat berupa sanksi administratif, bahkan bisa berupa sanksi pidana," tegasnya.

Editor: Sam

T#g:BPJSPalas
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Jul 2018 18:48

    Puncak HUT Ke-11 Palas, Bupati Ajak Masyarakat Wujudkan Perubahan

    Sedikitnya tiga ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Padang Lawas (Palas), tumpah memadati Lapangan Merdeka di Sibuhuan, menghadiri puncak acara HUT Ke-11 Pemkab Palas, dengan sajian ac

  • Selasa, 17 Jul 2018 09:57

    Refleksi HUT Ke-11 Pemkab Palas, Warga Desak Pemerintah Perbaiki Infrastruktur Jalan

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) genap berusia 11 tahun pada tanggal 17 Juli 2018, setelah resmi dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pada 17 Juli 2007 silam. Namun

  • Kamis, 12 Jul 2018 18:42

    Saleh Partaonan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Tradisional

    Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Dr Saleh Partaonan Daulay MAg MHum MA menggelar kegiatan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Tradisional dengan Mitra Kerja di Desa Ujung Batu IV Kecamatan Hutaraja Tinggi Ka

  • Kamis, 05 Jul 2018 18:25

    RMI NU Diharapkan Jadi Alat Konsolidasi Ponpes NU di Palas

    Keberadaan Rhabithah Ma'ahadi Islamiyah Nadhatul Ulama (RMI NU) atau istilahnya persatuan Pondok Pesantren (Ponpes) berbasis NU di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) diharapkan dapat menjadi s

  • Rabu, 04 Jul 2018 14:54

    KPU Palas Rapat Pleno Hasil Pilkada Serentak

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak tahun 2018, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Palas.

  • Kamis, 28 Jun 2018 12:08

    Hasil Sementara Pilkada Palas, Paslon 2 Raih 10.142 Suara di Sosa

    Berdasarkan hasil perhitungan cepat sementara atau quickcount, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) nomor urut 2, H. Ali Sutan Harahap dan H. Ahmad Zarnawi Pasaribu di

  • Rabu, 27 Jun 2018 15:17

    Proses Pemungutan Suara di Sosa Aman dan Lancar

    Proses kegiatan pemungutan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) di beberapa kecamatan di daerah ini ter

  • Selasa, 26 Jun 2018 18:46

    Pilkada Serentak di Hari Rabu, Pasar Tradisional Sepi Pembeli

    Pelaksanaan Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun 2018, yang dilaksanakan pada Hari Rabu tang

  • Minggu, 24 Jun 2018 16:04

    H-3 Pilkada Palas, KPU Palas Minta APK Dibersihkan

    Menjelang tiga hari pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), KPU

  • Sabtu, 23 Jun 2018 15:33

    Ketua KPUD Palas Ajak Masyarakat Jaga Kekondusifan Pilkada

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas membuka acara debat publik kedua pasangan calon (paslon)  bupati dan wakil bupati Palas,  di Asrama Haji, Sibuhuan, Jum'at (22/6/2018)

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak