Senin, 18 Jun 2018 22:41
Iklan Paslon Paluta

PT. SHBM Diharap Tinjau Surat Mutasi Pekerjanya

Palas (UtamaNews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Senin, 11 Sep 2017 20:21
Dok
Kasi Pengupahan dan Jaminan Sosial Disnaker Palas, Muhammad Idrisman Mendefa.
Selamat Puasa Paluta

Manajemen PT Sumber Huta Baru Makmur (PT. SHBM), yang saat ini sedang masa transisi ke perusahaan PT. KAS STA Group Kebun Sosa, diharapkan dapat mengkaji ulang dan meninjau kembali kebijakan mutasi kerja 2 orang karyawannya, atas nama Robet Simamora dan Hotma Simamora ke Kebun Bahar Jambi, di Jambi.

Hal ini berdasarkan konfirmasi wartawan dengan Kasi Pengupahan dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Disnaker Palas, Muhammad Idrisman Mendefa, Senin (11/9/2017) dalam menanggapi persoalan hubungan industrial di lingkungan perusahaan PT SHBM akhir-akhir ini.

"Kita mengharapkan setiap perusahaan agar senantiasa mengkaji dan meninjau UU 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, merujuk peraturan perusahaan, perjanjian kerja, dalam setiap mengambil kebijakan mutasi pekerja," ucapnya. 

"Dalam hal mutasi kerja yang dialami oleh saudara Robet Simamora dan Hotma Simamora, tentunya PT. SHBM harus mengambil kebijakan mutasi dengan melihat UU Ketenagakerjaan itu. Seperti pada pasal 32, disebutkan, perusahaan harus mempertimbangkan objektivitas dan kemampuan pekerja, serta memperhatikan asas keterbukaan, keadilan, dan hak asasi pekerja," ujarnya.

"Pada ayat 1, Pasal 32 disebutkan, penempatan tenaga kerja dilaksanakan berdasarkan asas, terbuka, bebas, obyektif, serta adil, dan setara tanpa diskriminasi," ungkapnya. 

"Pada ayat 2 disebutkan, penempatan tenaga kerja diarahkan untuk menempatkan tenaga kerja pada jabatan yang tepat sesuai dengan keahlian, keterampilan, bakat, minat dan kemampuan dengan memperhatikan harkat, martabat, hak asasi, dan perlindungan hukum," paparnya.

"Serta mengkomunikasikan dengan pekerja yang bersangkutan, perihal mutasi kerja dengan pekerja yang bersangkutan. Diharapkan dengan adanya komunikasi tersebut, akan terjalin hubungan industrial yang harmonis dan bersinergi," jelasnya.

Dalam surat mutasi kerja, lanjutnya, sebaiknya disebutkan alasan-alasan kenapa pekerja dimutasikan. "Kebijakan perusahaan menerbitkan surat mutasi kerja, juga harus mengacu pada peraturan perusahaan, perjanjian kerja dan perjanjian kerja bersama (PKB)," papar Mendefa.

"Kami berharap persoalan mutasi kerja karyawan PT SHBM ini, bisa mempertimbangkan ketentuan Pasal 32 undang-undang ketenagakerjaan. Karena sampai kini, kami belum melihat peraturan perusahaan PT. SHBM yang disahkan oleh Disnaker," pungkasnya.

Sementara, informasi diperoleh dari sejumlah karyawan PT SHBM menyebutkan, perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Bahar, Jambi tersebut, bukan bagian dari perusahaan PT. SHBM, melainkan perkebunan pribadi milik Direktur PT. SHBM.

Menyikapi persoalan ini, Asisten PT. SHBM yang sedang masa peralihan ke PT. KAS STA Group, Abdul Hadi Lubis, saat pertemuan monitoring bersama KC FSPMI Palas dan Disnaker Palas, pada Rabu (6/9/2017) minggu lalu menyatakan, pihaknya akan menyampaikan persoalan ini pada pimpinan perusahaan.

Editor: Sam

T#g:MutasiPalasSHBM
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Jun 2018 18:37

    Suasana Lebaran, Arus Lalulintas Palas-Paluta Ramai Lancar

    Hingga H+3 musim libur lebaran Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1439H, kondisi dan keadaan arus lalulintas sepanjang jalan lintas yang menghubungi daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) menuju ke Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terpantau ramai lancar.

  • Senin, 11 Jun 2018 12:01

    Terkait realisasi penggunaan anggaran Pemkab Palas, API Ajukan Permohonan Eksekusi Putusan KIP

    Aktivis Aliansi Peyelamatan Indonesia (API) mengajukan permohonan eksekusi putusan informasi publik (KIP) Provinsi Sumatera Utara terkait dengan realisasi penggunaan anggaran Pemerintah Kabupaten Padang Lawas.

  • Selasa, 05 Jun 2018 04:05

    KPU Palas Nyatakan Berkas 2 Cawabup Palas "MS"

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menyatakan bahwa Surat pengunduran diri Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) dan Syahrul Effendi Hasibuan (SEH), keduanya sebagai Calon Wakil Bupati (C

  • Kamis, 31 Mei 2018 22:31

    Amran Pulungan: Pengunduran Diri AZP dan SEH Memenuhi Syarat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menyatakan bahwa Surat pengunduran diri Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) dan Syahrul Effendi Hasibuan (SEH) sebagai Calon Wakil Bupati Palas telah memenu

  • Selasa, 29 Mei 2018 19:19

    Kadis Perizinan dan Penanaman Modal Palas Terjaring OTT Tipikor Poldasu

    Terjaring operasi tangkap tangan ( OTT), Kepala Dinas Perizinan dan Pemahaman Modal Kabupaten Padang Lawas (Palas) Arseh Hasibuan (AH), diamankan dan diambil keterangan oleh pihak Personil Tindak Pida

  • Jumat, 25 Mei 2018 20:25

    Camat Huragi Libatkan Swasta Perbaiki Jalan Provsu Rusak

    Kondisi kerusakan badan jalan lintas Provinsi Sumatera Utara (Provsu) yang terbentang di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) kian memburuk saja. Seperti halnya kondisi dan keadaan kerusakan badan ja

  • Selasa, 15 Mei 2018 19:16

    Tondi-Syarifuddin Dekat di Hati Masyarakat Palas

    Pasangan Calon Bupati nomor 1, Tondi-Syarifuddin semakin dekat di hati masyarakat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kehadiran masyarakat setiap pasangan ini berkampaye. Seperti terlihat pada suasa

  • Sabtu, 12 Mei 2018 13:52

    Tim Pemenangan Tondi-Syarifuddin Klarifikasi Proposal Bantuan

    Tim pemenangan nomor urut 1, Tondi-Syarifuddin beri klarisifikasi terkait adanya rumor yang berkembang di media sosial, tentang proposal untuk meminta bantuan dana ke perusahaan yang ada di Palas.Pena

  • Kamis, 10 Mei 2018 10:50

    KPU Palas Rapim Bersama PPK dan Sekretaris

    Mengusung tema "Sinergitas penyelenggara kunci suksesnya pelaksanaan Pilkada Padang Lawas (Palas) tahun 2018", Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palas gelar rapat pimpinan bersama seluruh anggota PPK dan se

  • Selasa, 08 Mei 2018 18:08

    Suksesi Pilkada Palas 2018, Paslon No 1 Teken 'Sepultura' FSPMI Palas

    Pasangan calon Bupati dan calon wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), H. Tondi Roni Tua dan H. Syarifuddin Hasibuan, yang akan turut berkompetisi pada Pilkada Serentak Kabupaten Palas tahun 201

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak