Jumat, 18 Agu 2017 00:16
Iklan Kota1

Refleksi Hari Buruh 2017,

Joko Lelono, Masih Aktif Bekerja di Usia Pensiun

Palas (UtamaNews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Sabtu, 29 Apr 2017 20:38
Dibaca: 231 kali
Maulana Syafii
Joko Lelono (58), petugas Yantek PT. Sentra pada Kantor Jaga PLN Ujung Batu, Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas.
Memperingati hari buruh internasional tahun 2017, yang setiap tahunnya diperingati oleh para pekerja/buruh di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia pada tanggal 1 bulan Mei, dengan menggelar berbagai bentuk aksi, juga orasi jalanan. Tujuannya agar nasib para pekerja/buruh, khususnya di Indonesia mendapatkan hak-hak normatifnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Mengusung​ refleksi hari buruh tersebut, adalah Joko Lelono (58), warga Desa Pirtrans Sosa Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas), yang sudah memasuki usia pensiun, namun masih aktif bekarja sebagai petugas pelayanan teknik (Yantek) di perusahaan PT. Sumber Energi Sumatra (Sentra), vendor PT. PLN Rayon Sibuhuan.

Ditemui wartawan di Kantor Jaga PLN Ujung Batu, Kecamatan Sosa, pada Sabtu (29/4), Mas Joko, begitu sapaan akrab pria berdarah jawa ini mengisahkan historis pekerjaannya di perusahaan vendor PT. PLN.

"Saya diangkat menjadi karyawan Outsorching PT. Sentra sejak tahun 1997, menjabat sebagai Pos Lampu di Pirtrans Sosa, yang sebelumnya merupakan sub kerja pihak Kokalis (Koperasi Karyawan Listrik). Waktu itu gajinya sebesar Rp. 150.000 perbulan, gaji sebesar itu saya peroleh hingga tahun 2008. Perlahan dan sangat lama sekali gaji kami sebagai petugas di perusahaan vendor PLN baru naik," akunya.

"Saat ini, gaji yang saya terima sebesar Rp. 2.513.000 perbulan, berlaku mulai bulan Maret 2017. Gaji sebesar itu, alhamdulillah kami syukuri, sehingga kami bersama isteri saya mampu membiayai kedua orang putri kami kuliah di perguruan tinggi di Pulau Jawa," ujarnya.

"Memang, kalau dihitung-hitung, manalah cukup gaji sebesar itu, untuk biaya hidup dan membiayai kuliah dua orang anak sekaligus. Tapi, begitulah kenyataan hidup kami sebagai karyawan perusahaan vendor PLN, yang kami rasakan selama ini. Ya, disyukuri aja, mas," tuturnya.

"Memang saya, kan tinggal di lokasi Pirtrans Sosa. Tapi, saya dapatkan lokasi itu, karena memang saya peserta program trans pemerintah untuk lokasi Provinsi Sumut pada tahun 1989 yang lalu. Adapun satu unit sepeda motor yang saya gunakan saat ini, berasal proses lelang yang dilakukan perusahaan tempatku bekerja, pada tahun 2016," sebutnya.

Bekerja selama 20 tahun terakhir di perusahaan lain/vendor PT. PLN Rayon Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas (Palas), tentu saja sudah banyak pengalaman pahit dan manis yang dirasakannya menjadi buruh pekerja. Mulai dari bentuk teguran lisan hingga pemutasian ke tempat kerja yang jauh dari tempat tinggalnya.

Dari hasil pekerjaannya sebagai buruh, pria berdarah Jawa ini mengaku, hanya bentuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat pelanggan PLN di wilayah kerjanya yang ia dapatkan. Tidak jarang mendapatkan ocehan dan makian di saat listrik PLN padam tanpa pemberitahuan, dan juga bekerja di tengah malam, memperbaiki jaringan listrik PLN pada saat terjadi gangguan, juga kerap dirasakan pria ini.

Lewat momentum Hari Buruh tahunn2017, Joko Lelono, pria yang kini berusia 58 tahun ini,  besar harapannya, kiranya pihak manajemen PT. Sentra Kantor Pusat di Jalan Mustafa Nomor 44 Glugur Darat Medan, dapat segera mengeluarkan surat pensiun, karena memang usianya sudah memasuki usia pensiun.

"Saya bermohon kepada Bapak Hendra Atmaja, Direktur Utama PT. Sentra di Medan, agar bisa menepati janjinya kepada saya yang sudah tua ini. Mohon lah, Pak Hendra, saya bisa pensiun dari PT. Sentra, dan jangan dianggap mengundurkan diri," pintanya.

Permintaan Mas Joko ini, tentunya berdasarkan surat perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) PT. Sentra, nomor : 371/SPK-SES/XII/2015, tanggal 1 desember 2015. Pada pasal 10, dalam PKWTT itu disebutkan tentang batas usia pensiun.

"Isinya, karyawan dan perusahaan sepakat secara otomatis tidak memperpanjang surat perjanjian kerja apabila telah berusia 55 tahun, dan diberikan imbalan jasa sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Saat ini usia saya sudah 58 tahun, mohon lah pak, saya bisa dipensiunkan," ujarnya berharap sangat.

Editor: Sam

T#g:tokoh
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 20:47

    Inilah Profil 8 Tokoh Penerima Anugerah Tanda Kehormatan dari Presiden Jokowi

    Presiden Jokowi menganugerahkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia kepada 8 (delapan) tokoh masyarakat, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8) siang.

  • Rabu, 09 Agu 2017 20:39

    Serka Darwis, Inspirator Dalam Membangun Ketahanan Wilayah

    Aktivitas menjalankan tugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1412-03/Rante Angin, telah menjadikan seorang Serka Muh. Darwis menjadi inspirator bagi aparatur negara lainnya di negeri ini.

  • Kamis, 30 Mar 2017 03:59

    Layanan Administrasi Warga di Desa Mananti Sosa Jae Bebas Biaya

    Selama tiga bulan terakhir, warga masyarakat di Desa Mananti Sosa Jae, Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Palas, mendapatkan program layanan administrasi dari pemerintahan desa setempat secara gratis, tanpa dipungut biaya.

  • Kamis, 30 Mar 2017 04:47

    H. Muhammad Jaddah, Sukarela Perbaiki Jalan Provsu Papaso

    H. Muhammad Jaddah terlihat sering seorang diri tengah memperbaiki titik-titik badan jalan Provsu Papaso yang rusak secara sukarela.

  • Selasa, 14 Mar 2017 21:47

    Kisah Heroik Gurning di sela kebakaran hebat Terminal Ajibata ‎

    Sedikitnya 10 rumah dan satu gudang hangus terbakar pada kebakaran terjadi sekitar pukul 08.10 Wib di belakang Terminal Ajibata Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Selasa (14/3).Informasi yang

  • Rabu, 25 Jan 2017 10:18

    RE Nainggolan: Toleransi adalah kekuatan besar bagi keberagaman Indonesia

    Sumatera Utara (Sumut), bahkan Indonesia, dihuni oleh masyarakat yang multi etnis, agama, ras dan budaya. Keberagaman itu sendiri menjadi potensi dan modal besar untuk mencapai cita-cita luhur bangsa

  • Minggu, 22 Jan 2017 15:35

    Reguel Sidjabat Salah Satu Perancang Masjid Istiqlal, Tutup Usia

    Reguel Sidjabat, salah satu anggota tim perancang Masjid Istiqlal tutup usia pada umur 80 tahun. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, pada Sabtu 20 Januari kemar

  • Jumat, 12 Agu 2016 05:57

    Kolonel Inf Immanuel Ginting: Serma Musbah Selamatkan Puluhan Korban Kapal Terbakar

    Sersan Mayor (Serma) Musbah yang merupakan Babinsa di Koramil Maligano, Kodim 1416/Muna, melakukan Aksi heroik secara spontan saat menyelamatkan korban terbakarnya Kapal Lintas Biru Nusantara jurusan

  • Jumat, 22 Jul 2016 09:02

    SD Negeri 116256 Suka Sari Labura tampak asri dan berprestasi

    Sunarsih, SPd adalah sosok kepala sekolah yang gigih dan disiplin serta sangat peduli dengan dunia pendidikan juga menyandang penghargaan sebagai juara kepala sekolah berprestasi dari Bupati Kabupaten

  • Minggu, 05 Jun 2016 08:53

    Naluri Ayah seorang Kompol Lesman Zendrato

    Nilai luhur kemanusiaan dan naluri seorang ayah ternyata melekat dalam jiwa Kompol Lesman Zendrato. Sisi humanis perwira dengan melati satu di pundak ini tersentuh hatinya mendapati seorang anak yang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak