Sabtu, 18 Agu 2018 16:01

FSPMI Minta Pemkab Palas Peduli HAM, Bukan Pencitraan

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Rabu, 24 Jan 2018 12:04
Dok
Pengurus KC FSPMI Palas fose di depan Baliho Bupati Palas terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM.

Pengurus Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Kabupaten Padang Lawas (Palas) meminta Pemkab Palas, agar predikat kabupaten Peduli HAM tidak sekedar pencitraan menjelang Pilkada Serentak tahun 2017.

Seperti diketahui, pada tanggal 12 Desember 2017 yang lalu, Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI, sebagai Kabupaten Peduli HAM.

"Kami sangat-sangat berharap penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM ini, tidak hanya sebatas pencitraan menjelang musim pesta demokrasi Pilkada Serentak tahun 2018," sebut Sekretaris KC FSPMI Palas, Uluan Pardomuan Pane didampingi Wakil Ketua, Sudarno, Selasa (23/1/2018).

"FSPMI Palas meminta kepada Bupati Palas yang telah menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM, agar benar-benar dapat mewujudkan HAM yang sebenarnya. Khususnya HAM ketenagakerjaan kepada kalangan pekerja atau buruh di daerah Palas ini," desaknya. 

Pasalnya, lanjutnya, sesuai hasil penelitian FSPMI Palas terhadap sejumlah perusahaan yang tersebar di daerah ini, masih banyak perusahaan yang melanggar hak-hak normatif yang merupakan HAM bagi pekerja atau buruh, untuk kesejahteraan hidupnya. 

"Contohnya, masih banyak pekerja di perusahaan yang menerima upah di bawah UMK. Karyawan atau pekerja yang tidak diberikan kebebasan berserikat pekerja dan pelanggaran HAM di bidang ketenagakerjaan lainnya," ungkapnya. 

Untuk itu, tambahnya, dengan diterimanya Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM, Bupati Palas dapat lebih memperhatikan nasib dan kesejahteraan para pekerja dan buruh di daerah ini.

"Ingat, pekerja dan buruh yang ada di Palas juga memiliki hak suara di Pilkada Palas tahun 2018. Bila hak-hak normatif buruh belum juga bisa diperbaiki, bukan tidak mungkin buruh dan pekerja di Palas akan melakukan boikot Pilkada Palas tahun 2018," tegasnya. 

Sebelumnya, Kasi Pengupahan dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Disnaker Palas, Muhammad Idrisman Mendefa saat berbincang dengan wartawan, Rabu (17/1/2018) mengungkapkan, sesuai data yang ditemui, sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di daerah Kabupaten Palas, sampai kini terindikasi masih ada menyimpan watak sistem kolonialisme. 

"Indikasinya, karena masih ada perusahaan yang cenderung menempatkan karyawan atau pekerjanya sebagai budak, bukan sebagai buruh atau pekerja yang dilindungi undang-undang ketenagakerjaan," ucap Mendefa.

"Indikasi perusahaan di Palas masih menyimpan sistem kolonialisme, karena kami temukan ada perusahaan yang mempekerjakan karyawannya tanpa dibarengi dengan surat keterangan pengangkatan karyawan atau SK pekerjanya, atau bukti tertulis yang mesti dipegang oleh pekerja bahwa dia memang betul dan legal sebagai pekerja di perusahaan itu," ungkapnya.

Editor: Tommy

T#g:FSPMIHAMPilkada Palas
Berita Terkait
  • Minggu, 12 Agu 2018 16:32

    Dr. Suhendro SH, MHum: KPU Palas Diduga Telah Mengeyampingkan Asas Hukum

    Terkait Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan tahun 2018, Kuasa Hukum pasangan calon nomor urut 1 Tondi Rani Tua-Syarifuddin Hasibuan, DR. Suhendro SH, MHu

  • Senin, 23 Jul 2018 18:23

    Kababinkum TNI Terima Ketua Komnas HAM

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. diwakili oleh Kepala Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI Mayjen TNI Joko Purnomo, S.H., M.H. didampingi Oditur Jenderal (Orjen) TNI Brigjen TNI Sumartono,

  • Senin, 23 Jul 2018 06:33

    Paslon Nomor 2 Pilkada Palas Terancam Diskualifikasi

    Pasangan Calon Nomor 2 (Petahana) Ali Sutan Harahap-drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht terancam diskualifikasi berdasarkan surat rekomendasi Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas.&n

  • Selasa, 17 Jul 2018 11:07

    Diduga Kangkangi Aturan, PT NP Terbitkan Surat PHK Baru Surat SP-3

    Diduga kuat telah mengangkangi dan menyalahi ketentuan serta aturan dalam undang-undang ketenagakerjaan, manajemen PT Nasangga Putra (PT. NP) yang berlokasi di Simirik, Kota Padangsidempuan memberhentikan dua orang pekerjanya.

  • Rabu, 11 Jul 2018 03:11

    Koramil 0824/18 Kencong Berikan Materi PBB dan Wasbang MOS SMK Muhammadiyah 05 Jember

    Bertempat di halaman sekolah Sekolah Menengak Kejuruan (SMK) Muhammadyah 05 Jember yang berlokasi di Ds Cakru Kec Kencong Kabupaten Jember dilaksanakan masa orientasi sekolah (MOS) bagi siswa siswi ba

  • Minggu, 08 Jul 2018 07:08

    Laporan 69 Kasus Pembunuhan Di Papua Tidak Bisa Dipertanggungjawabkan

    Saat ini kita sedang dihebohkan dengan adanya laporan dari Lembaga Amnesty International Indonesia terkait adanya 69 kasus pembunuhan di Papua yang tidak diproses secara hukum, dan dari 69 kasus terse

  • Rabu, 04 Jul 2018 14:54

    KPU Palas Rapat Pleno Hasil Pilkada Serentak

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak tahun 2018, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Palas.

  • Rabu, 04 Jul 2018 11:04

    Ebiet Jadi Pjs. Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Medan

    Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Medan dalam rapat pleno menetapkan Ebit Prayugo Radityo menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Medan.

  • Kamis, 28 Jun 2018 12:08

    Hasil Sementara Pilkada Palas, Paslon 2 Raih 10.142 Suara di Sosa

    Berdasarkan hasil perhitungan cepat sementara atau quickcount, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) nomor urut 2, H. Ali Sutan Harahap dan H. Ahmad Zarnawi Pasaribu di

  • Rabu, 27 Jun 2018 08:17

    Muhammadiyah dan NU akan perbanyak konten Wasatiyah Islam di internet

    Konten terkait Wasatiyah Islam harus diperbanyak di internet, karena Wasatiyah Islam mampu membendung radikalisme di berbagai belahan dunia. Hal ini dibahas dalam diskusi selama 3,5 jam yang diadakan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak