Jumat, 19 Jan 2018 02:31

FAM-DL Demo PT SIP, Tuntut Perekrutan Tenaga Kerja Lokal

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Wan
Selasa, 19 Des 2017 16:59
Dibaca: 134 kali
Dok
Puluhan warga dari empat desa saat berunjukrasa di lokasi perusahaan PT Sarana Industama Perkasa (SIP).

Puluhan warga dari Empat Desa yakni Desa Lalang, Medang, Pakam dan Kuala Tanjung, Kecamatan Medang Deras dan Sei Suka Kabupaten Batu Bara yang tergabung dalam Forum Angkatan Muda Desa Lalang (FAM-DL)  berunjuk rasa di kantor perusahaan PT Sarana Industama Perkasa (SIP), Selasa (19/12).

Dalam orasinya, pendemo meminta agar perusahaan itu, sebagai pihak penyelenggara terkait penerimaan tenaga kerja PT Bakrie​ Sumatera Plantation atau PT Domas Agrointi Prima (PT Domba Mas), memperioritaskan tenaga kerja lokal.

Salah seorang orator, M. Syafri (MS) menyebutkan, kehadiran perusahaan itu harus berdampak positif dengan menekan angka pengangguran di Kabupaten Batu Bara.

"Kami ingin, tenaga kerja lokal dipekerjakan, bukan dari luar kota yang diutamakan perekrutannya," terang MS

Shoma Sakti sebagai koordinator menyatakan aksi damai yang dilakukan oleh rekan-rekan hanya semata menuntut untuk mengutamakan putra daerah dalam perekrutan tenaga kerja.

" Meminta agar masyarakat lokal diberdayakan dalam perekrutan tenaga kerja 60% sesuai dengan undang-undang," pungkas Sakti.

Sementara manager perusahaan, Indra, didampingi oleh Humasy Ermis Tanjung menerima beberapa perwakilan massa, dan hasil dari pertemuan menyimpulkan dalam perekrutan tenaga kerja lokal lebih diprioritas sesuai tuntutan masyarakat dan proses perekrutan lebih transparan.

Indra mewakili PT Sarana Industama Perkasa berkomitmen dalam perekrutan akan selalu transparan serta berkenan dengan tuntutan masyarakat persentase 60% tenaga kerja hal tersebut akan disampaikan ke pimpinan perusahaan.

"Perusahan akan mengundang kembali perwakilan dari masyarakat pada tanggal 27 Desember 2017 sesuai dengan tuntutan," tutup Indra.

Usai menerima penjelasan, massa kemudian membubarkan diri dengan tertib. Meski berlangsung aman, petugas kepolisian masih mengawal jalannya aksi warga ini hingga massa tidak terlihat lagi. 

Editor: Budi

T#g:aurBatubaraBuruh
Berita Terkait
  • Rabu, 17 Jan 2018 12:07

    Perusahaan di Palas Terindikasi Masih Berwatak Kolonial

    Sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), sampai kini terindikasi masih ada menyimpan watak sistem kolonialisme. Hal ini diindikasikan karena

  • Rabu, 17 Jan 2018 10:27

    Bupati Batubara Nonaktif Akui Terima Uang Milyaran

    OK Arya Zulkarnaen, Bupati Batubara Nonaktif, mengakui menerima uang proyek hingga miliaran rupiah dari kontraktor Maringan Situmorang, terkait pengaturan sejumlah proyek untuk tahun anggaran 2017.Ini

  • Jumat, 12 Jan 2018 14:42

    Zahir-Oky Didukung Partai Gerindra, PPP, PKB, PBB dan PDIP

    Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Batubara, Ir H. Zahir MAP-Oky Iqbal Frima, SE diantar para partai pengusung dan pendukung saat mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara

  • Kamis, 11 Jan 2018 09:47

    Sah,!!!! Pasangan DARAJAT Diterima Pendaftarannya Di KPU

    Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Batubara periode 2018-2023, Drs H.Darwis,MSi-H.Janmat Sembiring,SE, Rabu (10/1) mendaftaran ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara, Jalan Perin

  • Kamis, 04 Jan 2018 20:34

    Kampak Tabagsel Minta Kadis Perhubungan Ditangkap

    Puluhan massa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Pemuda Anti Korupsi (Kampak Tabagsel) berunjuk rasa menuntut Kadis Perhubungan Padangsidimpuan segera ditindak dan ditangkap, Kamis (4/1/2018). Pasalnya, ia

  • Kamis, 04 Jan 2018 15:14

    Plt Bupati Batubara Sidak Ke RSUD

    Banyaknya laporan masyarakat soal lemahnya pelayanan kesehatan dan minimnya obat-obatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batubara ternyata bukan sekedar basa-basi.

  • Rabu, 03 Jan 2018 22:03

    Mayjen Cucu Somantri: Prajurit Jagoan & Nol Pelanggaran

                Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri menyatakan wajah boleh beringas, tapi hati dan penampilan di masyarakat harus sopan dan menjadi kebanggaan."Memilik

  • Minggu, 31 Des 2017 20:21

    Said Iqbal: Pemerintahan Jokowi-JK Gagal Mensejahterakan Kaum Buruh

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai bahwa pemerintahan Jokowi-JK gagal mensejahterakan kaum buruh.

  • Kamis, 28 Des 2017 19:18

    Menjelang Tahun Baru 2018, Harga Cabai Merah Tidak Stabil

    Menjelang tahun baru 2018, harga cabai merah yang dipasarkan di Pasar Inpres, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara tidak stabil.

  • Rabu, 27 Des 2017 16:57

    Inspektorat Dituding Jadi Virus Korupsi Dana Desa

    Puluhan massa yang tergabung dalam Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SATMA) DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Batubara menuding Inspektorat Kabupaten Batubara sebagai "virus" korupsi Dana Desa (DD)

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak