Minggu, 22 Jul 2018 16:01

Diduga tanpa PKB, Manajemen PT. PHS semena-mena terhadap karyawannya

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Jumat, 19 Mei 2017 21:59

Diduga kuat, karena tidak adanya surat perjanjian kerja bersama (PKB), antara perusahaan dengan karyawannya, manajemen PT. Permata Hijau Sawit (PT. PHS/PHG Group) berlokasi di Kebun Mananti, Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas), dinilai telah bertindak semena-mena terhadap karyawannya.
 
Kenyataan ini, seperti yang kini dirasakan oleh Fahri Aswin Nasution, satu karyawan di PT. PHS/PHG Group Mananti yang mendapat perlakuan tidak adil, dengan menerima tindakan penurunan pangkat golongan dan jabatan, dari semula sebagai staff/asisten kebun diturunkan menjadi karyawan pembantu operator biasa (Pb Opr).
 
"Saya tidak terima dengan perlakuan perusahaan terhadap diri saya, karena saya merasa tidak melakukan kesalahan fatal di tempat kerja. Masak pangkat, golongan dan jabatan saya dari staff, tiba-tiba terjun bebas menjadi karyawan biasa. Jabatan turun, gaji saya pun ikut turun," ujar Aswin, saat menyampaikan pengaduannya ke Kantor Disnaker Palas, Jumat (19/5).
 
Diungkapnya, proses demosi dan pemutasian dirinya, dari Asisten Afdeling I (satu) kebun Papaso menjadi pekerja perawatan di PT Victorindo Alam Lestari (PT VAL), berdasarkan surat yang ditanda tangani Estate Manager Papaso, Edy Gusanto, bernomor : HRD-PHG/N/1657/0517 tertanggal 9 Mei 2017 perihal Demosi.
 
Lalu surat yang ditanda tangani  Estate Manager Papaso-Aliaga, Tan Srilugo, bernomor : HRD-PHG/N/1658/0517 tertanggal 10 Mei 2017 perihal Mutasi, dan surat yang ditanda tangani GM-Sosa, Ir. H. AP Lubis, bernomor: GM-PHS/N/0622/0517 tertanggal 10 mei 2017, perihal Surat Peringatan III (SP -III).
 
Dalam SP III itu disebutkan bahwa yang bersangkutan sebagai asisten kurang rasa tanggung jawab dan sangat mengecewakan. Sementara penerbitan surat SP III salah satunya berdasarkan surat KDP nomor FA-PHS/N/0038/03 17 tanggal 21 Maret 2017, dan surat Estate Manager Nomor PPS-PHS/GM/162/III/2017 tanggal 13 Maret 2017 perihal kinerja asisten kebun afdeling 1.
 
"Tapi, kenapa surat tertanggal 13 maret 2017 itu tidak ada lampirannya. Tidak ada data dan fakta yang membuktikan dan membenarkan, bahwa saya ini bersalah. Apa masalahnya, kok saya dimutasikan kerja seenak perut perusahaan. Untuk persoalan ini, saya buat laporannya kepada Disnaker Palas," ucapnya.
 
Sementara, Kepala Disnsker Palas, Ramal Guspati Pasaribu, kewat Kabid Hubungan Industri, Ahmad Alkindi Kudadiri menyatakan, "Kita akan tindak lanjuti langsung ke perusahaan yang bersangkutan secepatnya. Kita lihat, hal ini terjadi, kami menduga karena tidak ada PKB di perusahaan ini," sebutnya.
 
"Memang, bila melihat dari isi surat-surat yang disampaikan pelapor, ada kejanggalan. Yang jelas laporan ini akan kita telusuri hingga tuntas," tegasnya.
 
Sementara itu, Humas Kandir PT. PHS/PHG Group Medan Sofyan Manan Nasution yang dikonfirmasi via seluler mengakui perihal penurunan pangkat golongan dan jabatan tersebut, atas nama Fahri Aswin Nasution. Namun Sofyan tak berkomentar banyak terkait perlakuan perusahaan terhadap karyawannya itu.
 
Hanya saja humas kandir Medan ini menyatakan perlakuan itu akan masih dipertanyakan kepada pihak HRD selaku pihak yang menangani.

Editor: Sam

T#g:Fahri Aswin NasutionPHGVAL
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Jul 2018 20:13

    Pembukaan Karnaval Budaya Cultural Festival dan Tebing Tinggi Expo

    Pj. Gubsu yang diwakili Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Dr. Ir. Hj. Hidayati, M.Si, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kepala OPD Pemkab Sergai, Walikota Tebing Tinggi H. Umar Zunaidi Ha

  • Selasa, 03 Jul 2018 21:03

    Perhatikan Budaya Perbatasan, Bakamla Hadiri Festival Fohorai Belu Kampung Adat Mata Besi

    Ciri khas keramahan penduduk Indonesia tercermin salah satunya dari sikap yang ditunjukkan masyarakat Atambua di sepanjang perjalanan yang dilalui rombongan Bakamla menuju Kampung Adat Mata Besi di Kampung Sesekue, Kab. Belu, Selasa (3/7/2018).

  • Jumat, 16 Mar 2018 18:36

    Adrian Yunan Wakili Indonesia di Festival Disabilitas UNESCO di Singapura

    Musisi Adrian Yunan menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam festival bertajuk True Color Festival yang diselenggarakan badan pendidikan PBB, UNESCO dan The Nippon Foundation, di Singapore Indoor St

  • Minggu, 25 Feb 2018 11:45

    Panglima TNI Hadiri Pembukaan FSN 2018 di Sentul

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menghadiri pembukaan Festival Sholawat Nusantara (FSN) tahun 2018, yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, ditandai dengan pemuk

  • Senin, 19 Feb 2018 14:19

    Bigwood Street Arts#3, Bukti Ajang Kreativitas Kawula Muda Tamora

    Kreativitas tentunya menjadi alternatif bagi kawula muda untuk terhindar dari segala bentuk penyimpangan dan perbuatan negatif.Itu pula yang dibuktikan anak-anak muda di Kecamatan Tanjungmorawa (Tamor

  • Kamis, 15 Feb 2018 06:38

    DPD BKPRMI Labuhanbatu Gelar Dakwah On The Road Show

    Dewan pimpinan daerah (DPD) BKPRMI Kabupaten Labuhanbatu melakukan kegiatan Dakwah on the road show dengan tema Tolak valentine dan kawal ulama yang  di ikuti oleh adik-adik Remaja Masjid di tiga

  • Senin, 12 Feb 2018 06:52

    HUT Ke-68 Kavaleri: Jadikan Prajurit Kavaleri Modern, Militan dan Dicintai Rakyat

    Pelaksanaan acara Syukuran dalam rangka HUT ke 68 Kavaleri TNI AD, dipimpin oleh Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Sosbud Kolonel Kav Halilintar, S.H  di Lapangan Upacara Batalyon Kavaleri 6/NK Jalan

  • Senin, 04 Des 2017 11:24

    Kadis Pariwisata Sumut: Festival Danau Toba 2017 di Sipinsur Humbahas

    Festival Danau Toba (FDT) di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) 2017, awalnya direncanakan dilaksanakan di Bakti Raja, namun karena keterbatasan lahan, khususnya rekayasa lalulintas, FDT Humbahas

  • Sabtu, 02 Des 2017 11:02

    Coffee Fest Toba 2017 tanggal 2-3 Nopember, Peserta bisa Camping di lokasi

    Coffee Fest Toba 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Nopember 2017 di Objek Wisata Taman Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Pemerint

  • Senin, 04 Des 2017 10:34

    Ayo ke Festival Danau Toba 6-9 Desember 2017

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan kembali menggelar kegiatan pariwisata di wilayah danau Toba.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak