Jumat, 20 Okt 2017 15:52

Diduga tanpa PKB, Manajemen PT. PHS semena-mena terhadap karyawannya

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Jumat, 19 Mei 2017 21:59
Dibaca: 361 kali

Diduga kuat, karena tidak adanya surat perjanjian kerja bersama (PKB), antara perusahaan dengan karyawannya, manajemen PT. Permata Hijau Sawit (PT. PHS/PHG Group) berlokasi di Kebun Mananti, Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padang Lawas (Palas), dinilai telah bertindak semena-mena terhadap karyawannya.
 
Kenyataan ini, seperti yang kini dirasakan oleh Fahri Aswin Nasution, satu karyawan di PT. PHS/PHG Group Mananti yang mendapat perlakuan tidak adil, dengan menerima tindakan penurunan pangkat golongan dan jabatan, dari semula sebagai staff/asisten kebun diturunkan menjadi karyawan pembantu operator biasa (Pb Opr).
 
"Saya tidak terima dengan perlakuan perusahaan terhadap diri saya, karena saya merasa tidak melakukan kesalahan fatal di tempat kerja. Masak pangkat, golongan dan jabatan saya dari staff, tiba-tiba terjun bebas menjadi karyawan biasa. Jabatan turun, gaji saya pun ikut turun," ujar Aswin, saat menyampaikan pengaduannya ke Kantor Disnaker Palas, Jumat (19/5).
 
Diungkapnya, proses demosi dan pemutasian dirinya, dari Asisten Afdeling I (satu) kebun Papaso menjadi pekerja perawatan di PT Victorindo Alam Lestari (PT VAL), berdasarkan surat yang ditanda tangani Estate Manager Papaso, Edy Gusanto, bernomor : HRD-PHG/N/1657/0517 tertanggal 9 Mei 2017 perihal Demosi.
 
Lalu surat yang ditanda tangani  Estate Manager Papaso-Aliaga, Tan Srilugo, bernomor : HRD-PHG/N/1658/0517 tertanggal 10 Mei 2017 perihal Mutasi, dan surat yang ditanda tangani GM-Sosa, Ir. H. AP Lubis, bernomor: GM-PHS/N/0622/0517 tertanggal 10 mei 2017, perihal Surat Peringatan III (SP -III).
 
Dalam SP III itu disebutkan bahwa yang bersangkutan sebagai asisten kurang rasa tanggung jawab dan sangat mengecewakan. Sementara penerbitan surat SP III salah satunya berdasarkan surat KDP nomor FA-PHS/N/0038/03 17 tanggal 21 Maret 2017, dan surat Estate Manager Nomor PPS-PHS/GM/162/III/2017 tanggal 13 Maret 2017 perihal kinerja asisten kebun afdeling 1.
 
"Tapi, kenapa surat tertanggal 13 maret 2017 itu tidak ada lampirannya. Tidak ada data dan fakta yang membuktikan dan membenarkan, bahwa saya ini bersalah. Apa masalahnya, kok saya dimutasikan kerja seenak perut perusahaan. Untuk persoalan ini, saya buat laporannya kepada Disnaker Palas," ucapnya.
 
Sementara, Kepala Disnsker Palas, Ramal Guspati Pasaribu, kewat Kabid Hubungan Industri, Ahmad Alkindi Kudadiri menyatakan, "Kita akan tindak lanjuti langsung ke perusahaan yang bersangkutan secepatnya. Kita lihat, hal ini terjadi, kami menduga karena tidak ada PKB di perusahaan ini," sebutnya.
 
"Memang, bila melihat dari isi surat-surat yang disampaikan pelapor, ada kejanggalan. Yang jelas laporan ini akan kita telusuri hingga tuntas," tegasnya.
 
Sementara itu, Humas Kandir PT. PHS/PHG Group Medan Sofyan Manan Nasution yang dikonfirmasi via seluler mengakui perihal penurunan pangkat golongan dan jabatan tersebut, atas nama Fahri Aswin Nasution. Namun Sofyan tak berkomentar banyak terkait perlakuan perusahaan terhadap karyawannya itu.
 
Hanya saja humas kandir Medan ini menyatakan perlakuan itu akan masih dipertanyakan kepada pihak HRD selaku pihak yang menangani.

Editor: Sam

T#g:Fahri Aswin NasutionPHGVAL
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Sep 2017 15:59

    Diduga Serobot Tanah Warga, Hima Palas Riau Somasi PT. PHG

    Diduga telah melakukan penyerobotan lahan masyarakat di Desa Parapat, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), atas nama Amaran Hasibuan, Himpunan Mahasiswa (Hima) Palas melakukan somasi terhad

  • Senin, 11 Sep 2017 14:50

    Luhut & Erry Inginkan Bupati Kawasan Danau Toba Kompak

    Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, untuk mendukung dan mempersiapkan Danau Toba menjadi destinasi wisata berkelas dunia, semua pihak khususnya masyarakat dan pemerintah daerah sekawasan

  • Minggu, 10 Sep 2017 20:10

    Meriahnya Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi bersama Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya serta tuan rumah Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Sitompul menaiki kendara

  • Senin, 28 Agu 2017 16:38

    Dandim 0824 Ikuti Karnaval Tradisional Pandhalungan Jember

    Dalam rangka HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, dilaksanakan Karnaval Tradisional Pandhalungan Jember 2017, di Gedung Serbaguna GOR PKPSO Jember, Sabtu (26/8).

  • Minggu, 13 Agu 2017 18:33

    Jokowi puji Jember Fashion Carnaval, tak kalah dari karnaval Pasadena di Amerika

    Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana menyaksikan Jember Fashion Carnaval (JFC), di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8) siang.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 22:52

    Forkopimda Jawa Timur Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

    Beberapa hari ini suasana di Kabupaten Jember memang cukup berbeda dari biasanya, utamanya pergerakan pasukan pengamanan di bawah kendali Satuan Tugas Pengamanan VVIP yang dipegang oleh Komandan Korem

  • Minggu, 06 Agu 2017 13:16

    Erry Kenalkan Budaya dan Pariwisata Sumut pada Festival Indonesia di Moskow

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menghadiri pembukaan Festival Indonesia kedua yang digelar KBRI di Hermitage Garden di pusat Kota Moskow, Rusia, Jumat (4/8/2017) sore.

  • Selasa, 25 Jul 2017 06:15

    Festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan

    Pemkab melalui Dinas Pariwisata menggelar festival Gondang Sabangunan di Humbang Hasundutan yang diselenggarakan di open stage Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Senin (24/7).

  • Sabtu, 22 Jul 2017 02:42

    Tengku Erry: Kembangkan Pesta Budaya Pantai Timur

    Gubsu Tengku Erry Nuradi membuka Pesta Budaya Pantai Timur yang pertama di Theme Park, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (20/7/2017).

  • Rabu, 19 Jul 2017 18:49

    Forkopimda Plus Humbahas berangkatkan Tim Dragonboat ke Samosir

    Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) plus didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) berangkatkan Tim Dragonboat untuk mengikuti kejuaraan Dragonboat tingkat Internasional di Samosir 18-24 Juli 2017, kemarin (17/7).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak