Rabu, 17 Okt 2018 00:40
HUT Pemkab Labuhanbatu

    Penjahat asal Nigeria kirim 3.781 pesan penipuan Facebook

    JAKARTA (utamanews.com)
    Selasa, 12 Nov 2013 13:00
    ist
    ilustrasi pesan facebook
    Warga Negara Asing berkebangsaan Nigeria yang terlibat dalam kasus kejahatan siber pembajakan email diketahui telah mengirimkan pesan penipuan ke 3.781 akun jejaring sosial Facebook.

    "Didapatkan lima akun email untuk membuat broadcast message ke 3.781 akun Facebook yang berisi penipuan," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

    Dia mengatakan, ditemukan aplikasi dengan nama "Online Community Suite V.3.2 yang merupakan aplikasi berbasis windows untuk mengirimkan "boradcast message" melalui jaringan sosial media.

    Arief menuturkan setelah dilakukan pengecekan, ditemukan adanya data-data email yang berisi bujukan, rayuan dengan tujuan mendapatkan sesuatu dari email yang dikirimkan.

    "Kebanyakan dikirimkan ke korban wanita, semuanya wanita dan semuanya berkewarganegaraan Indonesia," katanya. 

    Dari pemeriksaan tersebut, penyidik menemukan tersangka yang berkaitan dengan lima pelaku lain yang sudah ditahan, yaitu Chibuko Chinonso Papson karena terbukti terlibat dalam perkara leporan polisi Nomor: LP/619/VII/2013/Bareskrim tanggal 17 Juli 2013., selanjutnya dilakukan penahanan. 

    Dia juga telah menyita sejumlah barang bukti, yakni 85 telepon genggam, 23 unit laptop, 61 kartu sim, 10 "hard disk", empat kamera digital, 19 modem, lima "compact disc" dan empat "multimedia card". 

    Pada Kamis (31/10), Polri menangkap sebanyak 28 tersangka yang diduga sebagai pelaku pembajakan email di apartemen kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

    Dari 28 tersangka, 25 di antaranya WNA Nigeria dan tiga wanita WNI. 

    Arief mengatakan penyidik telah melakukan penahanan terhadap lima orang tersangka, di antaranya satu laki-laki WNA Nigeria, dua laki-laki dan dua wanita WNI.

    Dia menjelaskan, dari hasil penyelidikan diketahui bahwa di lokasi penangkapan terdapat komunitas WNA Nigeria yang menyewa beberapa kamar dan memiliki koneksi internet.

    "Hasil pengecekan terhadap registrasi pelanggan, ternyata ada upaya untuk menyamarkan alamat pelanggan dengan lokasi sebenarnya digunakan dalam registrasi menggunakan alamat apartemen yang belum jadi atau bukan ditinggali saat ini," katanya.

    Dia menambahkan pelaku tidak memiliki pekerjaan tetap, namun menggunakan akses internet dan ditemukan banyak laptop maupun komputer di masing-masing unit apartemen. 

    Para tersangka akan dikenakan pasal yang diterapkan dalam kasus itu adalah pelanggaran Undang-Undang Internet dan Transaksi Elektronik (ITE). Sementara aliran dana dalam kasus itu akan dikenai pasal Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). (Ant)
    T#g:crimecybertechno
    iklan kaos garuda
    Berita Terkait
  • Jumat, 28 Sep 2018 07:48

    Ciptakan "Mock Up Transponder", Sathar 23 Menangkan Karya Cipta Teknologi TNI Katagori Non Alutsista 2018

    Tim Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sathar 23 terdiri dari Kapten Lek Barry Sugiharto, Lek Fuad Fauzi, Lettu Lek Jaka Ryan Argadinata, S.T.Han dan Peltu Boniman berangkat menu

  • Minggu, 16 Sep 2018 21:16

    Panglima TNI: Kekuatan Militer Salah Satu Unsur Penting di Era Revolusi Industri 4.0

    Dalam menghadapi perkembangan tatanan dunia baru yang diwarnai dengan era revolusi industri 4.0, tentunya kekuatan militer menjadi salah satu unsur penting karena permasalahan teknologi telah merubah

  • Selasa, 17 Jul 2018 13:17

    Panglima TNI: Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme

    Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu "Cyber Narcoterorism" yaitu kelompok yang menggunakan dunia maya sebagai wahana untuk mengedarkan dan menya

  • Kamis, 21 Jun 2018 00:21

    Desa Unik Ini Memiliki Matahari Buatan

    Manusia tercipta sebagai mahluk berakal yang mampu mencari solusi dari sebuah masalah. Seperti misalnya cara mengatasi musim dingin yang ekstrim, sebuah kreatifitas berhasil mengembalikan kehangatan di sebuah desa di Italia.

  • Senin, 14 Mei 2018 23:14

    Perlombaan Teknologi Tepat Guna Tebing Tinggi

    Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan membuka perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan BPMK Rabu (9/5) di aula BPMK dan diikuti oleh 21 orang peserta dari pelajar SMA/SMK se Tebing Tinggi.

  • Sabtu, 28 Apr 2018 14:28

    Masih Berfungsi, Planetarium Tertua di Dunia

    ILMU sains abad pertengahan di balik Planetarium Royal Eise Eisinga cukup mencengangkan siapapun yang melihatnya. Astronom amatir Belanda Eise Essinga berhenti sekolah pada usia 12 tahun, tapi dia membangun model sistem tata surya yang sempurna di ruang t

  • Jumat, 20 Apr 2018 08:20

    Peserta ISTX 2018 Laksanakan Latihan Aplikasi Cyber Lindungi Network

    Peserta Information System and Technology Exchange (ISTX) 2018 antara prajurit TNI dengan tentara Angkatan Bersenjata Amerika Serikat melaksanakan latihan aplikasi keamanan Cyber untuk melindungi Network dari serangan dan ancaman Cyber luar, bertempat di

  • Kamis, 19 Apr 2018 20:19

    Aslog Panglima TNI: Kemajuan Teknologi Rubah Budaya Kerja Secara Komputerisasi

    Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang teknologi telah memudahkan dalam mengerjakan tugas menjadi lebih cepat dan lebih baik. Kemajuan teknologi akan merubah budaya kerja dari budaya konvens

  • Kamis, 29 Mar 2018 19:29

    Mahasiswa Dituntut Miliki Kemampuan 3 M

    Sumber Daya Manusia (SDM) Sumatera Utara (Sumut) yang unggul merupakan salah satu kunci utama yang menentukan keberhasilan program pembangunan daerah.Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu

  • Kamis, 15 Feb 2018 19:45

    Panglima TNI: Tingkatkan Teknologi Militer Modern Guna Dukung Alutsista TNI

    Industri pertahanan dalam negeri harus terus meningkatkan teknologi modern yang berkualitas guna mendukung Alutsista TNI. Teknologi militer yang dibutuhkan harus sesuai konsep operasi militer modern y

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak