Selasa, 16 Okt 2018 01:22

    MENKOMINFO: SUMUT BERPELUANG JADI "CYBER PROVINCE"

    MEDAN (utamanews)
    Senin, 25 Mar 2013 18:55
    Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan Sumatra Utara ke depan berpeluang besar menjadi "Cyber Province", jika sumber daya alam yang ada dikelola berdasarkan teknologi informasi (IT).

    "Sumut punya segala potensi, keindahan alam, barang tambang, minyak, gas, hasil perkebunan dan lain sebagainya, yang sayang apabila dijual mentah. Apa bila dikelola dengan sentuhan IT tentu akan memberi nilai tambah," katanya di Medan Jumat.

    Hal itu dikatakannya saat menyampaikan kuliah umum dengan tema "Peluang Sumatera Utara Menjadi Cyber Province". Hadir juga pada acara tersebut Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu.

    Dalam kesempatan itu ia juga mengatakan bahwa kunci keberhasilan Sumut menjadi "Cyber Province" tergantung dari infrastruktur. Untuk itu perlu dibangun jaringan fiber optik yang dapat meng-cover seluruh wilayah Sumut.

    "Sumut bisa jadi unggul di bidang IT, namun butuh infrastruktur. Kalau saat ini Medan sudah punya jaringan fiber optik, perlu disambungkan ke kota-kota lain. Jaringan fiber optik akan menyebabkan komunikasi data sangat lancar," katanya.

    Sementara Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengatakan perlunya dibangun jaringan fiber optik yang menjangkau seluruh Sumut. Sebagai fasilitator, pemerintah akan berupaya mewujudkannya dengan pelibatan kampus, swasta dan masyarakat.

    Ia juga mengatakan bahwa pencanangan dari kementerian tentang Akademik Bisnis Government dan Community (ABGC), disambut baik apalagi rintisan untuk itu sudah dilakukan. 

    "Hanya saja untuk mendukung program itu, harusnya seluruh desa telah tersambung dengan teknologi internet. Sekarang belum semuanya tersambung," katanya. (ant)
    T#g:cyberMedantechno
    iklan kaos garuda
    Berita Terkait
  • Jumat, 28 Sep 2018 07:48

    Ciptakan "Mock Up Transponder", Sathar 23 Menangkan Karya Cipta Teknologi TNI Katagori Non Alutsista 2018

    Tim Karya Cipta Teknologi (KCT) dan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Sathar 23 terdiri dari Kapten Lek Barry Sugiharto, Lek Fuad Fauzi, Lettu Lek Jaka Ryan Argadinata, S.T.Han dan Peltu Boniman berangkat menu

  • Minggu, 16 Sep 2018 21:16

    Panglima TNI: Kekuatan Militer Salah Satu Unsur Penting di Era Revolusi Industri 4.0

    Dalam menghadapi perkembangan tatanan dunia baru yang diwarnai dengan era revolusi industri 4.0, tentunya kekuatan militer menjadi salah satu unsur penting karena permasalahan teknologi telah merubah

  • Selasa, 17 Jul 2018 13:17

    Panglima TNI: Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme

    Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu "Cyber Narcoterorism" yaitu kelompok yang menggunakan dunia maya sebagai wahana untuk mengedarkan dan menya

  • Sabtu, 14 Jul 2018 11:14

    Sukses di Palembang, Jokowi akan Bangun LRT di Medan, Bandung dan Surabaya

    Jokowi didampingi Ibu Iriana mencoba naik kereta ringan light rail transit (LRT) pertama di Indonesia, di Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (13/7/2018).

  • Kamis, 21 Jun 2018 00:21

    Desa Unik Ini Memiliki Matahari Buatan

    Manusia tercipta sebagai mahluk berakal yang mampu mencari solusi dari sebuah masalah. Seperti misalnya cara mengatasi musim dingin yang ekstrim, sebuah kreatifitas berhasil mengembalikan kehangatan di sebuah desa di Italia.

  • Senin, 14 Mei 2018 23:14

    Perlombaan Teknologi Tepat Guna Tebing Tinggi

    Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan membuka perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan BPMK Rabu (9/5) di aula BPMK dan diikuti oleh 21 orang peserta dari pelajar SMA/SMK se Tebing Tinggi.

  • Sabtu, 28 Apr 2018 14:28

    Masih Berfungsi, Planetarium Tertua di Dunia

    ILMU sains abad pertengahan di balik Planetarium Royal Eise Eisinga cukup mencengangkan siapapun yang melihatnya. Astronom amatir Belanda Eise Essinga berhenti sekolah pada usia 12 tahun, tapi dia membangun model sistem tata surya yang sempurna di ruang t

  • Jumat, 20 Apr 2018 08:20

    Peserta ISTX 2018 Laksanakan Latihan Aplikasi Cyber Lindungi Network

    Peserta Information System and Technology Exchange (ISTX) 2018 antara prajurit TNI dengan tentara Angkatan Bersenjata Amerika Serikat melaksanakan latihan aplikasi keamanan Cyber untuk melindungi Network dari serangan dan ancaman Cyber luar, bertempat di

  • Kamis, 19 Apr 2018 20:19

    Aslog Panglima TNI: Kemajuan Teknologi Rubah Budaya Kerja Secara Komputerisasi

    Kemajuan yang telah dicapai manusia dalam bidang teknologi telah memudahkan dalam mengerjakan tugas menjadi lebih cepat dan lebih baik. Kemajuan teknologi akan merubah budaya kerja dari budaya konvens

  • Kamis, 29 Mar 2018 19:29

    Mahasiswa Dituntut Miliki Kemampuan 3 M

    Sumber Daya Manusia (SDM) Sumatera Utara (Sumut) yang unggul merupakan salah satu kunci utama yang menentukan keberhasilan program pembangunan daerah.Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak