Sabtu, 20 Apr 2024 03:42
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Warga tuntut ganti rugi lahan di bawah jalur transmisi PLN

LANGKAT (utamanews.com)

Minggu, 10 Nov 2013 13:12

Puluhan warga Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat memprotes pembangunan menara atau tower milik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu, karena lahan dan tanaman yang terkena lokasi pembangunan belum diganti rugi.

“Kami minta ganti rugi atas penggunaan lahan yang terkena lokasi pembangunan tower milik PLTU,” kata Panohonan, salah satu warga yang melakukan unjuk rasa di kantor PLN Gebang, Minggu, 10 Nopember 2013.

Mereka datang dengan membawa poster berisi tulisan menuntut PLN selaku pengelola jaringan PLTU Pangkalan Susu, untuk mengganti rugi tanah dan tanaman yang terkena dampak pembangunan menara pembangkit listrik itu.

Menurutnya, saat ini ada tiga desa di Kecamatan Gebang yang dijadikan lokasi pembangunan menara sutet, masing-masing dibangun tahun 1988 berkekuatan 150 kilo volt dan berdaya 275 kilo volt yang belum lama ini dibangun untuk jaringan transmisi PLTU Pangkalan Susu.

“Sejak pembangunan tower yang pertama, warga tidak menerima ganti rugi lahan dan tanaman selama 25 tahun,” katanya.

Kini, lanjut dia, sebuah menara sutet lainnya dibangun tak jauh dari lokasi menara yang pertama.

Pembangunan menara sutet ini bukan hanya mengenai tanah mereka, tetapi juga sejumlah tanaman perkebunan warga ikut dimusnahkan PLN.

“Pihak PLN sebelumnya memang ada melakukan sosialisasi pembangunan menara, namun belum ada kesepakatan soal ganti rugi tanah, bangunan maupun tanaman yang terkena dampak pembangunan menara sutet,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Langkat Tarzan Naibaho yang datang ke lokasi menyatakan keprihatinannya atas tindakan PLN yang merusak tanah dan tanaman warga ini.

“Kita merasa prihatin dengan tindakan PLN ini, tanpa melakukan musyawarah dengan warga menyangkut pembangunan tower PLTU Pangkalan Susu,” ucap dia.

Ia juga mengingatkan PLN agar melakukan musyawarah dengan warga, sehingga proses pembangunan menara jaringan listrik tersebut dapat berjalan lancar tanpa merugikan pihak manapun. (Ant/KR-IFZ)
T#g:aurplnPLTU
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Sabtu, 22 Jul 2023 11:42

    Ijeck Minta AKLI Bermitra Baik dengan PLN

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta agar Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) tetap bermitra baik dengan PT PLN (Persero). Bukan hanya itu, ia ju


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️