Kamis, 25 Apr 2024 16:20
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Ini Sikap PMII, GMKI dan GMNI Sumut Terkait Aksi 212

MEDAN (utamanews.com)

Kamis, 01 Des 2016 17:47

Dok
Swangro Lumbanbatu Korwil I/ Sumut-NAD, Pengurus Pusat GMKI, Bobby Niedal Dalimunthe Ketua PKC SUMUT PMII dan Charles Munthe Korda Sumut GMNI, Medan, Kamis (1/12/2016).
Tiga organisasi mahasiswa tingkat Sumatera Utara (Sumut) menggelar konferensi pers menyikapi kondisi kekinian bangsa Indonesia. Tiga organisasi itu masuk dalam kelompok Cipayung antara lain, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Ketiganya memandang, akhir-akhir ini bangsa Indonesia sedang diterjang masalah sosial politik yang cukup rumit. Salah satunya kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Non Aktif Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

"Kami memandang masalah ini secara rasional. Dalam artian ketika seseorang melakukan kesalahan. Maka proses hukum akan dijalankan," kata Ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Bobby Niedal Dalimunthe, di Kombur Cafe jalam SM Raja, Kamis (1/12/2016).

Ketiga organisasi ini menyatakan sikap untuk tidak ikut dalam Aksi Bela Islam Jilid III besok. Meski demikian, mereka tetap mendukung proses hukum kasus Ahok tetap dijalankan Polri.

"Untuk kasus Ahok, kita masih percaya kepada penegak hukum untuk menjalankan proses hukum sesuai aturan yang berlaku," tambah Bobby.

Senada dengan Bobby, Koordinator Wilayah GMKI Sumut-Aceh Swangro Lumbanbatu mendukung aksi damai yang dilakukan ormas Islam. Dia berharap, agar aksi besok tidak mengeluarkan statemen yang berbau provokasi.

"Kita mendukung aksi damai besok. Kami harap besok tidak ada ujaran yang berbau provokasi. Kita harus menjaga toleransi dan menjunjung tinggi Pancasila," pungkas Swangro.

Pada kesempatan yang sama, Bobby, Swangro dan Charles Munthe selaku Korda Sumut GMNI, menyatakan sikap sbb:

1. Mengutuk keras mekanisme penghancuran Negara bangsa Indonesia yang dilakukan oleh oligarki politik demi kepentingan pribadi dan kelompok

2. Laksanakan secara konsisten dan konsisten Revolusi Mental dan Bela Negara secara bersamaan.

3. Terapkan kebijakan ekonomi dan politik yang benar-benar bersumber dan berdasar atas Pancasila.

4. Pemerintah harus sama-sama menjaga semangat persatuan Bangsa dan Negara, apapun itu suku, ras, agamamu serta harus saling mangasihi satu sama lain.

5. Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi, yang mengutamakan proses demokrasinya, bukan kepada hasil demokrasinya. Hanya dengan melewati proses demokrasi tersebut bangsa indonesia dapat menjadi negara yang maju. 

6.Masyarakat harus lebih rasional, dan mahasiswa sebagai kaum intelek harus memberi pandangan positif ketika komunikasi dengan masyarakat. Kita tidak sepakat kasus sengketa yang terjadi di salah satu daerah dijadikan sebagai alasan penggulingan kepemimpinan negara.

(MN)
T#g:212cipayungGMKIGMNIPMII
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️