Sabtu, 20 Apr 2024 05:03
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Buaya yang resahkan warga Barumun berhasil ditangkap

TABAGSEL (utamanews.com)

Rabu, 12 Okt 2016 05:53

MAULANA SYAFII
Kasi wilayah VI BBKSDA Sumatera Utara Suhut Hesaki (berkacamata) bersama tim penangkap buaya, saat mengevakuasi satu ekor buaya muara jantan dari aliran sungai barumun, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Palas, di bawa ke tempat penangkaran buaya di L
Setelah berbulan-bulan lamanya meresahkan warga masyarakat, seekor buaya muara jantan diperkirakan berusia 7 tahun, panjang 2,5 meter dan berat 50 kilogram, berhasil ditangkap oleh warga di Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas (Palas) bersama personil dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah VI Sumut, TNI dan Polri di aliran sungai barumun, tepatnya di bawah jembatan Binanga, Minggu, (09/10) sore, kemarin. 

Kasi BKSDA Wilayah VI Sumut, Suhut Hesaki yang turut serta dalam penangkapan buaya muara tersebut mengatakan, keberadaan buaya muara di aliran sungai barumun itu, sudah lama membuat resah warga di sekitar bantaran sungai dan sudah berada di situ berbulan-bulan lamanya itu.

"Buaya muara berhasil ditangkap dengan memakai peralatan seadanya, yaitu mesin listrik atau setrum dan tali klos sepeda motor. Proses penangkapan buaya dilakukan bersama-sama dengan warga masyarakat setempat, dibantu pihak Dishutbun Palas bersama aparat TNI dan personil polisi dari Polsek Barumun Tengah juga aparatur pemerintah kecamatan setempat," ujarnya.


Dikatakan Suhut, buaya muara yang berhasil ditangkap itu merupakan jenis satwa yang dilindungi, sebelum sempat memakan korban, maka buaya harus segera ditangkap dan dievakuasi. Selanjutnya buaya tersebut langsung dibawa ke Panangkaran buaya di Lima Puluh Kabupaten Batubara dengan menggunakan Patroli Dinas Kehutanan sekitar pukul 17.00 WIB. “Ini jenis buaya muara, cukup berbahaya ini," tegasnya.

"Buaya muara itu sudah berbulan-bulan berada di situ. Beberapa bulan yang lalu, kami kemari pas kondisi air sungainya keruh, makanya kita tidak bisa melakukan penangkapan. Hari ini, kami dapat informasi dari masyarakat buayanya muncul lagi, makanya kita koordinasikan dengan berbagai pihak dan di lakukan penangkapan sebelum ada korban dan kita berhasil menangkapnya bersama-sama warga," katanya.

Sementara Yunus Haraha, satu warga di Kecamatan Barumun Tengah yang ikut bergabung dalam penangkapan buaya tersebut, mengapresiasi langkah cepat BBKSDA Sumut wilayah VI, karna menurutnya dengan tindakan cepat dan tanggap akan informasi dari masyarakat, posisi buaya yang sangat mengancam nyawa masyarakat di sekitar bantaran sungai dapat terselamatkan.

"Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan BBKSDA Sumut itu. Dipindahkannya buaya itu dari sini, menghilangkan kekhawatiran kami terhadap ancaman gigitan buaya kepada keluarga kami, karena di aliran sungai itu tempat sebagian besar warga disini melakukan akitfitas, selain mencari ikan sebagai sumber mata pecaharian sehari - hari, juga di jadikan tempat mandi, mencuci dan lainnya," tuturnya. (MS)
T#g:buayaPalas
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Apr 2024 18:38

    Disnaker Palas Awasi Naker di SPBU Ujung Batu

    Terkait pelaksanaan aturan hukum ketenagakerjaan dan kepatuhan pembayaran Tunjangan Hari Besar Keagamaan (THR) tahun 2024, jajaran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Padang Lawas, melakukan kegia

  • Senin, 12 Feb 2024 17:02

    Pj Gubernur Sumut Lantik Pj Bupati Padanglawas

    Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melantik Edy Junaedi sebagai Pj Bupati Padanglawas (Palas). Pada kesempatan tersebut, Hassanudin meminta Edy Junaedi untuk langsung segera beke


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️