Jumat, 29 Mar 2024 11:59
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Peserta KUBE di Palas harus paham dan banyak belajar

TABAGSEL (utamanews.com)

Selasa, 22 Nov 2016 09:04

Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) melalui Dinas Sosial dan Nakertrans Palas, mengadakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi warga masyarakat Palas, yang merupakan program dari Direktorat Penanganan Pakir Miskin Pedesaan Kementerian Sosial RI, Jumat (18/11), kemarin, bertempat di aula perkantoran SKPD Terpadu Pemkab Palas.

Dalam laporannya, Kepala Dinsos Nakertrans Palas Bustami Harahap mengatakan, Bimtek Kube bertujuan memberikan wawasan kepada ketua dan anggota KUBE, untuk mengembangkan batuan dari Kemensos dengan sistem pola stimulan yang mampu meningkatkan penghasilan pendapatan ekonomi masyarakat.

"Bantuan diberikan pemerintah dalam program Kube ini yang dikelola secara kelompok, dapat dikembangkan dalam bentuk usaha bersama, bukan untuk perorangan yang dapat merugikan anggota Kube itu sendiri. Sehingga peningkatan ekonomi warga bisa dilakukanbsecara kolektif,"katanya.

Sementara, Carles Purnama utusan dari Direktorat Penangganan Pakir Miskin Pedesaan Kemensos RI mengatakan, kehadiran Kube di Kabupaten Palas ini tidak terlepas dari peran serta anggota DPR-RI Saleh Partaonan Daulay yang juga putra Palas yang tidak henti-hentinya menyampaikan aspirasi kepada Kemensos, untuk mengucurkan program Kube ke tanah kelahirannya. Sebab, sebelumnya Kabupaten Palas tidak pernah mendapatkan bantuan Kube.

Carles juga mengingatkan, ketua dan anggota Kube agar memiliki ilmu pengetahuan tentang cara mengunakan dana bantuan yang diterima tepat sasaran sehingga harus belajar dan mengikuti Bimtek seperti ini. "Anggota Kube harus dapat membedah mekanisme usaha yang dikelola supaya memberikan hasil yang memuaskan dari modal bantuan yang diterima," ungkapnya.

Dengan belajar dan terus menambah pengetahuan secara baik didukung dengan motivasi menuju perubahan yang lebih baik, harus mampu melaksanakan pengelolaan usaha serta memiliki keyakinan usahanta akan menuai keberhasilan. "Tentunya ditopang dengan ketekunan,  kemauan, kejujuran, kerja keras, tentu akan dapat meraih kesuksesan sesuai harap," ujarnya.

Setiap pekerjaan yang ditekuni tentu harus ada ilmu yang kita miliki dalam melaksanakan usaha agar mencapai keberhasilan. "Mau diapain uang bantuan tentu harus terlebih dulu dimusyawarahkan bersama dengan anggota Kube, agar mengetahui arah kegiatan usaha, bukan sebaliknya malah tidak tahu sama sekali tentang kegiatan Kube," terangnya.

Diingatkannya, jangan sampai saat ditanya nama kelompok tidak tahu dan sistem pelaksanaan kelompok juga tidak mengerti. Ini akan berdampak buruk bagi pengelola Kube yang diberikan bantuan dalam bentuk uang tunai tanpa agunan, tapi uangnya habis begitu saja tanpa diketahui di mana kesalahannya. "Hal ini harus dipahami secara baik oleh anggota Kube serta hapal nama Kube serta tujuannya," harapnya. (MS)
T#g:PalasSeminar
makeup remover
Berita Terkait
  • Senin, 12 Feb 2024 17:02

    Pj Gubernur Sumut Lantik Pj Bupati Padanglawas

    Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melantik Edy Junaedi sebagai Pj Bupati Padanglawas (Palas). Pada kesempatan tersebut, Hassanudin meminta Edy Junaedi untuk langsung segera beke


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️