Rabu, 13 Des 2017 20:24
  • Home
  • Ragam
  • Panglima TNI: Menghadapi Kompetisi Global, Tantangan TNI AU Semakin Dinamis

Panglima TNI: Menghadapi Kompetisi Global, Tantangan TNI AU Semakin Dinamis

MEDAN (utamanews.com)
Jumat, 20 Jan 2017 17:26
Dibaca: 1.120 kali
Puspen TNI
Upacara serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (20/1/2017).
Menghadapi era kompetisi global, tantangan TNI AU di masa datang akan semakin dinamis terutama terkait dengan perkembangan kompetisi kedaulatan wilayah udara, pada sisi lain pemberlakuan kebijakan Asean Open Sky Policy 2015, juga perlu terus mendapat perhatian khusus karena diprediksi akan berimplikasi pada keamanan dan kedaulatan.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (20/1/2017).

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, TNI AU perlu menempatkan dirgantara sebagai wahana penting dalam kehidupan nasional. “Dirgantara nasional sebagai kedaulatan negara yang memayungi kelangsungan hidup bangsa harus dipertahankan dan diamankan,” tegasnya.

Panglima TNI menyatakan bahwasanya dalam membangun kekuatan TNI AU, harus berani mengevaluasi diri secara jujur, terutama berkaitan dengan pembangunan kekuatan alutsista. “TNI AU sebagai komponen utama pertahanan bangsa aspek dirgantara, harus dapat menjadi pertahanan udara nasional yang handal,” ujarnya.

Dalam kurun waktu terakhir ini, masih terjadi peristiwa kecelakaan pesawat TNI. Oleh karena itu, perlu keseriusan dalam membenahi dan membangun kekuatan TNI Angkatan Udara. “Peristiwa serupa tidak boleh terulang kembali, harus sungguh-sungguh dalam pembinaan alutsista mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, maupun pemeliharan,” kata Panglima TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa dalam menyikapi perubahan dan perkembangan dunia yang demikian pesat, harus diimbangi dengan kemampuan personel TNI yang profesional, militan dan memiliki dedikasi yang tinggi kepada bangsa dan negara. “Loyalitas organisasi dan loyalitas leadership harus ditegakkan dan diimplementasikan, loyalitas adalah inti penghormatan seorang prajurit TNI, karena tanpa loyalitas bukanlah jiwa dan sikap seorang prajurit TNI,” tegasnya.

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa pada tahun ini, saya sudah mencanangkan untuk menjadi tahun bersih-bersih bagi TNI dari korupsi. “Ini menjadi tonggak penting bagi sejarah TNI untuk menguatkan tekad dan komitmen bersama, agar TNI benar-benar menjadi institusi terpercaya di negeri ini,” tegasnya.

“Siapapun kita, tidak boleh mengingkari dan menghianati komitmen itu dengan cara tidak melakukan korupsi sekecil apapun sebagai pertanggung jawaban TNI terhadap rakyat, bangsa dan negara,” pungkasnya. (Rls)
T#g:KSAUTNIAU
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Agu 2017 23:08

    Panglima TNI Terima Kasau Brunei di Mabes TNI

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menerima courtesy call Panglima Tentera Udara Diraja Brunei (Kasau Brunei) Brigadier Jeneral (U) Dato Seri Pahlawan Shahril Anwar Bin Haji Ma'awiah di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (8/8/2017).

  • Kamis, 08 Jun 2017 14:08

    Buka Puasa dan Syukuran Kenaikan Pangkat Pangkosek Hanudnas III Medan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menghadiri buka puasa bersama dengan keluarga besar Kosekhanudnas III di halaman Pangkosek Hanudnas III Jalan Adi Sucipto Medan, Rabu (7/6/2017).

  • Sabtu, 27 Mei 2017 06:07

    Panglima TNI : Tiga Oknum TNI Tersangka Pengadaan Helikopter AW 101

    Polisi Militer (POM) TNI sudah memiliki alat bukti yang cukup untuk meningkatkan status kasus pembelian Helikopter AW 101 dari penyelidikan menjadi penyidikan, hasil sementara telah menetapkan 3 (tiga

  • Jumat, 26 Mei 2017 17:46

    Soal Korupsi Helikopter TNI 220 Miliar, Panglima Malu pada Jokowi

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo merasa malu kepada Presiden Jokowi.

  • Kamis, 25 Mei 2017 22:25

    Gubernur: Jaga Teritorial Negara, kita perlu sektor pertahanan udara yang handal

    Sebagai daerah yang secara geografis merupakan kawasan lintas internasional dan berbatasan langsung dengan beberapa negara, tentunya Sumatera Utara harus memiliki pimpinan Kosek Hanudnas (Komando Sekt

  • Selasa, 07 Mar 2017 19:43

    21 Pesawat TNI Amankan Jalannya KTT IORA Ke-20 Tahun 2017

    Sebanyak 21 pesawat TNI disiagakan dalam mendukung  kelancaran jalannya pelaksanaan Pengamanan KTT IORA ke-21 tahun 2017 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Selasa (7/3

  • Selasa, 28 Feb 2017 22:38

    Panglima TNI: Kekuatan Udara Modal Wujudkan Kepentingan Nasional

    Air Power atau Kekuatan Udara suatu bangsa merupakan salah satu instrumen yang dapat didayagunakan sebagai modal bagi suatu negara dalam mewujudkan kepentingan nasionalnya, kedaulatan negara di udara

  • Kamis, 26 Jan 2017 19:40

    Panglima TNI: Penegakan Hukum dan Disiplin Prajurit Sangat Penting

    Penegakan hukum dan disiplin prajurit sangat penting sebagai keteguhan sikap serta perilaku prajurit TNI, yang dilandasi dengan tekad untuk patuh kepada hukum dan disiplin prajurit, dan meniadakan seg

  • Rabu, 18 Jan 2017 19:23

    Panglima TNI Saksi Pelantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Kasau

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menghadiri pelantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.Ip sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), yang dipimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istan

  • Kamis, 06 Okt 2016 21:50

    Jurnalis Bentangkan Poster Protes di Markas TNI AU Lanud Soewondo

    Tak hanya melakukan aksi tutup mulut dengan lakban, jurnalis juga membentangkan poster protes di depan Markas TNI AU Lanud Soewondo di Jalan Imam Bonjol, Rabu (05/10/2016). Pembentangan protes ini dil

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak