Kamis, 19 Okt 2017 14:13
  • Home
  • Ragam
  • 10 Pekerjaan yang Tak Perlu Ijazah Sarjana

10 Pekerjaan yang Tak Perlu Ijazah Sarjana

Sumber : Yahoo
Kamis, 07 Feb 2013 13:27
Dibaca: 308 kali
Dalam dunia kerja, masih banyak perusahaan yang mempertimbangkan latar belakang pendidikan calon karyawan. Dalam syarat penerimaan pegawai baru, sejumlah perusahaan mencantumkan syarat untuk melampirkan ijazah perguruan tinggi.

Fakta ini menggelisahkan pencari kerja, terutama yang tak berijazah. Tak heran Nick Corcodilos dari Ask The Headhunter mendapat banyak pertanyaan dari komunitasnya. Misal, seorang pencari kerja bertanya,”Saya memiliki pengalaman kerja selama 20 tahun di bidang akuntansi tapi tak memiliki gelar kesarjanaan. Bagaimana saya menulis lamaran pekerjaan kepada pemimpin perusahaan tanpa gelar yang dibutuhkan?”

Menanggapi itu, Nick Corcodilos mengatakan, untuk profesi tersebut banyak lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi punya pengalaman kerja. Namun pengalaman kerja selama 20 tahun dapat dengan mudah menggantikan gelar.

Oleh karena itu, suka atau tidak suka kandidat harus bersaing. Corcodilos menyarankan, tenaga kerja bisa mengambil program khusus tanpa harus kuliah di perguruan tinggi demi memperoleh gelar. Sekarang banyak “program pembelajaran jarak jauh”. Ini adalah perguruan tinggi yang akan memberikan kursus melalui internet. 

Namun ia menyarankan agar tenaga kerja memeriksa program pendidikan online secara detail sebelum mendaftar. Pastikan lembaga tersebut terakreditasi. 

Sebenarnya banyak orang bisa sukses tanpa gelar kesarjanaan. Bill Gates, pendiri Microsoft, tidak pernah lulus kuliah. Begitu pula Michael Dell atau Steve Jobs. Di luar dunia teknologi, ada Richard Branson. Tanpa ijazah perguruan tinggi, mereka memulai usaha sendiri dan kemudian sukses.

Anda tentu saja bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai mencari ide untuk mendirikan sebuah usaha, kemudian belajar secara otodidak untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Namun jika Anda masih ingin bekerja pada orang lain di sebuah perusahaan, berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa Anda raih tanpa perlu gelar sarjana.

1. Jurnalis
Media massa biasanya mensyaratkan ijazah perguruan tinggi bagi semua pelamarnya. Namun jika Anda memulai sejak dini terjun sebagai wartawan di majalah sekolah, buletin kampus, atau surat kabar lokal di kota Anda, biasanya perusahaan akan memperhitungkan pengalaman Anda. Kemudian, jurnalis baru biasanya akan mendapat pelatihan di tempat kerjanya.

2. Sales/marketing
Banyak perusahaan mempekerjakan kandidat sales dengan melihat pengalaman kerja dan tidak mempertimbangkan gelar. 

3. Pengembang web 
Prospek kerja dan potensi penghasilan bagi para pengembang web (termasuk pengembang aplikasi) diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pekerjaan lain.

4. Sekretaris
Sekretaris ataupun petugas administrasi melakukan tugas seperti penyusunan pesan, penjadwalan rapat, dan memberikan dukungan untuk staf kantor lainnya.

5. Asisten paralegal
Paralegal dan asisten hukum melakukan berbagai pekerjaan untuk mendukung pengacara, termasuk memelihara dan mengatur file, melakukan penelitian hukum, dan penyusunan dokumen. Gelar sarjana atau sertifikat dalam studi paralegal biasanya diperlukan untuk calon entry level.

6. Desainer 
Untuk menjadi desainer, baik itu desainer mode ataupun atau desainer artistik di media, baik web maupun media cetak, yang dibutuhkan adalah keahlian dan portofolio karya. Cukup kursus agar mengerti lebih baik tentang teknis yang lebih rumit. Dan yang lebih diutamakan: bakat.
 
7. Teknisi
Dalam hal ini, mekanik atau teknisi bekerja mengontrol kualitas dari sistem permesinan yang tak rumit. Misalnya, sistem pendinginan di berbagai gedung, atau mekanik pada sistem perbengkelan kendaraan.

8. Tenaga survei
Tenaga survei bekerja untuk membuat pengukuran yang tepat, melakukan survei dan pemetaan, serta mengumpulkan data.

9. Asisten eksekutif 
Asisten Eksekutif memberikan dukungan administrasi termasuk melakukan penelitian, pembuatan laporan, penanganan permintaan informasi, dan juga dapat mengatur panggilan rapat serta acara perusahaan. 

10. Agen asuransi
Agen asuransi menjual produk perlindungan kesehatan, properti, otomotif. Menjadi agen asuransi menjanjikan penghasilan yang baik dan memungkinkan pengembangan karir. 


Ada lagi yang bisa Anda tambahkan? Silakan bagi di kolom komentar di bawah ini.
T#g:Beasiswasarjana
Berita Terkait
  • Selasa, 05 Sep 2017 14:45

    Wakil Bupati Labura: Tingkatkan pendidikan masyarakat

    Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Drs. Dwi Prantara, MM menghadiri dan sekaligus membuka seleksi beasiswa bagi mahasiwa/mahasiswi baru yang diselenggarakan oleh Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indo

  • Rabu, 02 Agu 2017 12:52

    Ribuan Ilmuwan Komputer Berbakat Perebutkan BukaBeasiswa Bukalapak

    14 mahasiswa  memperebutkan BukaBeasiswa Bukalapak

  • Sabtu, 03 Jun 2017 03:03

    19 Sarjana Pertanian Akhiri Pendampingan Pertanian di wilayah Kodim 0824

    Sarjana Pertanian alumni Perguruan Tinggi Universitas Brawijaya, Universitas Jember dan Universitas Muhammadyah Jember, mengakhiri program pendampingannya di wilayah Kodim 0824, hari ini, Jum'at (2/6/2017).

  • Selasa, 30 Mei 2017 09:30

    Gubernur Erry: Perbanyak Infaq dan Sedekah

    Memasuki hari ketiga bulan Ramadhan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi dan Wakil Gubsu Nurhajizah Marpaung bersilaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama sejumlah tokoh, pejabat dan u

  • Minggu, 21 Mei 2017 00:10

    Menristek Dikti & Gubsu Luncurkan SIPATEN

    Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meluncurkan aplikasi Sipaten (Sistem Informasi Kepangkatan Tenaga Dosen).

  • Senin, 24 Apr 2017 22:40

    PKBM Kurnia Foundation Seminar dan Workshop Beasiswa Keluar Negeri

    Puluhan peserta calon beasiswa untuk mahasiswa ke luar negeri dari berbagai daerah datang ke Desa Limau Manis Kecamatan Tanjungmorawa, guna mengikuti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kurnia Fo

  • Selasa, 18 Apr 2017 07:42

    Seleksi Beasiswa ke San Matteo Colleges of Sillicon Valley kerjasama Pemprov Sumut

    Gubsu Tengku Erry Nuradi berharap siswa berprestasi dan kurang mampu dapat menjadi prioritas agar bisa mengenyam pendidikan di San Matteo Colleges of Silicon Valley, Amerika Serikat.

  • Rabu, 15 Mar 2017 22:01

    Rektor Unimed minta penelitian dan pengabdian jadi solusi permasalahan rakyat

    Penelitian dan Pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen harus menjadi solusi yang konkrit bagi permasalahan yang ada di masyarakat. Dari riset-riset yang dilakukan oleh peneliti yang dikembangkan, akan

  • Kamis, 02 Mar 2017 21:41

    Politisi Gerindra ini Apresiasi Program Bidik Misi

    Tidak ada lagi alasan anak desa berprestasi untuk tidak bisa meneruskan kuliah.Demikian ditegaskan oleh politisi Gerindra asal kabupaten Deli Serdang, Eveready Sitorus SE, saat berbincang-bincang deng

  • Sabtu, 14 Jan 2017 07:54

    Program Aspirasi Saleh Partaonan Daulay, 16.186 Siswa di Palas Terima Beasiswa

    Sebanyak 16.186 siswa mulai dari tingkat SD , SMP, SMK, dan SMA di Kabupaten Padang Lawas (Palas) akan mendapatkan bantuan pendidikan dari Program Indonesia Pintar (PIP) yang merupakan program Kemente

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak