Selasa, 21 Agu 2018 02:06
  • Home
  • Politik
  • Walikota Klaim Pengelolaan Keuangan 2014 Berjalan Efektif

Walikota Klaim Pengelolaan Keuangan 2014 Berjalan Efektif

MEDAN (utamanews.com)
Rabu, 01 Apr 2015 07:33
Google
Drs. HT Dzulmi Eldin, M.Si
Pemerintah Kota Medan mengklaim pengelolaan keuangan daerah selama tahun 2014 berjalan secara efektif dalam mendukung kebutuhan pembiayaan pembangunan kota. Artinya, APBD Kota Medan 2014, baik dari sisi pendapatan, belanja maupun pembiayaan dikelola secara lebih seimbang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
 
Hal ini disampaikan Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, dalam nota pengantarnya pada Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) akhir tahun anggaran 2014 dalam sidang paripurna DPRD Kota Medan, Selasa (31/3).
 
Berdasarkan laporan keuangan yang telah disusun, kata Walikota, realisasi pendapatan daerah tahun 2014 tercatat mencapai 88,66% atau sebesar Rp4,04 triliun dari target yang ditetapkan. “Capaian realisasi pendapatan daerah ini tentunya sejalan dengan program-program intensifikasi dan ektensifikasi keuangan yang dilakukan,” kata Walikota.
 
Dari sisi belanja daerah, sebut Walikota, pengelolaan keuangan daerah dapat diselenggarakan semakin efisien, efektif dan ekonomis berdasarkan prioritas pembangunan kota yang ditetapkan. “Secara keseluruhan, penyelenggaraan pemerintah daerah tidak ada yang melewati pagu belanja program yang telah ditetapkan dalam APBD,” sebutnya.
 
Untuk menghindari pelaksanaan anggaran yang kurang tepat sasaran, sambung Walikota, pihaknya juga melakukan evaluasi kinerja secara berkala, sehingga seluruh program kerja SKPD tahun 2014 dapat diselenggarakan tepat waktu, tepat mutu dan tepat administrasi. “Hal ini dilakukan guna menghindari kemungkinan terjadinya pemborosan atau kurang tepat sasaran dalam pengelolaan keuangan daerah,” sebutnya.
 
Berdasarkan indikator makro ekonomi yang dipublikasikan, tambah Walikota, Kota Medan relatif tetap dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang semakin dinamis, yakni sebesar 7,1%. “Atas pertumbuhan ekonomi yang cukup baik tersebut, kita dapat mengendalikan tingkat inflasi dengan baik, sehingga kita mampu terus meningkatkan daya beli masyarakat,” ujarnya.
 
Untuk produktifitas ekonomi daerah, lanjut Walikota, juga semakin baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai PDRB Kota Medan yang semakin meningkat di tahun 2014 sebesar Rp135 triliun, sehingga hal ini mendorong meningkatnya pendapatan perkapita tahun 2014 menjadi 61,71 juta pertahun.
 
Disisi lain, Walikota, mengakui pelaksanaan program-program pembangunqan tahun 2014 juga mengalami masalah dan tantangan, seperti peningkatan kualitas infrastruktur kota berupa jalan dan drainase, tertib dan kenyamanan lalu lintas, pengembangan pasar tradisional modern, pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan serta kesehatan, pengembangan UKMK serta peningkatan daya saing daerah.
 
“Tentunya, masih banyak masalah pembangunan kota yang belum tertangani secara menyeluruh. Karenanya, seluruh komponen pembangunan kota harus terus bekerjasama secara harmonis sekaligus bersinergi guna mengelola pembangunan kota lebih baik lagi pada masa akan datang,” ungkapnya.
 
Usai penyampaian nota pengantar, selanjutnya LKPj Walikota akhir TA 2014 akan dibahas DPRD melalui Panitia Khusus (Pansus). (sam)
T#g:dprdmedanLKPJ
Berita Terkait
  • Senin, 14 Mei 2018 22:14

    DPRD Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Walikota Tebing Tinggi

    DPRD Tebing Tinggi sampaikan rekomendasi LKPJ Walikota tahun 2017 melalui rapat paripurna DPRD yang dipimpin M.Yuridho Chap dan dihadiri Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan dan unsur FKPD,para pimpinan O

  • Jumat, 20 Apr 2018 18:37

    Walikota Tebing Tinggi sampaikan LKPJ tahun 2017

    Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan LKPJ akhir tahun 2017 pada rapat paripurna DPRD yang dipimpin Ketua M.Yuridho Chap, di ruang sidang DPRD Tebing Tinggi, Jumat (20/4).

  • Jumat, 09 Jun 2017 19:19

    DPRD Tapteng Terima LKPJ Bupati Tapteng Tahun 2016

    DPRD Tapteng menerima LKPJ Bupati Tapteng Tahun 2016. Hal ini dinyatakan dalam Rapat Paripurna Istimewa LKPJ Bupati Tapteng yang digelar di Ruang Rapat Kantor DPRD Tapteng Jumat (9/6).

  • Sabtu, 27 Mei 2017 06:27

    Gubsu Erry Sampaikan LKPJ, Rekomendasi menjadi Tupoksi akan ditindaklanjuti

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menerima rekomendasi untuk segera ditindaklanjuti dengan para SKPD pada sidang paripurna Laporan Keterangan dan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sumut Akhir Tahun Anggaran 2

  • Kamis, 27 Apr 2017 19:36

    Ketua Pansus LKPJ Nilai Gubsu Tidak Berpihak Pada UMKM

    Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Sumatera Utara tahun anggaran 2016 menyebutkan jumlah usaha kecil menengah di Sumatera Utara pada 2015 sebanyak 2.855.549 unit usaha. Ini bertamb

  • Jumat, 17 Mar 2017 19:25

    DPRD Medan Sambangi Polres Pelabuhan Belawan

    Komisi A DPRD Medan yang membidangi hukum melakukan kunjungan kerja dan silahturami ke Polres Pelabuhan Belawan, Rabu (15/3/2017). Rombongan dipimpin Ketua Komisi A DPRD Medan Sabar Syamsurya Sitepu d

  • Selasa, 14 Mar 2017 12:49

    DPRD Medan Bahas Isu ISIS dan PKI untuk Ranperda Kepling

    Pembahasan syarat-syarat menjadi Kepala Lingkungan (Kepling) atau setara Kepala Dusun/RT di DPRD Kota Medan sampai ke masalah organisasi terlarang PKI, dan organisasi yang belum jelas dilarang apa tid

  • Senin, 06 Feb 2017 20:11

    Dinilai Tak Becus Kelola Koperasi,Pengurus KPUM Medan Kena Mosi Tak Percaya

    Di tengah gencarnya pemerintahan Jokowi membangun perkoperasian yang baik dan sehat, adalah sebuah masalah penting untuk diselesaikan secara bijak oleh pengurus koperasi bila ada anggotanya yang menol

  • Kamis, 26 Jan 2017 20:46

    DPRD Medan Temui Peserta Aksi Jalan Kaki Medan-Jakarta Buruh SBSI-Pelindo

    Muhammad Nasir, Sekretaris Komisi B DPRD Medan, menyambangi ratusan karyawan KOPKARPEL PT. Pelindo I Medan yang melakukan Long March bersama SBSI dari Medan menuju Jakarta, saat melintas di Depan Kant

  • Senin, 28 Nov 2016 10:59

    DPRD Medan: BKM hendaknya tidak ikut demo

    DPRD Kota Medan mengapresiasi Maklumat Bersama yang dikeluarkan oleh Gubernur, Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB dalam menyikapi maraknya penyampaian pendapat di muka umum belakangan ini. Berkaitan denga

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak