Jumat, 29 Mar 2024 12:33
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Tahun 2017, Pemkab Palas Usulkan Kegiatan Infrastruktur PU Senilai Rp45,6 Miliar

TABAGSEL (utamanews.com)

Selasa, 17 Jan 2017 08:04

Maulana Syafii
Ruas badan jalan di titik Tanjakan Simandi Angin Desa Pasir Julu Kecamatan Sosa, Kabupaten Palas, yang masih terlihat rusak parah sampai detik ini. Tahun ini, Pemkab Palas mengusulkan kegiatan infrastruktur PU senilai Rp. 45,6 mil
Dalam rangka peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Padang Lawas (Palas) saat ini, sangat dibutuhkan sarana dan prasarana jalan, serta pengairan (irigasi) yang memadai. Untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan pengairan di daerah Palas, Pemkab Palas mengusulkan kegiatan infrastruktur pekerjaan umum (PU) tahun anggaran 2017, kepada Pemprovsu senilai Rp.45.645.730.000.

Hal ini dituangkan dalam surat Bupati Palas bernomor : 900/6751/2016, tertanggal 20 Desember 2016, perihal proposal usulan kegiatan infrastruktur pekerjaan umum Kabupaten Palas TA 2017, ditanda tangani Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap, demikian disebutkan oleh Sekretaris Dinas PU Palas, Hary Rizal Hasibuan, kepada wartawan, Senin (16/1).

"Kita sudah ketahui bersama, Kabupaten Palas merupakan daerah yang cukup potensial penghasil devisa pada sektor pertanian, perkebunan dan pertambangan, yaitu berupa bahan chip, tandan buah segar (TBS) sawit, crude palm oil (CPO) dan minyak bumi. Makanya, kondisi infrastruktur jalan yang baik sangat dibutuhkan untuk menunjang peningkatan hasil-hasil alam dari daerah ini," jelas Rizal.

Dikatakannya juga, Kabupaten Palas merupakan daerah pemekaran baru dari kabupaten induk Tapanuli Selatan dan merupakan daerah perbatasan dengan Provinsi Riau, yang memerlukan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi dan pengairan yang baik.

"Sementara akumulasi dana APBD Kabupaten Palas kita sangat terbatas, sehingga, sebagian dari ruas jalan dan infrastruktur pengairan yang ada belum tertangani, baik secara rutin maupun berkala. Makanya kita ajukan proposal ini ke Pemprovsu agar bisa ditampung di APBD Provsu TA 2017," jelasnya.

Dijelaskan Rizal, ada tiga item utama usulan kegiatan infrastruktur PU Kabupaten Palas TA 2017 yang dinilai urgen untuk diajukan ke Pemprovsu dalam surat itu, yaitu peningkatan jalan provinsi, penanganan ruas jalan dan pembangunan jembatan, di point ini ada 7 kegiatan dengan total anggarannya sebesar Rp.31.595.730.000.

"Kemudian, 7 jenis kegiatan pengairan, antara lain, rehab bangunan intake, rehab saluran pasangan, rehab tanggul waduk, rehab waduk dan perkuatan tebing sungai dengan total anggaran sebesar Rp. 13.550.000.000, dan 1 kegiatan pembangunan PSU perumahan Kabupaten Palas senilai Rp. 500.000.000," urainya.

"Kita berharap besar, proposal usulan kegiatan infrastruktur pekerjaan umum Kabupaten Palas TA 2017 ini, bisa direalisasikan oleh Pemprovsu, mengingat infrastruktur ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di Kabupaten Palas yang nota benenya 65% penduduknya berprofesi sebagai petani," ucap Rizal.

"Tentu, dengan tersedianya sarana infrastruktur jalan, ruas jalan dan bangunan jembatan yang baik, serta sarana pengairan, irigasi, waduk maupun sarana bangunan intake yang memadai, akan sangat membantu kita semua untuk meningkatkan hasil-hasil produksi pertanian, perkebunan dan pertambangan yang ada di daerah ini. Tujuan akhirnya, tentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Palas," pungkasnya. (MS)
T#g:APBDPalasPembangunan
makeup remover
Berita Terkait
  • Senin, 12 Feb 2024 17:02

    Pj Gubernur Sumut Lantik Pj Bupati Padanglawas

    Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melantik Edy Junaedi sebagai Pj Bupati Padanglawas (Palas). Pada kesempatan tersebut, Hassanudin meminta Edy Junaedi untuk langsung segera beke

  • Rabu, 31 Jan 2024 19:01

    Pembangunan Bandara AH Nasution Capai 90%

    Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meninjau pembangunan Bandar Udara (Bandara) AH Nasution di Kecamatan Bukit Malintang, Mandailing Natal (Madina). Bandara ini diharapkan segera


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️