Jumat, 29 Mar 2024 13:15
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Polri Belum Terima Pengunduran Diri Kapolda Sumsel

JAKARTA (utamanews)

Senin, 18 Mar 2013 16:02

Mabes Polri belum mendapat surat pengunduran diri Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Iskandar Hasan menyusul rencananya mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumsel. Sebelum diizinkan, Iskandar tetap tercatat sebagai polisi aktif yang dilarang berkecimpung dalam dunia politik.

"Belum ada surat permohonan pengunduran diri. Saya sudah cek ke bapak Kapolri dan belum ada hingga kini. Jadi beliau masih [menjabat] Kapolda Sumsel," kata Deputi SDM Polri Irjen Prasetyo kepada Beritasatu.com di Jakarta, Minggu (16/3).

Prasetyo melanjutkan, karena Iskandar adalah jenderal berbintang dua, maka persetujuan pengunduran diri harus diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

"Untuk jenderal, persetujuan harus langsung dari presiden. Tapi hingga kini surat permohonannya belum ada, sehingga belum bisa kita proses," sambungnya.

Bila Iskandar mundur bukan berarti jabatannya bakal langsung dijabat Wakapolda Sumsel Brigjen Zulkarnain "Tidak begitu. Harus melalui proses Wanjakti (Dewan Kebijakan dan Kepangkatan Tinggi," jawab Prasetyo, jenderal bintang dua ini.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Sumsel AKBP R Djarod ketika dihubungi di Palembang, Kamis (14/3) malam membenarkan Kapolda mengundurkan diri dari jabatannya. Surat pengunduran diri sudah disampaikan kepada Kapolri beberapa waktu lalu. Menurut dia, surat sudah dikirim dan tinggal menunggu balasannya.

Ihwal akan mundurnya Iskandar, yang menjabat sebagai Kapolda Sumsel sejak 1 Desember 2012 dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Suhardi Alius. Hanya saja saat itu Suhardi baru akan mengecek apakah Iskandar telah resmi mengirimkan surat pengunduran dirinya atau belum.

Iskandar berencana mundur karena dia mencalonkan diri menjadi Gubernur Sumsel masa jabatan 2013-2018 yang akan dihelat 6 Juni 2013 mendatang.

Jenderal bintang dua ini menggandeng Hafisz Tohir, adik kandung Menko Perekonomian Hatta Radjasa. Mereka didukung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Bintang Reformasi (PBR).

Salah satu kandidat kuat pesaing Iskandar adalah Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang kembali mencalonkan diri sebagai gubernur. Alex yang baru saja kalah di Pilkada Gubernur DKI itu menggandeng Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel, Ishak Mekki sebagai cawagub.

Iskandar Hasan dilantik sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Irjen (pur) Dikdik M Arief Mansyur yang juga mengajukan pensiun dini karena maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Bedanya, Dikdik maju melalui jalur independen berpasangan dengan Cecep N.S Toyib. Hasilnya, Dikdik harus puas duduk di urutan buncit dengan mengantongi 359.233 suara atau 1,79 persen. (mtr/bsc)
T#g:NasionalSumsel
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️