Jumat, 26 Apr 2024 23:19
flash sale baju bayi
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
Meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilu 9 april 2014

KPUD Serdang Bedagai Gelar Bimtek Relawan Demokrasi

SERDANG BEDAGAI (utamanews)

Rabu, 29 Jan 2014 22:10

Sesuai dengan instruksi KPU Pusat, KPUD Serdang Bedagai merekrut relawan demokrasi di setiap daerahnya. Hal itu untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pada pemilu 9 April 2014 mendatang. Dalam acara Bimbingan Teknis Pembentukan Relawan Demokratis di Pondok Bagelen, Jalan D Sundoro No. 21 Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Kota Tebing Tinggi.

Sebanyak 25 orang relawan demokrasi (relasi) yang telah dibentuk, mereka  dibagi dengan lima segmen yang sudah ditetapkan. Dimana metode penyampaiannya bentuknya bisa sosialisasi, tatap muka atau simulasi semua tergantung relawan, tapi tentunya KPU memberikan pembekalan dan pembinaan kepada mereka.

"Kriteria menjadi relawan demokrasi ini merupakan pemilih yang tidak menjadi anggota dari partai politik (parpol) apapun. Hal ini untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya pemilu terhadap lima segmen tadi" ungkap Anggota Komisioner KPUD serdang Bedagai, Ir. M. Rizwan, MP.

Program relawan demokrasi, adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari 5 segmen pemilih strategis, yaitu, pemilih pemula, kelompok agama, kelpompok perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran yang seluas luasnya dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pionir) demokrasi bagi komunitasnya.

Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Selain itu, bahwa program relawan demokrasi muncul juga dilatar belakangi oleh intiasi kualitas pemilih. Tanpa mengabaikan apresiasi kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya secara cerdas sebagian pemilih terjebak dalam pragmatisme. Tidak semua pemilih datang ke TPS atas idealisme tertentu, tetapi ada yang didasarkan pada kalkulasi untung rugi yang sifatnya material, seperti mendapatkan uang dan barang kebutuhan hidup sehari hari.

Berikut nama-nama relawan demokrasi yakni Zainol, Sukadi, Jamilah, Elma Dewi Sartika, Milawati, Roy Robahta Mulia Sembiring, Sandi Yudha, Darmawan, Hengky Hermawan Nasution, Prayuka Uganda, Khairul Akmal, Zulpa, Suhandi, Ibrahim, Okto Pyenti Purba, Saripwan, Desi Wulandari, Inah Angelia Saragih, Usman Daud Saragih, Nuraidah Magan, Ridwan, Bambang Adrianto, Ariansyah Pasaribu, Hairul Bariah, Muhamad Danil Saputra.
T#g:Pemilu
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️