Senin, 18 Jun 2018 05:20
Iklan Paslon Paluta
  • Home
  • Politik
  • Ini tanggapan Sekda Provsu terkait 27 pimpinan SKPD mundur serentak di Kab Pakpak Bharat

Ini tanggapan Sekda Provsu terkait 27 pimpinan SKPD mundur serentak di Kab Pakpak Bharat

MEDAN (utamanews.com)
Senin, 18 Jan 2016 21:53
DOK/KARYANEWS
Komplek perkantoran SKPD di Kab Pakpak Bharat
Selamat Puasa Paluta
Medan, (utamanews.com) – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Hasban Ritonga sangat menyayangkan sikap para pimpinan SKPD di kabupaten Pakpak Bharat yang melakukan pengunduran diri secara serentak sebagai pejabat atau kader birokrat di pemerintahan daerah tersebut.

"Seharusnya hal itu tidak perlu terjadi. Katanya mereka mengundurkan diri secara sukarela tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak mana pun. Kita prihatin atas sikap para SKPD itu sendiri,” ujarnya pada media di ruang kerjanya, hari ini, Senin(18/1/2016).

Merespon sikap para pejabat daerah tersebut, Hasban mengatakan telah meminta Pj.Bupati Pakpak Bharat, Ir Bonar Sirait MAP untuk segera mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) para SKPD yang mengundurkan diri.

“Supaya ada yang bertanggungjawab di SKPD itu, harus segera ada ditunjuk Plt. oleh Pj.Bupati Pakpak Bharat," ujar Hasban.

Plt. untuk tiap SKPD tersebut sangat diperlukan, supaya masyarakat bisa terlayani dan tidak terjadi kekosongan pimpinan.

Hasban pun menjelaskan, terkait pengunduran para SKPD tersebut, Pj.Bupati Pakpak Bharat, Bonar Sirait, sebelumnya juga sudah melaporkan hal tersebut secara lisan terhadapnya.

"Kendati demikian, kita juga meminta laporan tertulisnya. Supaya kita bisa menindaklanjuti laporan itu ke Mendagri. Informasi yang kita terima dari Pak Bonar Sirait sebagai Pj Bupati Pakpak Bharat, katanya laporan dan dokumennya sudah disampaikannya ke Jakarta," paparnya.

Terkait alasan para SKPD yang mengundurkan diri, kata Hasban, dirinya baru menerima laporan sepihak, yakni dari Pj.Bupati Pakpak Bharat.

Mengenai sanksi kepada SKPD yang mengundurkan diri, kata Sekdaprovsu, itu Mendagri nantinya akan mempelajari dulu. 

"Jadi dengan pengunduran diri secara sukarela itu, Mendagri nanti akan mempertimbangkannya, sanksi apa yang akan dijatuhkan kepada mereka SKPD yang mengundurkan diri. Saya kira Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta nanti juga akan menelusuri masalah ini," katanya mengakhiri.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 27 dari 31 pejabat struktural Kabupaten Pakpak Bharat mengundurkan diri. Hal ini sebelumnya telah dicegah oleh Pj.Bupati Bonar Sirait, dengan mengatakan bahwa untuk dilantik kembali jadi pejabat oleh bupati defenitif nantinya, tentu tidak segampang membalikkan tangan.

“Karena ada panitianya yang memprosesnya," ujar Pj.Bupati Pakpak Bharat Bonar Sirait.

Meskipun mereka sudah diingatkan jangan mengundurkan, sambungnya, namun mereka tidak menghiraukannya, bahkan mereka sudah membuat surat ke Pemprovsu. Sehingga mau tidak mau agar roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik, maka sebagai Pj Bupati, dirinya  tentu mengangkat dan mengisi jabatan yang kosong.

"Pengisian jabatan yang kosong itu baik eselon III dan IV sudah koordinasi dengan Mendagri melalui Pemprovsu. Setelah mendapat persetujuan dan rekomendasi dari Mendagri, tentu kita akan melantik pejabatnya," jelasnya.

Lebih lanjut Bonar mengungkapkan bahwa 27 orang pejabat yang telah mengundurkan diri dari jabatannya tersebut secara umum diduga tidak disiplin bekerja, dan tidak bertanggungjawab serta tidak loyal kepada pimpinan. Bonar menduga hal ini terjadi akibat para pejabat tersebut meremehkan dirinya selaku Pj Bupati.

"Boleh dibilang, mereka meremehkan saya karena hanya sebagai Pejabat Bupati. Padahal saya hanya menjalankan amanah undang-undang, dan saya tetap berpegang pada amanat Undang-undang dan patuh pada pimpinan, Plt.Gubsu, yakni tetap menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Phakpak Barat," ungkapnya.

(rls)
T#g:PakpakSekda
Berita Terkait
  • Jumat, 08 Jun 2018 10:38

    Sah.. Hj Sabrina Jadi Sekda Provinsi Sumatera Utara

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) DR Tengku Erry Nuradi melantik DR Ir. Hj. R. Sabrina, MSi menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut, Jum'at (8/6/2018).Upacara pengambilan sumpah dan Pelant

  • Minggu, 03 Jun 2018 18:13

    Warga Pakpak Bharat Minta Pendampingan Pemerintah

    Warga Pakpak Bharat mengharapkan pendampingan pemerintah untuk bisa mengelola potensi yang dimiliki daerah hasil pemekaran Kabupaten Dairi 28 Juli 2003 itu.

  • Minggu, 03 Jun 2018 23:53

    Tengku Erry Lantik Majelis Puan Puan Melayu Sumut

    Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi melantik dan mengukuhkan Majelis Puan Puan Melayu (MPPM) Sumatera Utara (Sumut) periode 2018-2023, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Min

  • Kamis, 31 Mei 2018 21:31

    Potensi Air Terjun Kembar di Kabupaten Pakpak Bharat Butuh Perhatian

    Masih banyak daya tarik daerah wisata di pesisir danau Toba yang tersembunyi. Salah satunya di Kabupaten Pakpak Bharat misalnya, terdapat beberapa objek wisata yang berdekatan dengan Kabupaten Dairi.

  • Kamis, 15 Mar 2018 19:25

    Kasus siswa siluman tak selesai, Arsyad tak layak jadi Sekda Pemprovsu

    Seleksi pucuk pimpinan aparatur sipil negara (ASN) wilayah Sumut memulai tahapannya. Banyak ASN yang memenuhi persyaratan mencoba ikut dalam seleksi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara. Beberapa

  • Selasa, 27 Feb 2018 20:27

    Sekda Ingatkan ASN Deli Serdang Terus Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

    Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein pada Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Senin (26/2/2018) di Halaman Kantor Bupati menginga

  • Sabtu, 07 Okt 2017 11:47

    Evi Diana Kunjungi Desa Di Nias & Pakpak Bharat Nominasi Gertam Cabai Nasional

    Desa Fodo, Kota Gunung Sitoli, Nias dan Desa Perduhapen di Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara masuk nominasi nasional untuk gerakan tanam cabai (Gertam) dan dimonitoring serta dievaluasi

  • Rabu, 27 Sep 2017 17:17

    Sekda Dorong Koperasi Sumut Berinovasi

    Koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia. Namun, kenyataannya banyak koperasi yang hanya sekadar papan nama. Hal ini disebabkan karena kurang sadarnya masyarakat untuk berkoperasi. Selama i

  • Senin, 11 Sep 2017 20:51

    P-APBD dan R-APBD Deli Serdang Harus Selesai Tepat Waktu

    Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang bersama lima pejabat eselon II telah dilantik Bupati Deli Serdang melalui Wakil Bupati H Zainuddin Mars di Aula Kantor Bupati, Lubuk Pakam, Senin (1

  • Selasa, 22 Agu 2017 19:32

    Sutrisno: Surat Sekda perihal Sinkronisasi dan Harmonisasi Eksekutif-Legislatif, keliru

    Surat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekda Provsu) Nomor: 005/ 7256/ 2017 Tertanggal 11 Agustus 2017, perihal Sinkronisasi dan Harmonisasi Eksekutif dan Legislatif dalam Perencanaan Pengan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak