Sabtu, 20 Apr 2024 03:59
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

GMKI & PMKRI Cabang Medan tegaskan pernyataan Ruben Panggabean & Nahason Gea terkait PT. TPL diluar pengetahuan organisasi

MEDAN (utamanews.com)

Kamis, 04 Jun 2015 08:03

SMSN
Pengurus BPC GMKI dan Presidium PMKRI Cabang Medan saat memberikan pernyataan pers di sekretariat GMKI cabang Medan, (3/6/2015)
Sungguh disayangkan, ternyata pernyataan Ruben Panggabean (Ketua BPC GMKI Cabang Medan dan Nahason Gea (Ketua Presidium PMKRI cabang Medan), bahwa PT. Toba Pulp Lestari (TPL) tidak merusak dan mencemari lingkungan di sejumlah media cetak dan elektronik beberapa hari yang lalu, adalah di luar sepengetahuan rekan-rekannya pengurus yang lain di BPC GMKI dan PMKRI cabang Medan.

Hal ini ditegaskan oleh sejumlah pengurus mewakili kedua organisasi tersebut, kemarin sore, Rabu (3/6/2015), di sekretariat GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) Medan, jalan Iskandar Muda.

Ruth Sonya Siahaan, selaku Sekretaris, bersama Lundu MS Sinurat, Wakil Ketua Bidang Aksi dan Pelayanan serta Swangro Lumbanbatu,Wakil Ketua Bidang Orkan dari BPC GMKI cabang Medan dalam inti pernyataan persnya mengatakan bahwa kepergian Ruben Panggabean ke PT. TPL bukanlah agenda organisasi dan sebelumnya tidak pernah dibahas di GMKI.

Walaupun sesuai mekanisme organisasi di BPC GMKI, penanggung jawab, yakni Ketua dan sekretaris, diperbolehkan memberikan statemen keluar, namun setelah didiskusikan oleh mereka berdua. Namun dalam hal ini, Ruben Panggabean, tidak pernah mengkomunikasikan hal ini pada sekretaris. Oleh karena itu statemen Ruben murni adalah pandangan pribadinya dan tidak bisa disangkut pautkan dengan GMKI cabang Medan.

"Pernyataan tersebut bukan mewakili organisasi GMKI Medan karena kita tetap konsisten digaris perjuangan menolak beroperasinya PT TPL. Penolakan keberadaan PT TPL dikuatkan oleh Keputusan Kongres GMKI Tahun 2004 yang menyatakan Menolak reoperasional PT. IUU yang saat ini PT. TPL," tegas Lundu.

Menyikapi tindakan menyimpang yang dilakukan Ruben, maka GMKI secara berjenjang akan melakukan penyelidikan terhadap tindakannya untuk selanjutnya dilakukan pemberian sanksi, dan tidak tertutup kemungkinan terhadap Ruben yang sampai saat ini masih menjabat sebagai Ketua BPC GMKI cabang Medan, akan dilakukan pemecatan dari organisasi.

Berbeda dengan GMKI yang hanya menegaskan bahwa pernyataan Ruben bukanlah keputusan organisasi, PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) cabang Medan, dalam pernyataan resminya secara tegas mengutuk tindakan Nahason Gea yang mendukung operasional PT TPL.

Exson Tamba, Presidium Gerakan Kemasyarakatan dan Rikson Wesley Sihotang, Presidium Pengembangan Organisasi PMKRI dalam inti pernyataannya mengatakan Nahason Gea sebelumnya, tidak pernah memberitahukan rencana studi banding ke PT TPL kepada pengurus DPC PMKRI cabang Medan. 

“Oleh karena itu apa pun statemennya di media massa, murni adalah pendapat pribadi dan tidak sepengetahuan organisasi. Kami mengutuk sikap oportunisme, pragmatis dan perilaku tidak beradab terhadap nilai-nilai pergerakan, moral dan kemanusiaan yang dilakukan Nahason,” tegas Exson.

Rikson menambahkan, di PMKRI, ketua presidium tidak boleh memberikan statemen tanpa dimusyawarahkan dalam badan kepengurusan. Atas dasar ini, Nahason telah melanggar tata tertib organisasi dan akan diberikan sanksi tegas.

“PMKRI punya sejarah panjang dalam melawan pengrusakan lingkungan yang dilakukan PT TPL dan sampai saat ini tetap konsisten. Sangat ironis ketika tiba-tiba ada oknum yang mengatas namakan PMKRI menyatakan sikap yang sebaliknya. Bagi PMKRI cabang Medan, tidak ada kompromi bagi PT TPL,” tegasnya.


Pernyataan ini diamini oleh sekitar 50 anggota GMKI dan PMKRI cabang Medan yang serius mengikuti konferensi pers ini.

(red) 

T#g:GMKIPMKRITPL
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️