Jumat, 19 Apr 2024 11:28
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

BPOM siapkan lima tim investigasi Vaksin Palsu di Medan

MEDAN (utamanews.com)

Kamis, 30 Jun 2016 08:17

Menyikapi temuan vaksin palsu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Medan membentuk tim untuk mengawasi peredaran vaksin palsu. 

"Kita sudah membentuk lima tim dari BPOM Medan, kita turunkan untuk melakukan investigasi, penyelidikan, pengawasan dan pemeriksaan terhadap sarana pelayanan kesehatan," kata Kepala BPOM Kota Medan Muhammad Ali Bata, di Kantor BPOM Kota Medan, Jalan Willem Iskandar, Rabu (29/06/2016). 

Tim tersebut akan melakukan penyelidikan terhadap sarana kesehatan mulai dari Rumah Sakit, klinik dan sarana kesehatan yang memfasilitasi vaksinasi. 

"Hingga saat ini sudah ada 25 sarana yang sudah diperiksa. Dari 25 sarana tersebut, belum ada ditemukan vaksin palsu. Dan tim hingga kini masih berjalan," ujarnya. 

Pihaknya akan berhenti apabila nanti sudah dipastikan sudah tidak ada lagi vaksin palsu yang beredar di Sumut. 

BPOM juga bekerjasama dengan kepolisian untuk melakukan investigasi. Hingga hari ini belum bisa dipastikan Kota Medan bebas dari vaksin palsu. 

"Iyah belum, karena kita masih melakukan proses ini. Masih dilakukan proses investigasi," katanya. 

Penggunaan vaksin palsu bisa berbahaya bagi tubuh. Karena vaksin palsu tidak memberikan kekebalan terhadap tubuh. Bahkan vaksin palsu bisa menyebabkan infeksi bagi tubuh. 

BPOM menghimbau masyarakat agar lebih teliti, dan mnggunakan sarana resmi untuk mendapatkan vaksin yang asli. 

"Masyarakat bisa mendapatkan vaksin asli di rumah sakit, jangan mendapatkan vaksin di sembarang tempat dan sembarang orang," pungkas Ali.

(red)
T#g:BPOMVaksin
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️